Sukses

11 Tips Diet Istri Ahok Puput Nastiti Devi yang Turun Berat Badan sampai 20 Kg

Istri Ahok Puput Nastiti Devi berhasil menurunkan berat badannya hingga 20 kilogram dalam waktu tak sampai delapan bulan usai melahirkan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak menjadi istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, nama Puput Nastiti Devi semakin dikenal publik. Dari pernikahannya dengan Ahok, Puput Nastiti kini memiliki dua buah hati. 

Puput kini memilih fokus menjadi ibu rumah tangga dan mengurus keluarga. Berbagai macam keperluan rumah tangga dia perhatikan, termasuk membuat makanan lezat untuk keluarga yang biasanya merupakan permintaan dari ibu mertua.

"Istri saya jadi beruntung, ibu saya kasih instruksi 'dia masak apa, masak apa' jadi hampir semua masakan ibu saya, dia sudah bisa masak sekarang," ungkap Ahok yang kini lebih suka disebut BTP saat wawancara bersama Luna Maya di kanal YouTube Luna Maya.

Menggunakan resep yang diajarkan oleh sang mertua, Puput sering membuat masakan rumahan sederhana. Hasil masakan Puput tak jarang mendapatkan pujian dari suami, bahwa masakan yang dia buat persis seperti masakan ibunda Ahok.

Puput pun sering mengabadikan hasil masakan yang akan disajikan untuk Ahok dan mertuanya melalui Instagram. "Masak makanan kesukaan suami dan mama. Resep dari mama mertua," ungkap Puput Nastiti dikutip dari Instagram/@btpnd.

Puput lebih sering menyantap masakan yang tidak terlalu banyak mengandung lemak maupun kalori seperti beragam menu sayuran. Puput juga sempat menjalani diet usai melahirkan. Itu karena berat badannya naik signifikan setelah melahirkan anak kedua, Sarah Eliana Purnama, pada 26 Agustus 2022.

Kini, mantan polwan itu berhasil menurunkan berat badannya hingga 20 kilogram dalam waktu tak sampai delapan bulan usai melahirkan. "Belum ada sebulan upload foto bersama @drfeninugraha.spgk @nuyouclinic yang membuat aku hidup lebih sehat!❤️.Sekarang BB total sudah turun 20kg! Senang sekali..🥰 Terimakasih ya dok! Tetap sehat, semakin sukses & bahagia selalu ya dok!" tulis Puput pada 14 April 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diet dan Pola Makan

 

Rahasia Puput menurunkan berat badan adalah menjalani diet sehat dan menerapkan pola makan yang sehat. Untuk membantu proses diet sehatnya, Puput dibantu oleh seorang spesialis gizi klinis. dr. Feni Nugaraha, Sp.GK. Seperti apa perjalanan diet istri Ahok itu?

1. Menyusui Bayi

Jangan anggap remeh aktivitas menyusui bayi. Menyusui juga dapat membantu menurunkan berat badan yang bertambah selama kehamilan. Hal ini dapat terjadi karena ketika menyusui, Anda menggunakan sel-sel lemak yang tersimpan di tubuh selama kehamilan, bersama dengan kalori dari makanan, untuk memicu produksi ASI dan memberi makan bayi.

2. Sayur Sop

Usai melahirkan, membuat pilihan makanan yang bijak dapat mendorong penurunan berat badan yang sehat. Puput yang lebih suka makan di rumah dan memasak makanannya sendiri suka membuat menu kuah segar, seperti sayur sup isi wortel. Ia memakai ayam untuk membuat kuahnya jadi lebih gurih.

3. Tumis Pakcoy

Tumis pakcoy sering jadi andalan Putri Nastiti sebagai menu sayur yang simpel tapi tetap enak.

 

3 dari 4 halaman

4. Sayur Hijau

Selain sop, Puput juga sering memasak dan menyantap sayur hijau yang dimasak simpel dengan cara ditumis bersama bawang putih.

5. Sayur Labu

Menu sayur lainnya yang jadi favorit Puput adalah sayur labu kuah pakai potongan daging ayam.

6. Tumis Kangkung

Selain pakcoy, Puput juga sering membuat tumis kangkung yang termasuk menu makan favorit keluarganya.

7. Hindari Minuman Manis

Terlalu banyak minum minuman manis bisa berdampak pada kenaikan berat badan dan menimbun lemak di sekitar perut. Sebagai alternatif, Anda bisa mengganti dengan jus buah segar tanpa gula.

Puput sendiri lebih suka minum air putih terutama yang hangat. Ia biasanya minum hingga 3 liter air atau lebih setiap hari agar membantu kelancaran produksi ASI bagi ibu usai melahirkan. Selain itu, minum air putih dapat memberi efek kenyang dan merangsang metabolisme yang membantu penurunan berat badan.

 

4 dari 4 halaman

8. Tumis Mi Kuning

Menu tumisan sepertinya termasuk favorit Puput. Selain pakcoy dan kangkung, ia juga menyukai Tumis Mi Kuning. Ia biasanya melengkapi Tumis Mi Kuning dengan irisan sayuran hijau.

9. Ikan Goreng Bumbu

Selain ayam dan daging, menu lain yang sering jadi andalan Putri Nastiti adalah ikan goreng bumbu. Menu ini semakin lezat saat disajikan bersama taburan bawang goreng.

10. Semur Daging

Menjalani diet bukan berarti tidak makan daging. Puput sesekali mengonsumsi daging. Salah satu menu favoritnya adalah semur daging dan kentang yang tampak menggugah selera dengan cita rasa manis, gurih, dan mengandung banyak rempah.

 

 

11. Aktivitas Fisik

Ibu yang habis melahirkan seperti Puput biasanya aman untuk berolahraga ringan dalam beberapa hari setelah melahirkan, terutama jika sudah sering olahraga saat hamil dan melahirkan secara normal.

Untuk ibu yang melahirkan secara operasi caesar, diskusikan dengan dokter mengenai waktu yang tepat untuk memulai program olahraga. Umumnya, ibu bisa memulai olahraga ringan sekitar empat sampai enam minggu setelah melahirkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.