Sukses

6 Fakta Film Kamu Tidak Sendiri yang Sudah Diputar Perdana di Festival Film Internasional

Film Kamu Tidak Sendiri akhirnya tayang di bioskop Indonesia pada 25 Agustus 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Usai sudah penantian panjang menunggu film Kamu Tidak Sendiri tayang di bioskop. Film gerapan sutradara Arwin Wardhana itu secara resmi hadir di bioskop Indonesia per kemarin, Kamis, 25 Agustus 2022.

Seperti beberapa judul film, penayangan Kamu Tidak Sendiri juga sempat tertunda akibat pandemi COVID-19. "(Film ini) membawa konsep cerita drama thriller yang menegangkan," kata Titan Hermawan, Direktur Utama MNC Pictures dalam keterangan tertulisnya, lapor kanal Showbiz Liputan6.com.

Ia menyambung, "Film ini akan membawa penonton merasakan perasaan panik dan tegang yang dirasakan tokoh utama Mira yang diperankan oleh Adinia Wirasti saat dirinya ada di tengah nearly death experience." Dalam gambaran akan film tersebut, berikut beberapa fakta Kamu Tidak Sendiri seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/8/2022).

1. Awal Ide Cerita

Awal ide cerita film Kamu Tidak Sendiri muncul dari produser kreatifnya, Lukman Sardi. Secara garis besar, film tersebut menceritakan sosok Mira (Adinia WIrasti) yang tidak pernah membayangkan kehidupan nyamannya akan berubah seketika saat ia mengalami tragedi mengerikan di kantor.

Terjebak dalam lift di kala bencana bersama pengagum rahasianya, Mika (Ganindra Bimo), dan kemudian ditemani suara misterius Adrian (Rio Dewanto), membuat wanita workaholic dan individualis ini memikirkan kembali arti hidup dan hubungannya dengan sesama manusia, mengutip Fimela.com.

Dengan setting cerita tersebut, film ini merupakan satu-satunya yang menggunakan ruang sempit sebagai lokasi adegan utama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tayang Perdana di Festival Film Internasional

Sebelum di bioksop, film Kamu Tidak Sendiri telah tayang perdana di Jogjakarta Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2021. Sebagai catatan, JAFF merupakan ajang festival film internasional yang digelar setiap tahun sejak 2006 di Yogyakarta, menurut kanal Showbiz Liputan6.com.

Festival film ini menghadirkan sejumlah film pilihan dari negara-negara di Asia, termasuk Indonesia. Film Kamu Tidak Sendiri ditayangkan di Empire XXI Jogjakarta pada 3 Desember 2021.

3. Proyek Panjang

Sebagai salah satu pemain yang terlibat, Rio Dewanto mengatakan, "Proyek ini adalah proyek yang sangat panjang dan mengingatkan saya ketika dulu awal virus corona masuk ke Indonesia dan kita masing sama-sama bingung harus kayak gimana."

"Ini benar-benar jadi satu tantangan," tuturnya. "Tapi, semoga teman-teman semua bisa menikmati filmnya dan ini film thriller menegangkan, banyak element of surprises-nya."

Selain tiga pemeran utama tersebut, Aisyah Aqilah, Sintya Marisca, Lukman Sardi, Ayu Dyah Pasha, Jordan Haag, Yama Carlos, Yayu Unru, serta sejumlah aktor dan aktris pendukung lain turut berperan dalam film ini.

3 dari 4 halaman

4. Tersaji Sederhana

Mengimbangi elemen kejutan yang dijanjikan Rio Dewanto, film Kamu Tidak Sendiri juga disajikan secara sederhana. Lebih dari 80 persen gambarnya berlokasi di dalam lift. Dalam kondisi cemas dan jiwa terancam, Mira dan Miko berusaha bertahan hidup. 

"Seperti saat ini, kapan kondisi seperti ini (pandemi) bisa berakhir, kapan kita bisa hidup normal lagi seperti sebelumnya. Di film ini pun sama, kita enggak pernah tahu kapan tim penyelamat datang. Ini membuat mode bertahan hidup seorang manusia itu otomatis tombolnya menyala," Ganindra bercerita.

Ia menyambung, "Kita semua harus siap dengan tombol bertahan hidup tersebut, karena enggak ada yang tahu kapan bencana akan datang. Tidak bisa hidup dalam zona nyaman, jadi harus siap dan bisa saling berangkulan dengan orang lain."

Menurut Ganindra, ketakutan dan kecemasan dalam sebuah bencana dapat diatasi dengan harapan. "Musuhnya ketakutan adalah harapan. Ketika menghadapi ketakutan, yang bisa menenangkan itu adalah harapan," ia mengatakan.

4 dari 4 halaman

5. Isu Perempuan

Adinia Wirasti yang berperan sebagai Mira, merasa memiliki tantangan tersendiri saat bermain dalam film Kamu Tidak Sendiri. "Aku mencari tahu tentang karakter Mira. Mira itu tipe perempuan yang selalu diragukan karena hanya perempuan. Ia punya kesempatan promosi di perusahaan tempatnya bekerja, tapi diragukan karena dia perempuan," katanya.

Berada dalam lift dengan keselamatannya yang terancam membuat Mira merasa tidak berdaya. Banyak konflik terjadi saat itu. "Jarang banget tema ini dibahas, terutama tokoh sentralnya perempuan, dengan segala fenomena dan isu perempuan yang ada," tuturnya.

Selain memerankan karakter Mira, Adinia pun merasa tertantang saat pihak rumah produksi memutuskan menghentikan syuting sementara waktu, lantaran kebijakan pemerintah memberlakukan PSBB di masa awal pandemi, 2020 lalu.

6. Banyak Perubahan

Kamu Tidak Sendiri sudah menjalani proses produksinya sejak 2020. Selama proses berjalan sampai akhirnya bisa tayang di bioskop, film tersebut diklaim digarap dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku saat itu. 

"Film ini sudah produce dari awal tahun 2020, tapi terhalang karena kena pandemi, jadi kita ubah konsep syuting. Banyak perubahan yang kita lakukan sampai akhirnya bisa menayangkan film ini," Emilka Chaidir selaku eksekutif produser mengatakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.