Sukses

Kim Garam Buka Suara Usai Didepak dari LE SSERAFIM, HYBE Bereaksi

Liputan6.com, Jakarta - Kim Garam akhirnya buka suara dan membuat pernyataan pertamanya sejak didepak dari LE SSERAFIM. Keterangannya juga telah ditanggapi singkat oleh mantan agensinya, HYBE.

Pada 10 Agustus 2022, Kim Garam mengunggah pernyataan melalui akun Instagram temannya. Perempuan kelahiran 16 November 2005 ini membagikan keterangan dari sisinya untuk pertama kalinya sejak meninggalkan LE SSERAFIM.

Kim Garam memulai pernyataan dengan permintaan maaf. "Karena saya bekerja keras untuk mewujudkan impian saya, memang benar bahwa saya benar-benar takut mimpi saya akan hancur karena tindakan masa lalu saya. Namun, setiap hari berlalu, saya menjadi lebih takut dengan semua tuduhan yang ditujukan kepada saya," katanya, seperti dilansir Soompi, Jumat (12/8/2022).

Kim Garam dengan tegas menyatakan bahwa ia tidak pernah memukul atau bertindak kekerasan terhadap siapa pun, dipaksa pindah sekolah, merokok atau minum alkohol, atau mem-bully siapa pun. "Saya hanya seorang siswa biasa," lanjutnya.

Dia menjelaskan terkait insiden spesifik yang menyebabkannya menerima tindakan disipliner Tingkat 5 dari komite kekerasan sekolah. Ia menerangkan bahwa di tahun pertama sekolah menengahnya, seorang teman sekelas yang disebut "Yoo" sedang bergosip dan mengunggah potret siswa lain dengan pakaian dalam mereka.

"Berpikir bahwa saya membantu korban, saya menghadapi Yoo dan saat melakukannya, saya juga bersumpah," terangnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pembelaan Kim Garam

Kim Garam menambahkan, "Pada saat itu, saya tidak melihat perbedaan antara mayoritas dan minoritas sehingga saya tidak dapat berpikir secara mendalam tentang mengapa menghadapi Yoo adalah sebuah kesalahan."

Ia menceritakan bahwa sementara berpikir dirinya loyal dan benar pada saat itu, dia melihat ke belakang sekarang dan mengerti bahwa ia belum dewasa. "Pada saat itu, metode saya salah dan saya membuat banyak kesalahan, tetapi saya tidak ingin membenci diri saya di masa lalu," katanya.

Ia juga menyebut dua minggu promosinya dengan LE SSERAFIM sebagai periode yang seperti mimpi dan tak terlupakan sebelum. "Saya bekerja keras untuk menjadi orang yang lebih baik. Saya tak henti-hentinya berterima kasih kepada penggemar saya yang berharga yang mencintai dan mendukung saya," kata Kim.

Menanggapi unggahan Kim Garam, mantan agensinya HYBE berbagi pernyataan pada Kamis, 11 Agustus 2022. "Karena pemutusan kontrak Kim Garam, komentar lebih lanjut tidak pantas sehingga tidak ada yang bisa kami katakan," demikian bunyi pernyataan HYBE.

Sebelum debut LE SSERAFIM pada awal April 2022, Source Music merilis pernyataan pertama mereka yang menyangkal tuduhan intimidasi Kim Garam dan ia memulai hiatus sementara pada Mei 2022. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Didepak dari Grup dan Agensi

Pada Juli 2022, secara resmi diumumkan bahwa kontrak Kim Garam dengan HYBE telah berakhir dan dia pun meninggalkan LE SSERAFIM. 

"Halo. Ini HYBE/SOURCE MUSIC. Kami ingin memberi Anda informasi tentang keputusan yang dibuat sehubungan dengan anggota LE SSERAFIM Kim Garam dan rencana kegiatan LE SSERAFIM di masa depan. Perusahaan kami telah memutuskan untuk mengakhiri kontrak eksklusif dengan Kim Garam," demikian bunyi pernyataan itu.

Pihak label juga meminta kepada penggemar dan mereka yang telah menunjukkan cinta dan dukungan kepada grup karena membuat mereka khawatir atas kontroversi yang melibatkan anggota tersebut. "LE SSERAFIM akan melanjutkan aktivitas mereka sebagai grup beranggotakan lima orang," tambah pernyataan itu.

"Kami tidak akan menyia-nyiakan upaya untuk mendukung grup ini untuk berkembang lebih jauh sebagai artis melalui musik dan penampilan mereka. Terima kasih," tutup pernyataan tersebut.

4 dari 4 halaman

Perjalanan Singkat

Pada April 2020, Garam diperkenalkan sebagai anggota kedua grup idola perempuan tersebut. Dilansir dari Allkpop, foto dan video profilnya telah diperkenalkan agensi di bawah HYBE, Source Music, pada 5 April 2022. Pihak agensi membagikan video teaser dan rangkaian foto baru dari Garam yang menampilkan pesona yang ceria.

Saat itu, belum diketahui berapa usia Garam. Ada kabar yang menyebutkan perempuan tersebut berusia 17 tahun. Namun, belakangan diketahui bahwa Garam lahir pada 16 November 2005. Ada sejumlah foto dalam beragam pose yang dibagikan dan menuai banyak komentar publik. Pasalnya, kecantikan calon idola K-Pop ini dinilai begitu istimewa.

Dugaan kasus perundungan pun terseret ke debut showcase LE SSERAFIM yang dihelat pada 2 Mei 2022 di Jangchung Gymnasium, Seoul, Korea Selatan. Dilansir dari SBS News, salah seorang wartawan yang hadir dalam acara ini menanyakan reaksi Kim Garam mengenai isu tersebut.

Tapi, leader LE SSERAFIM, Kim Chaewon, yang pertama kali merespons pertanyaan tersebut. "Bolehkah saya sebelumnya membagikan pernyataan sebagai leader dari grup?" kata dia. "Mengenai hal ini, kami sedang mendiskusikan dan menanganinya bersama perusahaan kami."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS