Sukses

Apa Itu Kampanye Save Soil yang Ikut Disuarakan Raline Shah?

Liputan6.com, Jakarta - Raline Shah dikenal sebagai artis yang kerap terjun dalam kegiatan kemanusiaan. Salah satu isu humanis yang belakangan ikut disuarakan perempuan 37 tahun tersebut adalah kampanye Save Soil.

Berkolaborasi dengan Conscious Planet Indonesia, Raline menggungah ulang sebuah video berdurasi sekitar lima menit mengenai gerakan global tersebut. Di dalam tayangan tampak Raline bersama pesohor dunia seperti Dalai Lama, orang terkenal dari banyak negara dan warga biasa lainnya menyuarakan penyelamatan tanah. 

"Selamatkan tanah," ujar Raline.

Mengutip dari situs resmi Conscious Planet, Kampanye Save Soil merupakan sebuah aksi inisiasi Sadhguru, seorang yogi dan guru asal India yang berupaya mengatasi krisis tanah dengan menyatukan orang-orang dari seluruh dunia untuk membela Kesehatan Tanah. Saat ini sebanyak 52 persen lahan pertanian sudah terdegrasi. 

"Tanah adalah kehidupan kita, tubuh kita. Dan jika kita meninggalkan tanah, dalam banyak hal, kita meninggalkan planet ini," kata Sadhguru dikutip Liputan6.com dari situs Conscious Planet. 

Kampanye ini mengajak semua orang dari seluruh dunia untuk berbicara dalam satu suara dan menegaskan komitmen terhadap kesehatan dan masa depan Bumi. Ia mengajak orang-orang untuk mendukung para pemimpin semua negara melegalkan kebijakan meningkatkan kandungan organik di tanah yang dapat diolah. 

Kampanye Selamatkan Tanah itu sudah berlangsung 24 tahun. Inisiasi itu didukung ahli konservasi terkenal Jane Goodall, para ilmuwan dan Ketua Eksekutif Forum Ekonomi Dunia (WEF), serta lembaga Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Liga Muslim Dunia, dan Program Pangan Dunia (World Food Programme). 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pegiat Sosial

Ketertarikan Raline Shah dalam beragam isu sosial ternyata menurun dari sang ibu yang merupakan dermawan sekaligus pegiat YPAC Medan (Yayasan Pembinaan Anak Cacat). Bintang film 5 CM ini memiliki hasrat untuk berkontribusi di bidang kemanusiaan dan memulai kerja sama dengan berbagai badan amal di Indonesia dan internasional.

Ia pernah menjadi sukarelawan untuk United Nation’s High Commissioner for Refugees (UNHCR) dan World Wide Fund for Nature (WWF). Pada 2016, Raline juga bekerja sama dengan 3 Little Angels meluncurkan "Love ReSolution", gerakan penggalangan dana untuk anak-anak sakit kritis yang membutuhkan perawatan intensif.

Pada 2017, finalis Putri Indonesia 2018  itu bersama Valencia Mieke Randa dan Vivy Tolgay juga mendirikan Rumah Harapan Indonesia. Itu adalah rumah singgah bagi anak-anak di bawah usia 17 tahun dengan penyakit tidak menular yang serius, seperti leukemia, kanker, tumor, kelainan fisik, dan kelainan tulang.

Badan amal yang didirikan ketiga perempuan itu bertujuan untuk menyediakan akomodasi nyaman, memiliki sistem pendukung bagi anak-anak dari daerah pedesaan yang melakukan perjalanan berobat ke kota-kota besar di Indonesia. Kini sudah ada enam Rumah Harapan yang didirikan di berbagai daerah. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Identik dengan Komedi

Raline pertama kali berkarier sebagai model, sebelum terjum ke dunia akting. Ia pernah membintangi film Surga yang Tak Dirindukan, serta sebuah film komedi berjudul Orang Kaya Baru. Sejak 2019, Raline memilih untuk vakum, lantaran ia mendalami dunia film dengan mengikuti kelas akting di Amerika Serikat. Dari situ, muncul lah sisi nyaman saat berakting di cerita komedi.

"Kemarin vakum dari dunia akting di Indonesia dan ambil kelas drama di New York sama kelas komedi, script writing, sketch, sama improve komedi," kata Raline dikutip dari kanal YouTube Tonight Show Net. 

Raline membuktikan kepiawaiannya berakting dengan memenangkan penghargaan sejumlah di Festival Film Bandung 2015 untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik atas perannya di film Surga yang Tak Dirindukan. Perempuan berdarah Melayu Deli ini juga mendapatkan penghargaan Indonesia Box Office Movie Awards 2016, serta nominasi di Festival Film Bandung 2014 dan Festival Film Indonesia 2015.

Raline kembali memenangkan penghargaan di Film Box Office Indonesia 2018 atas perannya dalam Surga yang Tak Dirindukan 2.

4 dari 4 halaman

Pernah Kerja Kantoran

Beberapa artis diketahui sempat menjalani pekerjaan kantoran, salah satunya Raline Shah. Bahkan ia memiliki jabatan menterang di kantornya dulu. Namun Raline menjalani profesinya itu justru setelah namanya terkenal di dunia hiburan.

Ketika itu Raline ditunjuk menjadi salah satu Komisaris Independen Air Asia Indonesia oleh CEO Air Asia, Tony Fernandes pada Agustus 2017. Kabar tersebut pertama kali mengemuka setelah Tony Fernandes mengunggah foto kebersamaannya dengan bintang film 5 Cm ini di akun Instagram pribadinya.

"Selamat datang @ralineshah sebagai Independent Director (Komisaris) Air Asia Indonesia. Keberagaman selalu menjadi mantra kami," tulis Tony Fernandes dalam unggahannya.

Bagi Raline Shah, penunjukan dirinya sebagai komisaris independen ini adalah sebuah kehormatan sekaligus kesempatan besar dalam hidupnya. Selain pernah kerja kantoran, Raline juga memiliki bisnis kedai kopi Kisaku. Kedai kopi yang punya cabang di kawasan Senopati dan Pasaraya Blok M ini didirikan Raline Shah bersama adiknya, Rollin Shah, dan ketiga temannya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS