Sukses

10 Menu Makanan Sehat Cinta Laura, Bisa Jaga Berat Badan Sekaligus Bentuk Otot

Liputan6.com, Jakarta - Cinta Laura termasuk selebritas wanita yang punya tubuh atletis. Wanita blasteran Jerman dan Indonesia ini sudah gemar berolahraga sejak masih sekolah. Ia juga terinspirasi dari ayah dan ibunya yang konsisten menerapkan kebiasaan hidup sehat.

Cinta mengaku tujuannya disiplin hidup sehat bukan hanya agar tubuhnya langsing. Menurutnya, memiliki tubuh sehat bisa lebih bermanfaat tak hanya soal berat badan ideal, tetapi juga kulit sehat, mental yang baik, dan lain sebagainya. Jadi selain olahraga, Cinta juga selektif dalam hal makanan.

Yang membuatnya sedih, dalam budaya Indonesia banyak wanita ingin kurus dan langsing tapi mereka tidak bilang ingin sehat. "Mereka jadi mulai terobsesi pada berat badan. Padahal, berat badan itu sangat nggak penting. Yang penting itu, kita secara teknis, kadar lemak dan kadar otot, tapi nggak semua orang juga punya fasilitas buat ngecek itu," tutur Cinta di akun Youtube Luna Maya.

"Tapi yang penting itu ukuran badan, apakah kita obesitas atau nggak, dan pertama sehat. Kalau kita ingin pemikiran kita lebih positif, merasa lebih bahagia, kulit kita lebih bagus, jadi lebih cantik, makanya kita harus olahraga dan menjaga makanannya," sambung pemilik nama lengkap Cinta Laura Kiehl ini.

Cinta sesekali masih cheating atau mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Tapi, sebisa mungkin ia tetap mengimbanginya dengan makanan sehat dan rendah lemak. Misalnya ada ikan salmon, buah-buahan, sampai sayuran yang sangat ia sukai dan konsumsi setiap harinya.

Sebagian besar makanan yang disantap wanita 28 tahun ini hanya ikan, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Melansir kanal Youtube dan akun Instagram miliknya, berikut beberapa menu makanan sehat yang dikonsumsi Cinta Laura.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Quinoa

Quinoa kerap jadi sumber karbohidrat bagi Cinta Laura. Quinoa dikenal sebagai makanan diet sehat karena nutrisinya beragam. Mulai dari antioksidan, serat, magnesium, zat besi, dan lain sebagainya. Manfaat dari mengonsumsi quinoa secara rutin yaitu bisa mendukung pertumbuhan otot, melancarkan pencernaan, mencegah kanker, dan masih banyak lagi.

2. Nasi merah

Selain quinoa, Cinta biasanya juga memilih nasi merah. Nasi merah ini dianggap cocok buat diet karena ampuh menurunkan berat badan, meningkatkan energi, mengenyangkan, serta dapat membantu menekan nafsu makan. Kandungan seratnya yang tinggi pun membuat pencernaan lancar.

3. Salmon

Ikan salmon selalu ada di salah satu stok makanan Cinta Laura di rumah.. Dilansir dari healthline.com, ikan salmon tak hanya bisa membantu jaga berat badan stabil, tetapi juga memberi energi, menguatkan tulang dan otot, mencegah inflamasi, menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit kronis, dan lain sebagainya.

4. Dada ayam

Cinta memilih dada ayam karena kandungan lemaknya paling rendah, jadi tidak mudah bikin lemak menumpuk pada tubuh. Selain itu, dada ayam ini juga sangat tinggi protein yang ampuh mendukung tubuh lebih siap saat olahraga, menguatkan otot, mengatasi kerusakan otot dan tulang, dan masih banyak lagi.

3 dari 4 halaman

5. Alpukat

Alpukat atau avokad jadi buah andalan Cinta buat dikonsumsi setiap hari. Alpukat termasuk buah yang tinggi vitamin, potassium, mineral, serat, dan lemak baik. Terutama vitamin B di dalamnya yang bisa meningkatkan metabolisme serta pertumbuhan otot.

Direkomendasikan buat dikonsumsi setelah olahraga untuk mengembalikan energi tubuh. Selain itu, avokad juga mengandung biotin, mineral yang mudah larut dalam air. Biotin ini sangat baik untuk menyehatkan kuku. Ketika tubuh kekurangan biotin, kuku bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan terkelupas.

6. Markisa dan Buah Beri

Buah-buahan lainnya yang sangat disukai Cinta Laura adalah markisa dan beri. Selain dikonsumsi langsung, ia juga biasanya membuat markisa jadi minuman dengan campuran buah lainnya. Buah markisa sangat tinggi antioksidan. Fungsinya bisa melancarkan peredaran darah, menguatkan otot, membantu produksi kolagen pada kulit, dan masih banyak lagi.

Sedangkan, buah beri, seperti blueberry dan stroberi, merupakan camilan Cinta sehari-hari. Buah beri memiliki antioksidan bernama antosianin yang bisa mencegah inflamasi pada otot, menjaga energi dan berat badan tetap stabil, serta memperbaiki mood.

7. Sayuran

Menu makanan sehari-hari Cinta Laura wajib ada sayurannya. Semakin banyak warna sayurnya, menurutnya semakin bagus,. Sayuran ini sangat tinggi nutrisi buat mendukung olahraga dan menjaga berat badan. Itu karena sayuran mengandung vitamin, mineral, dan nitrat yang bisa mengedarkan oksigen ke otot agar mampu berfungsi secara maksimal.

4 dari 4 halaman

8. Cokelat

Siapa bilang cokelat bisa bikin gemuk? Cinta Laura masih mengonsumsi cokelat. Dengan catatan, cokelatnya harus bebas gula dan murni terbuat dari cokelat hitam. Menurutnya, cokelat ini bagus buat meningkatkan energi saat olahraga.

Cokelat memang terbukti bisa bikin energi meningkat dan mempercepat perbaikan otot usai berolahraga. Sebuah studi menemukan senyawa dalam cokelat hitam ternyata terbukti membantu meremajakan sel tubuh.

9. Susu oat

Cinta mengaku sudah tak lagi mengonsumsi susu hewani karena menurutnya bisa menyebabkan inflamasi. Sebagai gantinya, ia mengonsumsi susu oat atau susu nabati yang umumnya terbuat dari biji-bijian gandum utuh. Nutrisi dari susu oat ini sangat ampuh memperbaiki dan mendukung pertumbuhan otot, apalagi jika diimbangi dengan olahraga yang rutin.

10. Udang

Selain ayam dan ikan salmon, udang sesekali juga jadi sumber protein yang dikonsumsi Cinta Laura. Udang ampuh membantu pertumbuhan otot yang lebih kuat karena kandungan asam aminonya yang tinggi. Udang juga tinggi protein sehingga membantu pasokan energi saat kita berolahraga.