Sukses

Kampanye Wisata Lewat Promosi Musik, Tarian dan Kuliner

Konser musik dan kegiatan menarik lain yang melibatkan kalangan anak muda ini berhubungan dengan edukasi dan daya tarik wisata.

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai cara kreatif untuk mempromosikan pariwisata. Hal itu juga dilakukan Aice Group. Mereka menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mengampanyekan wisata Indonesia dalam bentuk multi-aktivasi seni, mulai dari festival musik, tarian, hingga games yang akan melibatkan kalangan anak muda, komunitas sampai masyarakat umum.

Acara festival musik yang juga ditayangkan oleh salah satu televisi nasional sebagai variety show bertajuk eXpresi itu merupakan variety show musik daring dan luring televisi pertama sejak pandemi menurun di Indonesia.

Melalui aktivitas yang melibatkan berbagai kalangan remaja serta komunitas ini, Aice juga sekaligus memperkenalkan program Mochi Baby Keliling Indonesianya. Aktivitas konser musik dan kegiatan menarik lain yang melibatkan kalangan anak muda ini berhubungan dengan edukasi dan daya tarik wisata berbasis budaya Indonesia.

Lewat festival musik ini, Mochi Baby diperkenalkan semenarik mungkin, dengan mengangkat elemen budaya bangsa melalui penggunaan busana tradisional dan tarian adat.

Maskot Aice Mochi Baby yang hadir dalam acara dengan menyuguhkan berbagai tarian asli Indonesia pada festival musik yang menghadirkan musisi tersohor di Indonesia.

“Di konser musik ini, akan disajikan juga atraksi seni tradisional yang dikombinasikan dengan ikon Aice Mochi Baby dengan goyang gemasnya. Kegiatan ini menjadi komitmen bersama Aice dan Kemenparekraf dalam mempromosikan budaya dan destinasi wisata di Indonesia,” terang Brand Manager sekaligus Juru Bicara Aice Group, Sylvana Zhong.

Salah satu produsen es krim kapasitas produksi terbesar di Indonesia tersebut juga menjelaskan bahwa posisi produk Aice Mochi yang berkolaborasi dengan Wonderful Indonesia telah mendapat sambutan luar biasa dari konsumen Indonesia akan menjadi ujung tombak promosi wisata unggulan Nusantara.

Aice dan Kemenparekraf bersama-sama membangun awareness masyarakat atas berbagai produk wisata unggulan Indonesia. Elemen seni dan budaya dijadikan pelengkap dari destinasi indah yang ada di Nusantara.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemitraan Co-Branding

Jika sebelumnya AICE telah meluncurkan kolaborasi Wonderful Indonesia bersama Kemenparekraf di bidang kuliner yaitu Aice Mochi Klepon, kali ini Aice Mochi Baby melakukan agenda Keliling Indonesia melalui panggung festival musik diantara empat musik show yang ada di awal Juni 2022 sebagai komitmen untuk terus mendukung pariwisata di daerah lainnya di Indonesia dengan inovasi dan kreativitas yang berbeda.

Pada peluncuran kolaborasi Wonderful Indonesia tersebut, Aice dinobatkan sebagai salah satu mitra strategis Kemenparekraf dalam meningkatkan brand equity dari Wonderful Indonesia secara kolektif. Salah satu implementasi dari kemitraan co-branding tersebut adalah melalui gelaran Festival musik eXpresi ini.

Atas aktivitas yang dijalankan Aice ini, Kemenparekraf mengapresiasi inisiasi edukasi dalam kegiatan entertainment yang mengangkat berbagai kekuatan wisata Indonesia.

Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Dra. Ni Wayan Giri Adnyani Msc. CHE. menjelaskan bahwa misi kolaborasi lewat strategi co-branding yang dijalankan oleh lembaganya bersama kalangan industri ini akan mendorong kampanye wisata lebih cepat dikomunikasikan ke banyak segmen masyarakat.

“Kemenparekraf mengapresiasi tinggi upaya dan kreativitas Aice untuk meningkatkan brand equity Wonderful Indonesia lewat aktivasi yang menarik perhatian banyak kalangan. Kombinasi kegiatan konser musik dengan pagelaran kekayaan seni budaya tradisional akan membangun awareness positif di berbagai kalangan. Promosi kuliner khas lewat Aice Mochi Klepon yang dipadupadankan dengan tarian daerah lewat Aice Mochi Baby dan penginformasian destinasi wisata utama akan memperkuat co-branding kita,” jelas Ni Wayan.

 

3 dari 3 halaman

Budaya Asli Indonesia

Dalam gelaran ajang pertama Aice Mochi Baby Keliling Indonesia, maskot ini hadir dengan berbaju tradisional memperkenalkan berbagai tarian khas dari Bali, Sumatera Barat, Papua, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan dan Sulawesi. Kemudian Aice Mochi Baby juga menampilkan tarian khas dari Jawa Barat dan berbagai tarian Nusantara lainnya.

Sylvana menambahkan bahwa kegiatan seperti ini diharapkan dapat memupuk kecintaan kalangan anak muda dan masyarakat umum terhadap nilai budaya asli Indonesia. Indonesia punya begitu banyak kebudayaan yang kita banggakan. Aktivasi konser musik seperti ini diharapkan akan efektif mempromosikan nilai budaya Indonesia.

Sylvana menjelaskan bahwa Aice yang telah menjadi produk ekspor Indonesia ke negara Vietnam, Filipina, Kamboja, dan Thailand juga menjadi duta besar kampanye wisata Indonesia. Lewat Aice Mochi Klepon, Aice memperkenalkan brand Wonderful Indonesia ke masyarakat di berbagai negara tetangga tersebut.

“Promosi budaya dan wisata Indonesia sejalan dengan visi misi Aice membagikan kebahagiaan. Lewat inovasi dan teknologi, kami mewujudkannya dalam es krim Aice Mochi Klepon yang sekaligus mempopulerkan kembali kekuatan kuliner negeri kita. Mochi Klepon juga dinikmati oleh negara-negara lain di Asia Tenggara. Karenanya, kami juga mengajak semua rekan Co-Branding Wonderful Indonesia untuk turut bersama mempromosikan Indonesia melalui kekuatan budaya kita,” pungkas Sylvana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.