Sukses

Say It with Pie, Berawal dari Hobi hingga Sang Anak jadi Quality Control Resep Baru

Liputan6.com, Jakarta Bisnis cake and bakery semakin menjamur, baik dari mereka berlatar belakang pembuat kue, pelaku bisnis maupun memulai dari sekadar hobi kuliner. Untuk faktor terakhir ini menjadi unik, pasalnya dari hobi kuliner telah mendorong banyak orang untuk berani merintis bisnis makanan yang salah satunya cake and bakery.

Terinspirasi dari kegemaran keluarga yang hobi jajan dan kuliner serta sehari-hari memasak untuk keluarga, Dian Aldinita dari Jakarta merintis usaha kuliner rumahan dengan brand Say It with Pie. Sesuai namanya, bisnis ini menawarkan berbagai varian pie, yang uniknya resep pertama didapatkan dari Instagram untuk kemudian dimodifikasi sehingga sesuai dengan selera Dian.

"Inspirasi awal (Say It with Pie) itu adalah masakin anak-anak dan suami. Kami sekeluarga kebetulan hobi jajan, kami bisa pergi kemana aja hanya untuk cicipi kuliner suatu daerah. Kebetulan anak saya yang kecil itu juga hobi ngemil kue-kue," cerita Dian kepada ManisdanSedap.com

Sesuai namanya, bisnis Dian menawarkan berbagai varian pie, yang uniknya resep pertama didapatkan dari Instagram untuk kemudian dimodifikasi sehingga sesuai dengan selera Dian.

"Suatu hari liat resep pie di instagram dan iseng aja posting hasil jadinya di IG. Ternyata banyak yang nanya dan minta dibikinin karena keliatan enak. Akhirnya coba-coba modif resep dulu biar lebih enak dan pas di lidah. Coba kirim ke mertua, orangtua dan keluarga, Qadarullah, mereka suka," kata Dian yang setelah itu barulah dirinya merasa percaya diri untuk buka pre order dan kini bisa di PO melalui Manisdansedap.com

Kenapa Say It with Pie? Karena yang dibuat adalah varian menu pie, maka Dian ingin yang sederhana dan mudah diingat 'katakan dengan pie' dengan harapan orang-orang setiap ada acara dan mau berbagi kepada orang tersayang bisa dengan kirim pie dari Say It with Pie.

2 dari 3 halaman

Sang Anak jadi Quality Control Resep Baru

Cerita Dian merintis Say It with Pie tergolong unik. Pasalnya, setiap mencoba resep dan menu baru, Dian menaruh kepercayaan kepada anaknya untuk mencicipi dan menjadi quality control (QC). 

"Lucunya setiap coba resep baru selalu di QC sama anak saya yang paling kecil sekarang umur 6 tahun. Kalau dia bilang enak baru deh dicoba kirim-kirim ke keluarga dan dijual. Termasuk Burn Cheese Cake menu terbaru kami yg sengaja dibuat untuk hampers lebaran tahun ini," sebut Dian.

"Ini kue yang paling enak dari yang pernah mama bikin sebelumnya," kata Dian mengulangi perkataan sang Anak.

Berawal dari hanya menu pie susu, Dian lalu menghadirkan Beef Quiche, hingga sekarang ada Pie Coklat, Apple Pie dan Lemon Pie. Dari oven modal pinjam sahabat untuk melayani pre order, Dian semakin serius merintih bisnis dengan membeli oven, membuat konsep packaging, kartu ucapan, konten pemasaran dan lain sebagainya.

"Alhamdulillah Say It with Pie terus berkembang dan kebanjiran orderan pas lebaran," cerita Dian.

Selain pernah mengirim pie untuk konsumen di Jakarta dan sekitarnya, menu Say It with Pie juga sudah sampai ke Medan, Sumatera Barat.

3 dari 3 halaman

Harapan Dian sebagai Pelaku Usaha

Dalam merintis bisnis pie ini, Dian juga banyak melalui suka dan duka. Karena benar-benar merintis dari awal jadi banyak tantangan yang dihadapi Dian. Dari iseng ngisi waktu luang sampai sekarang harus serius karena menyangkut kepercayaan. Termasuk Dian juga harus pandai membagi waktu, antara membuat kue dan memerhatikan keluarga.

"Tantangan masih banyak, yang paling terasa adalah kalau pesanan mulai ramai. Awal-awal suami sempat protes karena waktu saya jadi terpecah. Tapi melihat saya fokus dan serius mengembangkan hobi jadi bisnis, Alhamdulillah akhirnya didukung juga," kata Dian.

Selain terus menjaga kualitas rasa Pie, Dian juga meningkatkan packaging agar lebih aman saat dikirim ke konsumen. Salah satunya menggunakan alumunium foil untuk mengemas pie agar tampilannya tidak rusak.

Untuk harapan kedepan, Dian ingin sekali bisa membuka Offline Store, Say It with Pie semakin dikenal dan memiliki cabang di berbagai kota.  

"Pengen punya beberapa karyawan untuk bantu operasional juga. Semoga Say It with Pie bisa lebih berkembang dan diminati banyak orang," harapnya.

Mimpi besar Dian tersebut didukung oleh ManisdanSedap.com, yang merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network. Platform ini bukan hanya memudahkan siapa saja untuk menemukan dan memesan beragam menu pre-order dari berbagai daerah. Tapi juga membantu pemilik UMKM dengan menampilkan jualan mereka, lengkap dengan tombol pembelian langsung ke seller. Dalam sekali klik, pembeli bisa berinteraksi juga bertransaksi terpisah dari ManisdanSedap.com. Makin mudah pasarkan menu-menumu tanpa biaya, yuk gabung sekarang juga!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(*)