Sukses

Hak Cipta Disney Atas Mickey Mouse Terancam Hilang

Liputan6.com, Jakarta - Walt Disney Co. terancam kehilangan hak ciptanya atas Mickey Mouse jika seorang senator top Partai Republik memenuhi keinginannya. Senator Josh Hawley (R-Mo.) mengusulkan undang-undang pada Selasa, 10 Mei 2022, yang akan membatasi perlindungan hak cipta Disney atas karakter kartun ikonis tersebut, melansir New York Post, Jumat (13/5/2022).

Undang-undang yang diusulkan Hawley muncul hanya beberapa minggu setelah Gubernur Florida Ron DeSantis menandatangani undang-undang yang akan menghapus status otonom Disney atas taman hiburan dan resornya di dan sekitar Orlando.

DeSantis menandatangani undang-undang tersebut setelah Disney menentang Undang-Undang Hak Orangtua dalam Pendidikan, yang oleh para kritikus disebut sebagai RUU "Jangan Katakan Gay." Undang-undang dimaksud melarang pendidikan identitas gender atau orientasi seksual untuk anak-anak sebelum mencapai kelas empat.

Usul Hawley, Undang-Undang Pemulihan Klausul Hak Cipta, akan berlaku surut terhadap hak cipta Disney atas desain asli Mickey Mouse. Karakter itu pertama kali diperkenalkan hampir seabad lalu dalam film animasi berdurasi delapan menit Steamboat Willie pada 1928.

Saat film animasi tersebut dirilis, hak cipta Disney untuk Mickey Mouse dilindungi selama 56 tahun. Ketika hak cipta akan berakhir pada 1984, Disney melobi pemerintah federal untuk meloloskan Undang-Undang Hak Cipta pada 1976, yang memperpanjang perlindungan selama 75 tahun.

Kemudian pada 1998, Disney kembali melobi untuk perpanjangan hak cipta atas Mickey Mouse, dan pemerintah federal mewujudkannya. Mereka memberikannya kepemilikan hak cipta selama 95 tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Berakhir pada 2024

Reformasi hak cipta terbaru akan berakhir pada 2024. Para pejabat tinggi GOP telah menyatakan tidak akan mendukung perpanjangan perlindungan hak cipta lagi untuk Mickey Mouse. Bahkan jika Mickey Mouse dari Steamboat Willie memasuki domain publik, Disney masih memegang hak cipta untuk versi lain dari karakter tersebut, termasuk penyihir Mickey dari film Fantasia.

"Era Partai Republik meloloskan (keinginan) Bisnis Besar sudah berakhir," kata Hawley dalam sebuah pernyataan. "Berkat perlindungan hak cipta khusus dari Kongres, perusahaan-perusahaan yang terbangun seperti Disney telah menghasilkan miliaran (dolar AS)."

"Sudah waktunya mengambil hak istimewa Disney dan membuka era baru kreativitas dan inovasi," ia melanjutkan.

Bulan lalu, rekan Hawley dari Partai Republik di DPR, Jim Banks dari Indiana, mengecam Disney karena mencoba menenangkan "aktivis sayap kiri melalui aksi korporasi yang munafik."

"Mengingat Disney terus bekerja dengan rezim Komunis Tiongkok yang tidak menghormati hak asasi manusia atau kekayaan intelektual AS dan mengingat keinginan memengaruhi anak-anak kecil dengan materi seksual yang tidak sesuai usia mereka, saya tidak akan mendukung perpanjangan lebih lanjut yang berlaku untuk hak cipta kalian, yang seharusnya jadi domain publik," tulis Banks dalam sebuah surat pada CEO Disney Bob Chapek.

3 dari 4 halaman

Tampilan Berbeda Minnie Mouse

Di sisi lain, pasangan Mickey Mouse, Minnie Mouse, justru kian relevan dengan tampil berbeda dalam merayakan ulang tahun ke-30 Disneyland Paris, awal tahun ini. Karakter Minnie Mouse lekat dengan gaun polkadot merah di atas lutut. Namun di tangan desainer Inggris, Stella McCartney, Minie tampil beda dengan setelan bercelana.

"Tampilan baru pada polkadot khasnya ini menjadikan Minnie Mouse sebagai simbol kemajuan bagi generasi baru. Saya tidak sabar menunggu kalian melihat tampilan barunya di Walt Disney Studios Park," ujar desainer yang merupakan putri legenda The Beatles Paul McCartney tersebut.

Menurut Twitter Disneyland Paris, Minnie tampil elegan mengenakan celana dan blazer bermotif polkadot biru tua. Penampilannya dilengkapi pita ikonis yang senada dengan pakaiannya. "Minnie selalu mendapat tempat khusus di hati saya," ujar McCartney.

"Kami berbagi nilai yang sama. Yang aku suka tentang Minnie adalah fakta ia merupakan wujud kebahagiaan, ekspresi diri, keaslian, dan bahwa ia menginspirasi orang-orang dari segala usia di seluruh dunia. Ditambah lagi, ia memiliki gaya yang hebat," imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Perayaan Ultah

Desain kostum baru Minnie Mouse itu sekaligus untuk memperingati Hari Perempuan Internasional 2022 yang jatuh pada Maret 2022. Dalam rangka itu, McCartney akan menjual kemeja Minnie Mouse rancangannya. Kemeja itu diproduksi terbatas dan akan dijual baik secara daring maupun luring.

Khusus untuk perayaan ke-30 tahun Disneyland Paris, Minnie Mouse tampil mengenakan gaun pink yang memantulkan bayangan dengan aksesori berkilauan. Ia tampil kompak dengan Mickey Mouse yang mengenakan rompi bermaterial serupa, tapi berwarna biru.

Dua karakter itu bergabung bersama beberapa karakter utama Disney lainnya di video perayaan khusus yang diluncurkan taman bermain di Paris itu. Taman bermain itu pertama kali dibuka untuk publik pada 12 April 1992 dan telah menerima lebih dari 375 juta pengunjung. 

Dalam pernyataan menyambut perayaan ulang tahun, pihak pengelola menyatakan, " Disneyland Paris selama bertahun-tahun telah menciptakan kenangan tak terlupakan yang bertahan seumur hidup. Tidak heran bila menjadi destinasi utama di Eropa! Resor kami dikenal membawa ide unik ke kehidupan. Berusaha mengeksplorasi langkah baru dan terus menemukan kembali diri kami."