Sukses

Penumpang di Bandara AP II Melonjak hingga 3,14 Juta Orang

Pergerakan penumpang periode angkutan Lebaran di bandara AP II diyakini melebihi target.

Liputan6.com, Jakarta - Lalu lintas penerbangan di bandara PT Angkasa Pura II pada periode angkutan Lebaran terus mengalami peningkatan. Pada 22 April--8 Mei 2022 atau hanya dalam waktu 17 hari secara kumulatif jumlah pergerakan penumpang di bandara AP II mencapai sekitar 3,14 juta orang dengan pergerakan pesawat mencapai 25.122 penerbangan.

Dikutip dari laman Angkasa Pura II, Selasa (10/5/2022), di Bandara Soekarno-Hatta pergerakan penumpang pada periode itu tercatat dua juta orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 15.873 penerbangan. President Director AP II Muhammad Awaluddin menyebut peningkatan lalu lintas penerbangan dalam periode angkutan Lebaran ini dapat dikelola dengan baik oleh seluruh stakeholder.

"Kami sangat bersyukur seluruh stakeholder di bandara AP II dapat dengan erat bersinergi dan berkolaborasi dalam mensukseskan angkutan lebaran untuk mengantar pemudik ke kampung halaman dan menyambut kembali kepulangan mereka dengan aman dan lancar," kata Awaluddin.

Ia melanjutkan, AP II dan stakeholder mampu mengakomodir tingginya permintaan kursi penerbangan pada angkutan Lebaran 2022. Hal tersebut dilakukan melalui berbagai strategi seperti pengaturan slot time penerbangan, optimalisasi operasional di sisi udara (airside), penyesuaian operasional bandara secara keseluruhan dan lain sebagainya.

Kolaborasi erat antara stakeholder ini juga mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Ia menjelaskan di tengah relatif terbatasnya pesawat, namun stakeholder tetap bisa melayani kebutuhan masyarakat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pergerakan Penumpang

Lalu lintas penerbangan di bandara AP II khususnya pada arus balik terus mengalami peningkatan yang melampaui target, seperti contohnya pada puncak arus balik 8 Mei 2022. Target awal, pergerakan penumpang di seluruh bandara AP II pada puncak arus balik 8 Mei diprediksi sebanyak 199.857 orang. Realisasinya, pada 8 Mei jumlah pergerakan di bandara-bandara AP II mencapai 233.582 orang.

"Hari ini, 9 Mei 2022, masih akan terjadi puncak arus balik di mana kami perkirakan jumlah pergerakan penumpang di seluruh bandara AP II mencapai sekitar 160.000--180.000 orang. Khusus di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 133.000 orang," jelas Muhammad Awaluddin.

Ia menambahkan, "Kami melihat animo masyarakat menggunakan transportasi udara pada angleb 2022 sangat tinggi. AP II sendiri secara berkelanjutan mengimbau agar pemudik dapat menggunakan transportasi udara, karena transportasi udara memiliki 3 keunggulan: fleksibilitas, kapasitas dan konektivitas."

Transportasi udara memiliki fleksibilitas karena pemudik dapat menentukan tanggal penerbangan, jam keberangkatan dan menggunakan maskapai apa. Selain itu, kapasitas di transportasi udara dapat disesuaikan mengikuti permintaan melalui extra flight, optimalisasi slot time dan sebagainya.

3 dari 4 halaman

Tingginya Animo

Transportasi udara juga memiliki konektivitas di setiap provinsi di Indonesia. Sejalan dengan tingginya animo masyarakat terhadap transportasi udara, AP II memperkirakan pergerakan penumpang periode angleb pada 22 April--13 Mei 2022 di bandara-bandara AP II dapat lebih dari target awal 3,42 juta orang.

"Sejalan dengan tingginya animo masyarakat, kami perkirakan jumlah pergerakan penumpang pada angleb 2022 di bandara AP II dapat lebih dari 3,42 juta orang," ungkap Awaluddin.

Ia menerangkan bahwa AP II bersyukur karena sinergi di antara stakeholder dapat memastikan kelancaran penyelenggaraan angkutan Lebaran di bandara AP II. Ia juga berterima kasih kepada pemudik yang turut mendukung seluruh stakeholder pada periode peak season ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 8 Mei 2022, menginspeksi ke Terminal 2 untuk melihat puncak arus balik di Bandara Soekarno-Hatta. Arus balik angkutan lebaran untuk transportasi udara terpusat di Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara jangkar rute domestik. 

"Pergerakan hari ini adalah pergerakan tertinggi sejak masa pandemi. Akan bergerak (penumpang datang dan pergi) sekitar 150.000 orang. Dari catatan, ada 1.130 pergerakan pesawat," kata Menhub.

 
4 dari 4 halaman

Pada 8 Mei 2022

Menhub menambahkan, "Persiapan sudah dilakukan dan dilakukan rapat koordinasi. Untuk kegiatan sampai malam nanti, pastikan bahwa mereka yang datang dalam keadaan baik. Pelayanan harus diberikan dengan waktu terukur sesuai ketentuan yang berlaku."

President Director AP II Muhammad Awaluddin menyebut pada puncak arus balik hari ini jumlah pergerakan penumpang terbanyak ada di Terminal 2. "Hari ini merupakan pergerakan penumpang tertinggi di Bandara Soekarno-Hatta sejak pandemi, sekitar 150.000 orang melakukan penerbangan keberangkatan dan kedatangan. Dari jumlah tersebut, paling tinggi ada di Terminal 2 sebanyak 70.000 orang, kemudian Terminal 3 sebanyak 50.000 orang dan Terminal 1 sebanyak 30.000 orang," terangnya.

Ia mengatakan AP II selaku pengelola bandara melakukan koordinasi ketat dengan seluruh stakeholder antara lain maskapai, operator ground handling, AirNAv Indonesia, TNI dan Polri, Otoritas Bandara, Bea dan Cukai, Imigrasi dan Karantina. "Pada puncak arus balik 7-8 Mei, seluruh stakeholder melakukan koordinasi super ketat untuk memastikan kelancaran angkutan lebaran. AP II berterima kasih atas dukungan dari seluruh stakeholder dan penumpang pesawat yang telah turut mensukseskan penyelenggaraan angkutan lebaran di Bandara Soekarno-Hatta dan seluruh bandara AP II," tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.