Sukses

Will Smith Menyepi ke India Usai Kontroversi Tampar Chris Rock di Panggung Oscar 2022

Will Smith tampak tersenyum dan melambai kepada penggemarnya di India setelah mendarat di negara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Will Smith tertangkap kamera tengah bepergian ke India. Ini menjadi momen dirinya dipotret untuk kali pertama sejak kontroversi Smith menampar Chris Rock di panggung Oscar 2022 pada akhir Maret 2022 lalu.

Dikutip dari Page Six, Senin (25/4/2022), Will Smith tampak bersemangat dalam sederet potret yang beredar di dunia maya. Aktor "King Richard" ini tersenyum dan melambaikan tangan kepada penggemar yang memotretnya di lapangan terbang pribadi pada Sabtu, 23 April 2022 di Mumbai, India.

Belum diketahui tujuan Smith bepergian ke India. Kemungkinan besar, perjalanan ini adalah 'pelarian' bagi dirinya yang dilarang menghadiri semua acara Academy of Motion Picture Arts and Sciences selama 10 tahun.

Pelarangan tersebut terjadi setelah Smith dengan terang-terangan menampar Chris Rock di panggung Oscar 2022. Saat itu, komedian tersebut bercanda soal G.I. Jane yang menyinggung Pinkett Smith yang menderita kondisi rambut rontok, alopecia.

Setelah menampar Rock dan kembali ke tempat duduknya di samping sang istri. Lantas, Smith berteriak pada Rock, "Jangan sebut nama istriku dari mulutmu!".

Keesokan harinya, Will Smith menyampaikan permintaan maaf kepada Chris Rock dan The Academy atas perilakunya. "Perilaku saya di Academy Awards tadi malam tidak dapat diterima dan tidak dapat dimaafkan," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sanksi Oscar

Will Smith melanjutkan, "Lelucon dengan biaya saya adalah bagian dari pekerjaan, tetapi lelucon tentang kondisi medis Jada saya terlalu berat untuk saya tanggung dan saya bereaksi secara emosional."

Smith melanjutkan untuk meminta maaf kepada "Academy, produser acara, semua peserta dan semua orang yang menonton di seluruh dunia," serta "Williams Family dan Keluarga King Richards saya." "Saya sangat menyesal bahwa perilaku saya telah menodai apa yang telah menjadi perjalanan yang indah bagi kita semua," kata Smith.

"Saya adalah pekerjaan yang sedang berjalan. Hormat kami, Will." Smith juga mengundurkan diri dari The Academy sesaat sebelum dilarang.

Pihak Academy of Motion Pictures Arts and Sciences buka suara terkait kasus Will Smith yang menampar Chris Rock saat acara penyerahan piala Oscar 2022. Mereka meminta aktor itu untuk menyerahkan Piala Oscar yang baru diraihnya.

"Segalanya terungkap dengan cara yang tidak dapat kami antisipasi," kata Academy kepada Associated Press, Rabu, 30 Maret 2022, seperti dikutip dari Pagesix, Kamis, 31 Maret 2022. "Meskipun kami ingin mengklarifikasi bahwa Smith diminta untuk meninggalkan upacara dan menolak, kami juga menyadari bahwa kami dapat menangani situasi secara berbeda."

3 dari 4 halaman

Mundur dari Keanggotaan Academy

Will Smith juga mengundurkan diri sebagai anggota dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). Pengunduran diri Smith telah diterima pihak Academy. Ini adalah buntut penamparan pada Chris Rock yang dilakukan Will Smith.

"Kami telah menerima dan menerima pengunduran diri Will Smith segera dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences," kata David Rubin, Presiden Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke People pada Jumat 1 April 2022.

 Rubin menambahkan, pihaknya akan terus melanjutkan proses disipliner terhadap Smith atas pelanggaran Standar Perilaku Academy. Sanksi tersebut akan dijatuhkan sebelum pertemuan dewan dengan jadwal pada 18 April 2022.

Pernyataan Academy itu sebagai tanggapan terhadap Smith yang mengumumkan pengunduran dirinya setelah dia memukul Chris Rock di Academy Awards ke-94 pada Minggu malam. "Saya telah langsung menanggapi pemberitahuan sidang disiplin Academy, dan saya akan sepenuhnya menerima setiap dan semua konsekuensi atas perilaku saya," kata aktor pemenang Oscar itu dalam sebuah pernyataan yang diterima People, Jumat, 1 April 2022.

4 dari 4 halaman

Pernyataan Smith

"Tindakan saya pada presentasi Academy Awards ke-94 mengejutkan, menyakitkan, dan tidak dapat dimaafkan. Daftar orang-orang yang telah saya sakiti sangat panjang dan termasuk Chris, keluarganya, banyak teman dan orang yang saya cintai, semua yang hadir, dan audiens global di rumah. Saya mengkhianati kepercayaan Academy," tambahnya.

Smith juga mengatakan ia telah merampas nominasi dan pemenang lain dari kesempatan mereka untuk merayakan dan dirayakan untuk pekerjaan luar biasa mereka. Ia akan menerima konsekuensi yang akan dijatuhkan pada dirinya.

"Saya patah hati. Saya ingin mengembalikan fokus pada mereka yang pantas mendapatkan perhatian atas pencapaian mereka dan memungkinkan Academy untuk kembali ke pekerjaan luar biasa yang dilakukannya untuk mendukung kreativitas dan seni dalam film. Jadi, saya mengundurkan diri dari keanggotaan di Academy of Motion Picture Arts and Sciences," ia berkata.

Dia menyimpulkan, "Perubahan membutuhkan waktu dan saya berkomitmen untuk melakukan pekerjaan untuk memastikan bahwa saya tidak akan pernah lagi membiarkan kekerasan mengambil alih alasan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.