Sukses

Sapto Djojokartiko Rilis Koleksi Busana Anak-Anak untuk Lengkapi Seragam Keluarga Saat Lebaran

Total ada tiga koleksi busana Lebaran yang dirilis Sapto Djojokartiko.

Liputan6.com, Jakarta - Desainer Sapto Djojokartiko memaknai koleksi busana Lebaran rancangannya sebagai "kelahian harapan seiring dunia menemukan kenormalan baru." Koleksi Raya 2022 ini juga sebuah ruang untuk memaknai dan merefleksikan arti bertransisi dan bertransformasi bagi Sapto.

Dalam rilisan teranyar, ia mempersembahkan tiga koleksi berkesinambungan bertajuk "Ramadan One-Off Collection 2022," "Eid One-Off Collection 2022," dan "Saptojo Insimul." Dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Rabu, 13 April 2022, Ramadan One-Off Collection 2022 sudah lebih dulu diluncurkan pada 7 April 2022.

Koleksi ini bernuansa lebih kasual dengan memanfaatkan bahan-bahan, seperti katun dan linen, yang dihadirkan dalam palet warna netral, namun dominan. Ini termasuk realgar, poudre, dove, turnip, clay, nata, tobacco, dan bijou.

Koleksi ini memboyong kreasi motif baru bernama Seligi dan Pixelated Ikat. Mereka bersanding dengan motif-motif khas Sapto yang sudah lebih dulu dikenal, seperti Arnit, Ikat, dan Yayi.

Sementara itu, koleksi Eid One-Off Collection 2022 menggunakan warna-warna yang sudah jadi ciri khasnya. Namun dalam koleksi ini, salah satu desainer Indonesia tersebut menghadirkan motif baru, seperti Primrose, Ukelan Ron, Ukelan Sekar, Banda Neira, Darpana, dan Birai Rambat.

Ini terinspirasi dari beragam rangkaian bunga yang didapati Sapto dalam proses menghasilkan koleksi tersebut. Seperti tahun-tahun sebelumnya, keseluruhan koleksi busana Lebaran ini mengusung banyak detail subtil yang dapat dikenakan dalam acara formal maupun untuk aktivitas sehari-hari.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yang Berbeda Tahun Ini

Siluet busana di koleksi Eid One-Off Collection 2022 didominasi i-line dan a-line. Juga, dilengkapi potongan oversized yang sudah jadi ciri khas Sapto Djojokartiko yang kembali muncul. Beberapa luaran kasual, namun elegan pun diharapkan memberi inspirasi berbusana yang nyaman dan unik.

Untuk pria, busana dengan nuansa kasual juga dihadirkan dengan menitikberatkan pada kenyamanan ketika dikenakan di segala jenis aktivitas. Pilihan busananya bisa didapati dalam pilihan warna-warna senada yang dapat dikenakan bersama dalam menikmati momen indah kebersamaan.

Yang berbeda dari Koleksi Raya 2022 adalah munculnya line "Saptojo Insimul." Ini menghadirkan koleksi untuk anak-anak yang senada dengan koleksi dewasa dan dapat dikenakan bersama dengan keluarga dalam bentuk perayaan Idulfitri. Nama koleksi ini sendiri berasal dari kata "insimul" yang dalam bahasa latin berarti "kebersamaan."

Sapto berkata, "Ide awal yang melatarbelakangi hadirnya koleksi ini merupakan jawaban dari banyak doa dan pengalaman melalui pandemi hampir 2,5 tahun belakangan." 

3 dari 4 halaman

Kolaborasi

Lebih lanjut Sapto Djojokartiko mengatakan, "Saya sendiri merasakan evolusi sebagai seorang desainer yang diharuskan terus beradaptasi dengan teknologi dan kerap dituntut untuk berinovasi. Tapi, di waktu bersamaan tetap mengasuh apa yang telah jadi identitas dari brand ini."

"Di bulan Ramadhan, tren berbusana seragam keluarga untuk berfoto bersama akan tetap banyak terlihat seperti tahun-tahun sebelumnya," katanya. "Saat ini dengan semangat menyongsong hari kemenangan, saya dan tim berharap koleksi ini dapat menemani keluarga Indonesia untuk terus bersama berjalan menghadapi tantangan maupun anugerah yang ada di depan mata."

Ramadhan tahun ini, pihaknya juga menandai kolaborasi dengan Mandiri Private untuk menyelenggarakan Eid One-Off Collection 2022 Trunk Show yang dikemas dalam private viewing berkonsep open house. Dalam kesempatan ini, Bank Mandiri mengundang secara eksklusif nasabah Mandiri Private sebagai bagian dari special privilege.

Acara ini merupakan event Ramadhan pertama yang diselenggarakan secara offline untuk nasabah Mandiri Private setelah dua tahun pandemi. Juga, dilaksanakan sebagai bentuk dukungan pada Sapto Djojokartiko sekaligus dalam rangka meningkatkan engagement pada nasabah utama Bank Mandiri.

 

4 dari 4 halaman

Penawaran Spesial

Dalam bentuk kerja sama mereka, nasabah Bank Mandiri yang bertransaksi di outlet Sapto Djojokartiko dapat menikmati penawaran spesial. Layanan ini berupa program cicilan 0 persen dengan fitur Mandiri Power Installment untuk transaksi menggunakan kartu kredit Bank Mandiri sampai 30 April 2022.

Koleksi Ramadan One-Off Collection 2022, Eid One-Off Collection 2022, dan Saptojo Insimul dapat dibeli langsung melalui flagship store Sapto Djojokartiko di Plaza Indonesia dan Plaza Senayan, Jakarta. Bisa juga melalui situs web resmi saptodjojokartiko.com.

Sapto telah dikenal sebagai salah satu perancang busana kenamaan Indonesia. Karya-karyanya terepresentasi dalam sentuhan detail unik dan mewah dengan sulaman sebagai ciri khas.

Sapto mengawali karier dengan belajar Fashion Design & Pattern Making di L'Ecole Superieure des Art et Technique de la Mode (Esmod) Jakarta pada 1997. Lulusan Esmod pada 1998 ini sempat menjalani profesi sebagai costume designer, stylist, ilustrator, bahkan penata rias, sebelum menjejakkan kakinya di dunia fesyen pada 2004.

Pada 2007, Sapto meluncurkan brand sesuai namanya, dan eksis sampai hari ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.