Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Mas, Ada Objek Wisata yang Disebut Miniatur Sungai Amazon

Ada yang bisa menebak apa objek wisata di Kabupaten Gunung Mas yang disebut miniatur Sungai Amazon?

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Mas adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kapuas berdasarkan UU Nomor 5 tahun 2002. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kuala Kurun, salah satu kelurahan di Kecamatan Kurun.

Pada 2020, kabupaten Gunung Mas memiliki jumlah penduduk sebanyak 135.400 jiwa, dan kepadatan 13 jiwa/km persegi. Luas wilayahnya adalah 10.804 km persegi dan merupakan kabupaten terluas keenam dari 14 kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah.

Tak hanya luas, Kabupaten Gunung Mas yang tergolong sebagai wilayah dataran tinggi sehingga akan mengurangi risiko terkena banjir. Tentu bukan itu saja hal-hal menarik dari Gunung Mas. Berikut enam fakta menarik seputar Kabupaten Gunung Mas yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Kondisi Hidrologi

Gunung Mas merupakan kabupaten dengan sebagian wilayah masih tergantung dari pemanfaatan sungai, baik sebagai transportasi maupun kebutuhan sehari-hari. Potensi air bawah tanah di Provinsi Kalimantan Tengah diperkirakan cukup melimpah. Namun, potensi ini harus dikelola secara baik dan bertanggung jawab.

Penggunaan air bawah tanah di wilayah Kalimantan Tengah mulai berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap air bersih dan sehat, serta semakin menurunnya kualitas air permukaan. Air bawah tanah umumnya dipakai untuk keperluan rumah tangga, hotel-hotel, perkantoran, rumah-rumah makan, usaha air isi ulang, industri air mineral, serta untuk keperluan industri-industri lainnya.

Dalam satuan potensi cekungan air tanah (CAT), wilayah Kabupaten Gunung Mas termasuk ke dalam salah satu dari tiga potensi cekungan air tanah di wilayah Kalimantan Tengah, yakni potensi cekungan air tanah Palangka Raya−Banjarmasin.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Akar Kuning

Akar kuning merupakan tanaman asli Kalimantan yang bisa ditemukan di Gunung Mas. Tanaman ini cukup populer untuk dijadikan oleh-oleh karena memberi berbagai macam manfaat untuk tubuh.

Akar kuning ini dipercaya secara turun-temurun dapat memperbaiki fungsi hati, menyembuhkan hepatitis, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan penyakit kuning, diabetes, anti kanker, dan anti malaria. Cara membuatnya sederhana, cukup dengan direbus menggunakan air selama 15 menit dan setelah dingin airnya dapat disaring dan langsung diminum.

Akar kuning juga bisa dijadikan obat luar. Caranya adalah dengan ditumbuk sampai halus, kemudian ditambahkan sedikit garam untuk setelahnya dibalurkan pada bagian yang ingin disembuhkan.

3 dari 6 halaman

3. Batu Suli

Batu Suli merupakan objek wisata yang berlokasi di tepian Sungai Kahayan, antara Desa Upon Batu dan Desa Tumbang Manange, Kecamatan Tewah. Batu Suli disebut-sebut sebagai miniatur Sungai Amazon di Amerika Selatan karena kondisi alamnya dan keindahannya dinilai punya kemiripan.

Objek wisata ini menawarkan pemandangan indah dan mempesona, berbentuk batu besar yang menjulang tinggi di Sungai Kahayan. Letaknya yang menjorok ke Sungai Kahayan seakan-akan batu ini jatuh ke sungai. Di sekitar objek wisata masih sangat alami, dengan pepohonan hutan yang tumbuh di sekitarnya.

Ada banyak destinasi wisata menarik di Batu Suli. Tak heran jika banyak pengunjung kerap menjadikan tempat ini sebagai objek foto yang luar biasa. Pesona Batu Suli juga membuat siapa pun betah berlama-lama di tempat ini. Beberapa pengunjung bahkan ada yang sampai menginap dan mendirikan tenda.

4 dari 6 halaman

4. Wisata Air Terjun

Kabupaten Gunung Mas memiliki tiga tempat wisata air terjun yang sayang untuk dilewatkan. Ada Air Terjun Batu Mahasur yang terkenal dengan aliran airnya yang abadi dan tidak akan mengering. Air terjun ini berada di Desa Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, dan memiliki ketinggian 20 meter.

Berikutnya adalah Air Terjun Bawin Kameloh yang berada di Taman Hutan Raya (Tahura) Lapak Jaru, Kabupaten Gunung Mas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 - 40 meter. Destinasi alam ini termasuk unik karena memiliki dua tingkat aliran air terjun.

Ketiga adalah Air Terjun Campuhan yang menjadi salah satu surga bagi pecinta wisata air.  Pasalnya, lokasi air terjun ini tergolong cukup baru, dan belum banyak didatangi oleh masyarakat. Lokasinya relatif dekat dari air terjun Bawin Kameloh.

5 dari 6 halaman

5. Kuliner Khas Gunung Mas

Ada beragam kuliner khas Gunung Mas yang menggugah selera. Salah satunya Keripik Kalakai. Keripik ini terbuat dari daun kalakai muda merupakan makanan khas masyarakat Dayak yang sangat praktis untuk dijadikan oleh-oleh dari Gunung Mas. Teksturnya yang renyah dan gurih tidak akan pernah mengecewakan.

Selain itu ada Bangamat. Makanan khas masyarakat Dayak ini berbahan dasar kelelawar berjenis pemakan buah. Biasanya daging kelelawar ini akan diolah bersama bumbu serai dan daun pikauk serta dimasak bersama dengan sayur hati batang pisang yang dipotong-potong.

Kuliner khas lainnya dari Gunung Mas adalah Buah Salak Hutan. Ada juga Juhu Kujang atau gulai keladi yang terbuat dari bahan keladi. Keladi merupakan sejenis tanaman yang daunnya lebar dan mempunyai umbi. yang begitu banyak sekali ditemukan di alam liar. Namun, keladi harus diolah terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa gatal yang bisa datang pada saat akan dimakan.

6 dari 6 halaman

6. Moto Daerah

Moto kabupaten ini adalah "Habangkalan Penyang Karuhei Tatau", yang berasal dari bahasa Sangiang yang mempunyai arti: Habangkalan: Kumpulan, yaitu himpunan, cita-cita yang menyatu menjadi satu kebulatan tekad. Lalu Penyang yaitu kekuatan jiwa, semangat, spiritual yang dilandasi oleh iman.

Selain itu, ada Karuhei yaitu daya usaha-upaya untuk mencapai suatu tujuan. Terakhir adalah Tata, yaitu kesejahteraan, kebahagian, atau kejayaan 

Secara lengkap "Habangkalan Penyang Karuhei Tatau" berarti: kumpulan, himpunan cita-cita yang menyatu atas dasar tekad dengan semangat yang tinggi dengan didasari agama dan keimanan dalam upaya bersama untuk membangun yang bertujuan menyejahterakan, membahagiakan, dan kejayaan seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Gunung Mas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.