Sukses

Kata Rizal Rama soal Beda Proses Casting Model di Indonesia dan Eropa

Rizal Rama hingga kini sudah tampil di tiga pekan mode dunia, dari Milan hingga Paris Fashion Week.

Liputan6.com, Jakarta - Rizal Rama mantap menjejakkan langkahnya di kancah internasional. Model pria berusia 21 tahun ini telah memeragakan busana deretan brand ternama di runway Milan, Paris, hingga London Fashion Week 2022.

Rizal mengaku awalnya tidak terpikir sampai dapat berkarier sebagai model di panggung dunia dan pesta mode bergengsi. Pencapaiannya kini justru membuatnya teringat akan perjuangan yang begitu berat dahulu.

"Flashback lagi perjuangan yang Rizal lakuin bisa sampai di sini itu berat banget. Kurang lebih sampai nunggunya lima tahun prosesnya. Rizal mesti nurunin berat badan," kata Rizal dalam bincang di Live Streaming bersama Liputan6.com, Jumat (11/3/2022).

Pemenang regional di Jakarta Fashion Week Model Search 2020 ini menambahkan, "Untuk bisa sampai masuk ke standar internasional itu mesti nurunin 10 kilo (kilogram) dalam waktu sebulan. Dietnya keras banget, mental juga down."

Rizal juga berkisah mengenai perbedaan ritme kerja di Indonesia dan Eropa. Ia menyebut di Eropa, seorang model harus melewati tahap casting yang lebih panjang dahulu sebelum bekerja atau tampil di runway.

"Ada beberapa tahap casting, ada pre-casting, casting, callback casting, fitting, baru dapat show-nya," kata model asal Surabaya tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Beda dengan Indonesia

"Jadi bedanya kalau di Indonesia mungkin casting sekali doang. Sekarang juga gara-gara pandemi enggak banyak orang datang buat casting offline, tapi di sini sudah mulai banyak pada casting ke mana-mana," kata Rizal Rama.

Ia menjelaskan terkait ritme kerja di dunia modeling Eropa lebih pada mengejar waktu. "Dari call time-nya jam 7 pagi, show jam 10, jadi cuma sampai segitu doang. beberapa jam terus sudah (selesai)," terangnya.

Selepas tampil, model akan kembali lagi pada casting. "Casting bisa sampai 4--5 kali casting dalam sehari," ungkapnya.

3 dari 5 halaman

Serba Mendadak

Rizal Rama menyebut, "Semuanya serba last minute, untuk jadwal hari ini, itu dikirimnya tengah malam kemarin dan itu masih belum tentu. Keesokan harinya, pas buat jadwal hari ini, itu bisa jadi nambah lagi, semuanya serba dadakan."

Dikatakan Rizal, proses casting tak selamanya berjalan mulus dan sesuai keinginan karena ada kemungkinan untuk ditolak. Jika hal itu terjadi, Rizal mengatakan harus bisa mempersiapkan diri agar tidak seketika merasa down.

"Sebenarnya karena banyak penolakan bisa jadi mental pasti down. Caranya bodo amat saja, berarti bukan waktunya, kalau down duluan pasti hancur dalam seharian," katanya.

4 dari 5 halaman

Curi Perhatian

Rizal Rama mencuri atensi publik Tanah Air setelah beraksi di runway Milan Fashion Week 2022. Ia memamerkan busana dari rumah mode mewah, Fendi.

"Debut for @fendi Fall Winter 2022-2023, Milan Fashion Week 2022," tulisnya dalam unggahan yang dibagikan pada 15 Januari 2022.

Ia tampil mengenakan kemeja lengan panjang, sling bag, bucket hat, dan beberapa aksesori seperti anting-anting, cincin, gelang, dan kalung. Rizal berjalan dengan tatapan lurus ke depan diiringi musik dan tata cahaya.

5 dari 5 halaman

Infografis Penghasilan Tertinggi Model Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.