Sukses

6 Paket Wisata ke Labuan Bajo Disiapkan untuk Delegasi G20, Simak Itinerary-nya

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menyiapkan enam paket wisata untuk menjamu delegasi G20 usai puncak kegiatan yang berlangsung pada November 2022. Labuan Bajo dipilih sebagai destinasi wisata bagi para tamu.

Paket wisata itu merupakan bagian dari Side Events G20 yang non-substantif. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan kegiatan yang dinamakan post-tour itu disiapkan kementeriannya bekerja sama dengan IINTOA.

"Juga kami siapkan kerja samanya dengan IINTOA untuk beberapa destinasi, termasuk destinasi wisata Labuan Bajo, dengan enam paket post-tour, yaitu Komodo Express, Komodo Package Liveaboard, Komodo Cruise Adventure, Komodo Package, Komodo Adventure, dan the Drum Houses of Wae Rebo," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin, 14 Februari 2022.

Selain itu, kata dia, Kemenparekraf juga sedang mengkaji Goa Batu Cermin sebagai lokasi post-tour. Kajian itu berkaitan dengan kesiapan daya dukung dan lain-lain untuk menjadi salah satu opsi kegiatan terkait rangkaian G20 yang diselenggarakan oleh hampir seluruh kementerian dan lembaga.

Sebelumnya, Direktur Badan Pengelola Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina menjelaskan bahwa penawaran paket wisata tersebut agar masa tinggal peserta G20 bisa lebih lama. Selain itu, kegiatan itu juga untuk memberi kesempatan masyarakat lokal untuk bisa menawarkan produk kreatifnya.

Untuk memeriahkan suasana, atraksi wisata akan digelar di sejumlah tempat dengan protokol kesehatan yang ketat. Penyelenggaraannya juga akan menerapkan skema travel bubble demi memastikan keamanan dan keselamatan semua pihak yang terlibat. Pihaknya memprediksi Labuan Bajo bisa kecipratan tiga juta dolar AS dengan penyelenggaraan side meeting G20 itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Pilihan Paket Wisata

Aktivitas yang ditawarkan dalam paket wisata tersebut beragam. Wisatawan bisa mengeksplorasi keindahan laut dengan snorkeling, berenang, dan berlayar. Mereka juga bisa trekking untuk melihat komodo di habitatnya, selain mengunjungi museum setempat.

Alternatif lainnya adalah kunjungan ke Wae Rebo untuk berinteraksi langsung dengan warga lokal sekaligus menginap di sana. Wisatawan yang memilih paket itu juga bisa mengunjungi pantai perawan sekaligus Gunung Inerie. Berikut itinerary paket wisata Labuan Bajo yang ditawarkan kepada delegasi G20:

1. Komodo Express: Labuan Bajo – Kelor – Rinca – Kalong – Hatamin - Labuan Bajo

2. Komodo Package Liveaboard: Labuan Bajo – Pulau Komodo – Pink Beach – Rinca – Island – Labuan Bajo

3. Komodo Cruise Adventure:  Labuan Bajo – Rinca – Kelor – Komodo– Pantai Pink – Labuan Bajo

4. Komodo Package: Labuan Bajo – Rinca – Kelor –Komodo – Pink Beach

5. Komodo Adventure: Labuan Bajo – Rinca – Kelor – Komodo – Pink Beach – Desa Melo – Air Terjun Cunca Wulang

6. The Drum Houses of Wae Rebo: Labuan Bajo – Todo – Dintor – WaeRebo – Labuan Bajo

3 dari 5 halaman

Side Events G20 yang Substantif

Labuan Bajo juga akan menjadi tuan rumah untuk 10 agenda Side Meetings yang berlangsung pada Mei 2022--November 2022. Dalam jumpa pers pada Kamis, 10 Februari 2022, Shana menerangkan ada empat alternatif konsep pertemuan yang akan dijalankan, yaitu meeting on the venue, meeting by the beach, meeting on the boat, dan meeting on the destination.

"Kehadiran Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi side event penyelenggaraan konferensi G20 tentu menjadi sebuah isu penting tentang produktivitas juga pariwisata berkelanjutan, sekaligus pengembangan ekonomi digital setempat lewat jalur UKM dan UMKM", kata Shana, dalam kesempatan berbeda.

Penyelenggaraan Side Events G20 juga tersebar di empat destinasi pariwisata super prioritas lainnya, yakni Danau Toba di Sumatera Utara; Borobudur, Magelang di Jawa Tengah; Mandalika di Nusa Tenggara Barat; dan Likupang di Sulawesi Utara. Total ada 25 kota yang menggelar berbagai side events terkait G20, seperti Jakarta, Makassar, Bogor, Banjarmasin, Batu, Sorong, dan Pontianak.

4 dari 5 halaman

Side Events Substantif

Selain post-tour, Kemenparekraf juga menjadwalkan tiga Side Meetings di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang berjenis substantif dalam rangkaian G20. Ketiganya sudah dikurasi Kementerian Perdagangan selaku vocal point, yang terdiri dari:

1. Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) Conference pada 21 - 24 Juni 2022 di Bali. Kegiatan ini bertema 'Unlocking Social Investment Opportunities in Indonesia andbeyond Proposed Engagement for 2022: "The Asian Decade"'.

2. Indonesia Wellness Tourism Festival (IWF), pada 5 - 7 Agustus 2022 di Bali. Kegiatan ini bertema 'A Sustainability Strategy for the World Tourism Recovery and Growththrough Wellness Tourism for All'.

3. World Conference on Creative Economy (WCCE) 2022, pada 3 - 7 Oktober 2022 di Bali. Tema yang diangkat adalah 'Inclusively Creative: A Global Recovery'.

5 dari 5 halaman

Indonesia Terima Tongkat Presidensi G20