Sukses

Terkesan Sederhana, Ini Pentingnya Penggunaan Facial Wash untuk Wajah

Idealnya, produk facial wash cukup digunakan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari.

Liputan6.com, Jakarta Ketika ingin mendapatkan kulit wajah yang bebas jerawat atau komedo, tentunya harus didukung dengan perawatan yang tepat. Salah satu perawatan kulit paling pertama yang mesti dilakukan adalah membersihkan atau mencuci wajah. 

Ya, meski terkesan sederhana, namun membersihkan wajah wajib dilakukan pada pagi hari sebelum beraktivitas atau setelah bepergian ke luar rumah dan malam sebelum tidur.  Untuk mendukung tujuanmu mendapatkan kulit yang bebas dari segala permasalahannya, ada baiknya kamu memilih produk pembersih wajah atau facial wash yang sesuai dengan jenis kulit. 

Facial wash umumnya berbentuk krim, gel, atau cairan yang berguna untuk membersihkan kotoran yang menempel di wajah, baik yang terlihat maupun nggak terlihat. Saat beraktivitas di luar ruangan, wajah dapat terpapar debu dan polusi di jalanan.

Nah, ketika diaplikasikan ke kulit wajah, facial wash biasanya akan menghasilkan busa. Dengan busa tersebut, kotoran yang masuk ke dalam pori-pori wajah dapat tersapu hingga bersih. Bagi yang memiliki jenis kulit berminyak, menggunakan facial wash akan mengurangi kadar minyak pada area wajah.

Idealnya, produk facial wash cukup digunakan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari. Rutinitas ini dianggap cukup untuk membersihkan sisa sel kulit mati, kotoran, dan makeup yang digunakan. Jika terlalu sering, wajah dikhawatirkan akan terasa kering karena kandungan minyak yang hilang akibat membersihkan wajah. 

Setiap produk facial wash memiliki kandungan yang berbeda-beda. Pengguna harus jeli memperhatikan hal ini dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit masing-masing. Apabila nggak cocok, kulit wajah biasanya cenderung bermasalah, misalnya berjerawat, kering, dan sebagainya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kulit Wajah

Secara umum, jenis kulit manusia dapat digolongkan dalam empat kategori, yaitu kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Bagaimana mengenali jenis kulit yang dimiliki? Biasanya, ada beberapa ciri yang menandakan jenis kulit seseorang. 

Jenis kulit kering pada umumnya tampak kusam, tertarik, dan biasanya terlihat mengelupas pada beberapa titikJenis kulit berminyak ditandai dengan produksi minyak yang berlebih, terutama pada area-area tertentuJenis kulit kombinasi yaitu jenis kulit yang kadang-kadang berminyak dan kadang-kadang terasa kering. Hal ini sering kali dipengaruhi oleh cuaca di sekitarnyaJenis kulit sensitif adalah kulit yang mudah berjerawat, terlihat merah, terasa gatal, mudah mengalami alergi saat menggunakan produk tertentu. Ada sejumlah faktor yang membuat seseorang memiliki jenis kulit yang berbeda. Pada kulit kering misalnya, hal ini bisa disebabkan oleh masalah pada skin barrier. Skin barrier adalah lapisan kulit yang paling atas dan berfungsi untuk menahan air. 

Apabila skin barrier terganggu, kulit akan terasa lebih kering karena kandungan air hilang dengan cepat. Solusi bagi seseorang yang memiliki masalah pada skin barrier adalah mengurangi proses eksfoliasi. Produk seperti ini dapat membuat skin barrier lebih tipis.

Kulit berminyak juga kerap jadi masalah tersendiri. Karena kulit yang berminyak, makeup menjadi kurang optimal. Bahkan, tampilan wajah menjadi kurang maksimal. Kulit cenderung berminyak karena faktor usia, cuaca, stres, olahraga, dan sebagainya. 

Masalah yang umum terjadi pada orang dengan jenis kulit berminyak adalah jerawat. Hal ini disebabkan oleh adanya sumbatan pada pori-pori kulit. Jika nggak dibersihkan dengan produk pembersih wajah yang tepat, wajah bisa jadi berjerawat.

 

3 dari 4 halaman

Kapan Facial Wash Harus Digunakan?

Kapan sebaiknya kamu menggunakan facial wash? Berikut waktu yang tepat untuk menggunakan produk pembersih wajah ini. 

- Saat Bangun Tidur

Walaupun nggak ke mana-mana, kamu perlu membersihkan wajah saat bangun tidur. Hal ini produksi minyak pada wajah tetap aktif saat sedang tidur sehingga kondisi wajah pun lebih berminyak. Selain itu, keringat dapat membuat wajah kurang bersih. Kotoran yang ada pada sarung bantal juga dapat menempel pada kulit wajah dan mengkontaminasi wajah.

- Setelah Beraktivitas di Luar Ruangan

Waktu yang tepat untuk membersihkan wajah adalah setelah melakukan aktivitas di luar ruangan. Wajah dapat terpapar aneka polusi, debu, keringat, dan kotoran saat berada di luar ruangan. Selain itu, rutinitas membersihkan wajah juga bermanfaat untuk menghilangkan sisa-sisa makeup yang digunakan sebelumnya.

-  Saat Akan Tidur

Jika nggak bepergian sepanjang hari, kamu tetap disarankan untuk membersihkan wajah sebelum tidur. Apalagi jika ingin mengaplikasikan produk skincare, wajah sebaiknya dalam kondisi bersih.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Facial Wash Terbaik

Salah satu produk pembersih wajah yang berkualitas dan wajib dicoba adalah YOU Amino Low pH Cleansing Mousse dari YOU Beauty. Produk ini mengandung Low pH Amino Acid Complex yang dapat membersihkan pori-pori dengan lembut dan membuatnya tetap terasa lembab. Selain itu, produk ini juga dapat memperkuat skin barrier karena mengandung 5X Ceramides, yang berfungsi untuk melindungi dan membuatnya tetap lembab. YOU Amino Low pH Cleansing Mousse juga kaya dengan Korean Centella Asiatica yang membantu menenangkan kulit dan membuatnya lebih segar.

Untuk menggunakan pembersih wajah dari YOU Beauty, caranya sangat mudah. Tekan pump sebanyak 1-2 kali dan letakkan di telapak tangan. Kemudian, aplikasikan facial wash pada seluruh area wajah dengan lembut dan gerakan melingkar. Setelah itu, gunakan air untuk membersihkan wajah. Produk ini dapat digunakan pada pagi dan malam hari.

Itulah rekomendasi facial wash terbaik untuk kulit yang bisa digunakan setiap hari. Dengan kandungan yang terdapat di dalam produk YOU Beauty, kulit wajah pun akan tetap terasa lembab setelah dibersihkan. Dapatkan YOU Amino Low pH Cleansing Mousse sekarang juga di e-commerce kesayanganmu!

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini