Sukses

Jenis-Jenis Olahraga yang Bisa Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga jadi strategi yang paling umum digunakan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. Olahraga tentu saja membakar kalori dan memainkan peran kunci dalam penurunan berat badan.

Tak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, olahraga juga memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya peningkatan suasana hati, tulang jadi lebih kuat, pengurang risiko banyak penyakit kronis.

Melansir dari laman Healthline, Jumat, 28 Januari 2022, berikut beberapa jenis olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan.

Jalan

Berjalan adalah salah satu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan. Jalan adalah cara yang nyaman dan mudah bagi pemula untuk mulai berolahraga tanpa merasa kewalahan atau perlu membeli peralatan.

Selain itu, ini adalah latihan berdampak rendah, yang berarti tidak membuat sendi sakit. Menurut Harvard Health, diperkirakan orang dengan berat 70 kg membakar sekitar 167 kalori per 30 menit berjalan kaki dengan kecepatan sedang 4 mph atau 6,4 km/jam.

Jogging atau Lari

Jogging dan lari adalah latihan yang bagus untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Penelitian telah menemukan bahwa jogging dan lari dapat membantu membakar lemak visceral yang berbahaya, umumnya dikenal sebagai lemak perut.

Terkait olahraga, Harvard Health memperkirakan bahwa orang dengan berat badan 70 kg membakar sekitar 298 kalori per 30 menit jogging dengan kecepatan 8 km/jam, atau 372 kalori per 30 menit berlari dengan kecepatan 6 mph (9,7-km/jam).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

2 dari 4 halaman

Bersepeda

Banyak gym dan pusat kebugaran memiliki sepeda stasioner yang memungkinkan Anda bersepeda sambil tetap berada di dalam ruangan. Harvard Health memperkirakan bahwa seseorang dengan berat 70 kg membakar sekitar 260 kalori per 30 menit bersepeda dengan sepeda stasioner dengan kecepatan sedang, atau 298 kalori per 30 menit dengan sepeda dengan kecepatan sedang 12-13,9 mph atau 19–22,4 km/jam.

Latihan Beban

Latihan beban adalah pilihan populer bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Menurut Harvard Health, diperkirakan bahwa seseorang dengan berat 70 kg membakar sekitar 112 kalori per 30 menit latihan beban.

Latihan beban juga dapat membantu seseorang membangun kekuatan dan meningkatkan pertumbuhan otot, yang dapat meningkatkan tingkat metabolisme istirahat (RMR), atau berapa banyak kalori yang dibakar tubuh saat istirahat.

3 dari 4 halaman

Renang

Berenang adalah cara yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan dan menjadi bugar. Harvard Health memperkirakan bahwa orang dengan berat 155 pon (70 kg) membakar sekitar 233 kalori per setengah jam berenang.

Cara Anda berenang tampaknya memengaruhi jumlah kalori yang Anda bakar. Per 30 menit, seseorang dengan berat 70 kg membakar 298 kalori untuk gaya punggung, 372 kalori untuk gaya dada, 409 kalori untuk gaya kupu-kupu, dan 372 kalori untuk menyelam.

Pilates

Menurut sebuah penelitian yang disponsori oleh American Council on Exercise, seseorang dengan berat sekitar 64 kg akan membakar 108 kalori pada kelas Pilates pemula selama 30 menit, atau 168 kalori pada kelas lanjutan dengan durasi yang sama. Meskipun Pilates mungkin tidak membakar kalori sebanyak latihan aerobik seperti berlari, banyak orang menganggapnya menyenangkan, yang membuatnya lebih mudah untuk bertahan dari waktu ke waktu.

Sebuah studi delapan minggu pada 37 perempuan paruh baya menemukan bahwa latihan Pilates selama 90 menit tiga kali per minggu secara signifikan mengurangi lingkar pinggang, perut, dan pinggul, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak berolahraga selama periode yang sama.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19