Sukses

Pengertian, Jenis, dan Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga merupakan aktivitas penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan berolahraga, tubuh akan menjadi sehat, bugar, dan dapat mencegah virus serta bakteri masuk ke dalam tubuh.

Olahraga sendiri identik dengan menggerakkan keseluruhan atau sebagian anggota tubuh, baik itu anggota tubuh bagian atas maupun bagian bawah. Di Indonesia, ada beragam jenis olahraga yang diminati masyarakat, mulai dari senam, joging, bersepeda, hingga bermain sepak bola.

Meski begitu, kesadaran masyarakat Indonesia untuk berolahraga masih sangat minim. Seperti dilansir dari Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2018, hanya ada 35,70 persen masyarakat yang sadar akan pentingnya berolahraga.

Padahal, selain membuat tubuh menjadi sehat, olahraga memiliki segudang manfaat positif bagi tubuh. Salah satunya untuk menjaga kesehatan jiwa agar tidak mudah stres, menghindari Depresi, hingga meredam emosi.

Hal ini disebabkan karena berolahraga dapat meningkatkan kadar hormon endorfin di dalam tubuh. Dimana hormon ini berperan penting untuk menciptakan perasaan bahagia dan mengurangi rasa sakit yang diakibatkan aktivitas sehari-hari, baik itu fisik maupun mental.

2 dari 4 halaman

Sejarah Olahraga

Olahraga diketahui sudah ada sejak zaman prasejarah. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan berupa lukisan di dalam gua prasejarah, salah satunya di Gua Lascaux, Perancis. Di gua ini ditemukan beberapa lukisan yang menggambarkan manusia tengah melakukan olahraga lari.

Selain itu, ditemukan pula sebuah lukisan atau gambar kuno di dataran tinggi Gilf Kebir, Libya. Lukisan tersebut menggambarkan aktivitas manusia tengah melakukan olahraga renang dan panahan.

“Lukisan kuno yang menggambarkan aktivitas manusia tengah berolahraga banyak ditemukan di beberapa negara, mulai dari Perancis, Afrika, dan Australia. Biasanya lukisan tersebut ditemukan di dalam gua pra sejarah yang sudah berumur ribuan tahun,” tulis Ajun Khamdani dalam Olahraga Tradisional Indonesia (2010, hlm 2).

3 dari 4 halaman

Jenis - Jenis Olahraga di Indonesia

Di Tanah Air, olahraga bisa dibagi menjadi dua jenis, yakni olahraga modern dan olahraga tradisional. Olahraga modern adalah olahraga yang memiliki aturan baku dan biasanya diperlombakan dalam ajang olahraga.

Mudahnya, olahraga modern itu dapat ditemukan di perhelatan Olimpiade, Asian Games, hingga SEA Games. Contohnya seperti olahraga bulu tangkis, angkat besi, sepak bola, renang, menembak, dan masih banyak lagi.

Sementara, olahraga tradisional adalah olahraga yang ditemukan oleh nenek moyang Bangsa Indonesia. Biasanya olahraga tradisional diselipkan dalam bentuk permainan agar lebih mudah digemari oleh masyarakat.

Misalnya saja seperti gobak sodor, benteng, gasing, egrang, pencak silat, hingga sepak takraw. Namun, olahraga tradisional bukan berarti tidak bisa masuk ke dalam ajang perlombaan olahraga. Beberapa olahraga seperti pencak silat dan sepak takraw sudah sejak lama diperlombakan secara internasional.

4 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga

Decimus Iunius Juvenalis, seorang pujangga Romawi pernah mengatakan, “Mens Sana in Corpore Sano” yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tulisan yang kerap dikutip menjadi jargon di Indonesia ini memang sepenuhnya benar.

Pasalnya, olahraga memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Lalu, kira-kira sebanyak apa manfaat dari olahraga? Simak beberapa manfaat olahraga berikut ini:

  • Mencegah penyakit jantung dan stroke
  • Menjaga kualitas tidur
  • Dapat membuat tubuh lebih tegap
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Mencegah hipertensi
  • Meningkatkan energi
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menjaga kesehatan otak