Sukses

Pentingnya Suplemen bagi Mereka yang Jarang Makan Sayur dan Buah

Liputan6.com, Jakarta - Dokter Nadia Alydrus mengatakan konsumsi suplemen multivitamin sangat penting bagi tubuh. Utamanya adalah mereka yang tidak rutin mengonsumsi sayur setiap hari.

"Begitu juga mereka yang tidak rajin mengonsumsi buah. Pentingnya suplemen vitamin sebagai pelengkap," ujar dokter Nadia Alaydrus, sekaligus juga health influencer dalam acara peluncuran produk baru Youvit secara virtual, Selasa, 25 Januari 2022.

Nadia menerangkan, idealnya setiap individu menjaga diri dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Berdasarkan panduan isi piringku, porsi sayur mencapai 2/3 dari setengah piring. Sementara, konsumsi buah mencapai 1/3 dari setengah piring. Jenis buah yang sebaiknya dikonsumsi juga harus berwarna-warni karena masing-masing mengandung vitamin dan mineral yang berbeda.

Namun, tidak semua orang bisa memenuhi kebutuhan itu sehari-hari. Karena itu, suplemen vitamin membantu menggenapi kebutuhan yang terlewat.

"Fungsi multivitamin itu untuk meningkatkan imunitas tubuh, apalagi dalam era pandemi Covid-19 saat ini. Orang wajib menjaga dirinya agar tidak sampai jatuh sakit," imbuh dokter Nadia.

Suplemen itu, sambung Nadia, mengandung vitamin, mineral, untuk menjaga daya tahan tubuh. Untuk anak-anak, nutrisi yang tidak tercukupi akan memengaruhi proses tumbuh kembang mereka.

"Vitamin itu yang dibutuhkan dalam tubuh ada 13 jenis. Umumnya yang dikonsumsi vitamin A,B,C, D, E, K. Itu vitamin yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari," papar Nadia tentang vitamin dalam suplemen.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Asupan

Sementara itu, mom influencer Munira Agile mengatakan untuk tumbuh kembang anak sangat perlu adanya asupan, apalagi mereka yang masih dalam 1.000 hari pertama. Periode emas itu menjadi periode kritikal yang sangat menentukan kualitas tumbuh kembang anak secara dominan.

"Jangan sampai gizi dan vitaminnya kurang. Oleh karena itu, mereka perlu asupan yang gizinya lengkap," kata Munira.

Namun, lanjut Munira, ada kalanya anak-anak sangat sulit untuk mengonsumi makanan. Karena itu, ia menyiasatinya dengan memberikan multivitamin.

3 dari 4 halaman

Gummy Multivitamin

Terkait vitamin, saat ini muncul vitamin dalam bentuk gummy untuk orang dewasa pertama di Indonesia. Kehadiran gummy multivitamin tersebut untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang sangat penting bagi tubuh.

"Youvit tersebut memiliki kandungan vitamin yang lengkap dengan rasa enak. Multivitamin tersebut bisa dikonsumsi di mana dan kapan saja," kata CEO PT YOU Indonesia, Wouter van der Kolk.

Ia mengatakan satu gummy sudah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Hal ini sangat penting terutama di tengah masa pandemi Covid-19 sekarang ini. Selain gummy untuk orang dewasa, tersedia juga gummy untuk anak-anak berusia 3--12 tahun.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Amankah Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun?