Sukses

Makan Bareng Nex Carlos, Erick Thohir Santap Sayur Asam dan Jengkol Balado

Nex Carlos mengajak Erick Thohir mencicipi sejumlah kuliner Betawi di sebuah warung makan di daerah Tangerang Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Food vlogger Nex Carlos membuat kejutan di video terbarunya. Ia berkolaborasi dengan Menteri BUMN Erick Thohir yang tayang di kanal YouTubenya pada Jumat, 14 Januari 2022.

Dalam kesempatan itu, Nex mengajak Erick menyantap beragam menu makanan khas Betawi. Ia sempat kaget karena Erick Thohir ternyata belum pernah sekalipun makan satu menu khas Betawi.

Nex Carlos mengajak Erick Thohir untuk mencicipi sejumlah kuliner Betawi di sebuah warung makan sederhana di daerah Pondok Ranji, Tangerang Selatan. Tempat makan bernama Warung Sayur Asem Betawi itu sudah sekitar lima tahun dibuka di kawasan tersebut.

Uniknya lagi, warung makan yang berada tepat di samping kolam pemancingan umum itu sudah lima tahun berdiri di atas lahan PT Pertamina (Persero). "Nggak ada POM bensinnya tapi ya. Tapi sama-sama isi perut sih. Satu perut mobil, satu lagi perut orang," ucap Erick yang disambut tawa oleh Nex.

Mereka pun masuk ke warung dan memilih berbagai sajian menu siap santap di warung makan yang dikelola oleh pasangan suami istri tersebut. Di warung itu para pengunjung bisa memilih sendiri menu yang akan mereka santap alias self-service.

Salah satu menu yang mereka pilih adalah gurame bumbu pecak khas Betawi. Nex menjelaskan bahwa menu gurame pecak adalah ikan yang sudah digoreng kemudian disiram bumbu pecak terdiri dari cabai, bawang, dan rempah-rempah lain termasuk jahe.

"Ini baru pertama nyobain (gurame pecak)," kata Erick Thohir. Ia tampak lahap menyantap menu khas Betawi bercita rasa pedas dan asam tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Suka Jengkol

Mereka juga mencoba menu lainnya adalah sayur asam khas Betawi yang kuahnya lebih bening dibandingkan sayur asam pada umumnya. Mereka juga mengambil jengkol balado.

Erick meminta Nex, yang ternyata belum pernah makan jengkol, untuk mencicipi makanan tersebut. Nex Carlos pun sempat kaget karena ia diminta mencicipi menu yang sebenarnya tidak ia sukai, karena dinilai pahit dan menimbulkan bau.

Namun, demi mnerima tantangan sang menteri, YouTuber yang dikenal dengan jargon ‘Yo Mamen’ itu pun menuruti permintaan Erick dan mengambil beberapa jengkol balado ke piringnya. “Terusin dong, itu jengkolnya masih ada, masih 2. Mubazir kalau gak dihabisin. Ayo saya tungguin sampai habis makannya,” kata Erick.

"Aduh kenapa gue ambil tiga," timpal Nex Carlos sambil tersenyum. Ia akhirnya memakan jengkol balado yang tersisa di piringnya.

3 dari 4 halaman

Paling Enak

Usai bersantap, menurut Erick semua menu di warung tersebut enak tapi yang jadi favoritnya adalah gurame bumbu pecak.  Ia juga mengungkapkan selalu mencoba kuliner di setiap daerah yang dikunjunginya.

Ia pun meyakini bahwa makanan Indonesia itu yang paling enak di dunia. "Saya rasa makanan paling enak di Indonesia. Bandingkan dengan Thailand, India, dia itu-itu aja, nggak banyak variasinya. Coba kalau Indonesia, ada karinya, ada asemnya, ada pedasnya, belum yang bakar dan goreng-gorengan" tutur Erick.

Karena keragaman makanan di Indonesia, Erick juga mengingatkan bahwa Indonesia itu beragam, karenanya jangan sampai terpecah belah. "Kekayaan suku bangsa kita itu luar biasa, makanya harus rukun," pungkas Erick Thohir. 

Warung makan khas Betawi ini buka setiap hari dari pukul 9.30 sampai 15.30 dan harga makanannya kata Nex Carlos, sangat terjangkau.

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.