Sukses

Cerita Akhir Pekan: Perjalanan Dokter Kulit Bangun Brand Skincare Lokal

Liputan6.com, Jakarta - Berjayanya skincare lokal terefleksi dari kian banyak brand dan produk karya anak bangsa yang diminati di negeri sendiri. Salah satunya Votre Peau, brand yang dirintis oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ricky Fernando Maharis, Sp.KK.

Perjalanan brand skincare yang resmi diluncurkan pada 2015 ini berawal ketika dr. Ricky dan sang kakak dr. Kevin A. Maharis, MD, Dip(Derm) yang mulai membangun klinik kecantikan. Kala itu, dr. Ricky memerhatikan sebagian besar produk berkualitas dan berbahan aktif bermanfaat untuk kulit hanya bisa didapatkan dari produk luar negeri.

"Namun terkadang, produk luar negeri masih kurang cocok dipakai untuk orang Indonesia, sehingga saya memutuskan memformulasikan skincare yang bermanfaat, enak dipakai, berkualitas dalam segi formula, packaging, dan hasil," kata dr. Ricky kepada Liputan6.com, Sabtu, 15 Januari 2022.

Saat memulai terjun ke bisnis kecantikan, dr. Ricky melihat belum banyak nama skincare lokal yang beredar. Berbekal ilmu kedokteran kulit, ia membangun Votre Peau dengan mengeluarkan dana sekitar Rp2 juta untuk membeli bahan-bahan dasar.

"Saya upayakan untuk membuat formulasi dari skincare serum, ini sangat sulit untuk dilakukan formulasi karena tidak stabil. Lalu, efektivitasnya dan konsentrasi harus cukup tinggi untuk mendapatkan efektivitas yang baik," tambahnya.

dr. Ricky pun berulang kali mencoba formulasi hingga akhirnya mendapat formula yang sangat stabil. Formula racikannya yang sudah tujuh tahun lamanya, disebut hingga kini masih stabil dan bagus.

"Untuk membuat produk biasanya membutuhkan 1--4 tahun, tergantung dari kesulitan formulanya. Yang sulit untuk mendapatkan formulanya. Biasanya di serum ataupun sunblock karena kita memiliki benchmark, mau konsentrasinya seberapa untuk mendapatkan efektivitas yang seberapa," kata dr. Ricky.

Ia mencontohkan untuk sunblock, dr. Ricky tetap ingin menggunakan formula seperti Titanium oxide dan Zinc oxide yang merupakan physical sunscreen yang tetap enak digunakan dengan SPF 50. Hal tersebut dikatakan dr. Ricky begitu sulit dan harus diperiksa di laboraturium luar negeri untuk menguji SPF-nya.

Membangun brand skincare sendiri tentu bukan perkara mudah. dr. Ricky dihadapkan dengan berbagai tantangan terberat dalam proses penciptaan Votre Peau.

"Tantangan terberat itu dari mendapatkan formula yang memang sesuai dengan kemauan saya dan menurut saya bagus, efektif dan of course yang sulit manage bisnisnya," terang dokter kulit ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Produk Laris Manis

dr. Ricky mengungkapkan ia tidak hanya cukup membuat skincare, tetapi harus memastikan produk tersebut dapat digunakan masyarakat luas, dikelola, dan dipromosikan dengan baik. Kian banyaknya brand skincare lokal yang bermunculan juga membuat ia harus lebih kreatif dalam menghasilkan suatu produk dan memasarkannya dengan baik.

Dikatakan dr. Ricky, sejak Votre Peau berdiri, telah ada banyak produk yang dihasilkan. Beberapa di antaranya ada yang tidak dilanjutkan produk dan ada pula yang laris manis di pasaran.

"Best seller saat ini adalah Retinol Barrier Cream. Retinol biasanya ada produk serum, ada dalam bentuk krim. Retinol itu bermanfaat untuk mengurangi kadar minyak, mengeluarkan sumbatan-sumbatan komedo, anti-jerawat, menebalkan kolagen, menghaluskan kerutan-kerutan halus," jelasnya.

"Pada umumnya, kalau kita keseringan pakai retinol, kadang-kadang kulit menjadi agak merah dan perih. Dengan Retinol Barrier Cream ini orang bisa mendapatkan manfaat dari retinol tanpa ada efek samping, seperti kering ataupun kemerehan karena jenisnya sudah barrier cream yang memberikan perlindungan terhadap iritasi pada kulit," katanya.

Selain itu, produk paling laris lainnya adalah Votre Peau pour Maharis Clinic Vitamin C Serum. "Botolnya warna biru ada kandungan vitamin C 10 persen, Salicylic acid dua persen, dan Hyaluronic acid. Ini populer banget dan favorit banyak orang karena kulit jadi kenyal, cerah, lembap," ungkap dr. Ricky.

"Juga, banyak makeup artist pakai ini sebagai base makeup karena menurut mereka makeupnya jadi lebih nempel dan juga kelihatan lebih bagus dan warna foundationnya jadi tidak teroksidasi," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Elemen Penting

Dalam mencipta produk skincare, ada beberapa elemen penting yang jadi perhatian dr. Ricky. Ia menyebut mulai dari seberapa kental formulanya, memilih kemasan yang cocok, hingga memastikan apakah mudah terdegradasi dari sinar matahari.

"Makanya, kita harus memilih dari botol-botol yang ada warnanya, seperti warna cokelat, biru. Lalu, apakah musti kedap udara dan kalau saya yang paling penting itu untuk formula tidak boleh lengket, harus nyaman dipakai. Kalau formulanya sedikit lengket dan tidak nyaman, saya pun tidak betah dan saya tidak mau formula saya lengket, dan jelas efikasi, orang dalam 1--3 minggu sudah harus merasakan perbedaannya," ungkapnya.

Sementara, dr. Ricky berpesan terkait pentingnya menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut tertuang dalam makna harfiah Votre Peau yang diambil dari bahasa Prancis yang berarti 'kulitmu'.

"Kulit ini adalah kulitmu jadi kamu yang harus bertanggung jawab merawat kulitmu. Kamu harus merawatnya walaupun sibuk dengan kegiatan sosial, kerja, mengurus keluarga, dan lainnya, tidak boleh melupakan merawat kulit sendiri. Karena skincare bukan hanya merawat kulit, tetapi dia merupakan bentuk dari self-love yang perlu banget untuk setiap orang mengerti, ketahui, dan menerapkannya dalam kehidupan setiap hari," ungkap dr. Ricky.

"Bukan hanya kulit, secara mental health dan mindset kita akan menjadi lebih happy ketika bisa merawat diri sendiri sehingga kita bisa memberikan perhatian lebih dan bisa menjadi the best version of ourself untuk orang lain," terangnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Tren Perawatan di Klinik Kecantikan Tahun 2022