Sukses

Perahu Taehyung, Proyek Ultah V BTS untuk Bantu Nelayan Bangka Belitung

Liputan6.com, Jakarta - V BTS genap berusia 26 tahun hari ini, Kamis (30/12/2021). Memperingati ulang tahun pemilik nama asli Kim Taehyung tersebut, penggemar dari berbagai negara menyiapkan segudang proyek. Di Indonesia, salah satunya terimplementasi dalam Perahu Taehyung.

Sesuai namanya, inisiasi ini bermaksud membantu nelayan di Gunung Riting, Bangka Belitung memiliki perahu yang digunakan untuk mencari nafkah. "Sebenarnya untuk project setiap ulang tahun (personel) BTS, kami memang mau kasih hal berbeda," kata perwakilan komunitas Hacin melalui direct message pada Liputan6.com, Rabu, 29 Desember2021.

"Sudah hampir tiga tahun akun ini aktif memperingati ulang tahun member BTS dengan berbagai project," tuturnya. "Kalau sebelum-sebelumnya lebih ke alam, kali ini kami ingin project untuk masyarakat."

Idenya muncul dari melihat perahu dayung yang ditumpangi V dalam program 'In The Soop', tahun lalu. Ia menyambung, pihaknya memang tidak membuka donasi untuk proyek ini.

"Karena kami sebenarnya adalah kumpulan pembaca karya Asabell Audida, yang juga merupakan ARMY (sebutan penggemar BTS), yang banyak menulis buku terinspirasi dari BTS," katanya bercerita.

Karena itu, Asa sering menyisihkan sebagian keuntungan dari penjualan karyanya untuk proyek terkait BTS. Ia menyebut, Hacin merupakan nama komunitas pembacanya, yang sebagian besar merupakan ARMY.

Dalam proses produksi perahu, mereka bekerja sama dengan Cepoon Initiative, komunitas setempat yang pernah membuat gagasan serupa. Ia mengatakan, "Kami menghubungi (Cepoon Initiative) untuk kerja sama. Kira-kira dari proses pengamatan, diskusi, seleksi profil penerima, sampai penyerahan, (butuh waktu) kurang lebih satu bulan."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Menyerahkan 5 Perahu

Dari inisiasi itu, Hacin menyerahkan lima perahu untuk digunakan para nelayan. "Sebenarnya ingin lebih dari itu, namun karena satu dan lain hal, jadinya hanya lima (perahu)," katanya.

Terkait seleksi penerima manfaat, Cepoon Initiative memberikan profil lengkap pada mereka, yang kemudian dikurasi secara internal sampai ditentukan lima penerima. Lalu, mengapa memilih Desa Riting?

"Kebetulan kami ketemu yang memfasilitasi keberlangsungan project-nya di sana, karena memang sudah pengalaman dan cocok waktu diskusi," jawab mereka.

3 dari 4 halaman

Kuat dan Membantu Banyak

Proses penyerahan kelima perahu tersebut telah berlangsung pada Rabu, 29 Desember 2021. Proses serah terima perahu ditandai dengan penandatangan berkas penyerahan, yang dalam ketentuannya memuat bahwa perahu diberikan secara gratis dan tidak boleh diperjualbelikan.

Perahu-perahu tersebut dicat ungu, warna yang memiliki arti khusus bagi ARMY. Seperti diketahui, warna ini mengarah pada Borahae, ungkapan ikonis yang diciptakan V untuk merujuk pada warna terakhir pelangi, ungu.

Kehadirannya bermakna bahwa, baik penggemar maupun BTS, akan saling menyayangi dan percaya sampai akhir. Sejak diucapkan V dalam sebuah konser pada 2016, ungkapan itu telah jadi slogan yang sering diucapkan ARMY dan member BTS.

"Selain membantu warga sekitar, kami juga berharap bahwa perahu ini akan selalu bisa berlayar dengan baik. Kuat dan membantu banyak, seperti Taehyung (V) yang juga selalu membawa dampak baik bagi kami," tutupnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Yuk! Pakai Masker dan Segera Vaksin COVID-19