Sukses

Sosok Paing Takhon, Tahanan Politik yang Lampaui V BTS Sebagai Pria Tertampan 2021 Versi TC Candler

Liputan6.com, Jakarta - TC Candler kembali merilis daftar tahunan 100 Wajah Paling Tampan, Selasa (28/12/2021). Tahun ini, yang kampiun di posisi pertama adalah Paing Takhon, model sekaligus aktor asal Myanmar yang jadi tahanan politik sejak April 2021.

Dalam pengumuman posisi puncak daftar bergengsi tersebut, pihaknya dengan tegas meminta pembebasan Takhon. Siapa sebenarnya pria berusia 25 tahun tersebut dan bagaimana ia bisa sampai jadi tahanan politik?

Mengutip BBC, mantan biksu itu ditangkap awal April lalu setelah pihak militer Myanmar menargetkan selebritas yang mengkritik kudeta di negara tersebut. Takhon dibawa pergi dari rumah ibunya, menurut laporan media setempat.

Saudara perempuanya, Thi Thi Lwin, menulis di Facebook bahwa Takhon ditangkap oleh sekitar 50 tentara. Menurut Thi Thi, saudara laki-lakinya ditangkap saat sedang sakit parah di rumah ibunya di daerah North Dagon, Yangon, Myanmar.

"Karena ia sakit parah, mereka menangkapnya dengan tenang, tanpa kekerasan, tapi kami tidak tahu ke mana ia dibawa," ungkap Thi Thi.

Sebelumnya, Paing Takhon sempat jadi sensasi online setelah membagikan pengalamannya jadi biksu selama 10 hari lewat akun Instagram pribadi, yang kini sudah tidak dapat ditemukan. Momen tersebut ditandai sebagai waktu berharga dan istimewa baginya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Hukuman Penjara

Paing Takhon pernah menyabet posisi ke-10 dalam daftar Pria Tertampan 2020 versi TC Candler. Ia memulai karier di dunia modeling pada 2014 dan debut di seni peran pada 2017 lewat film Midnight Traveller.

Bertepatan dengan hari dinobatkannya sebagai Pria Tertampan 2021 TC Candler, Takhon dijatuhi hukuman penjara selama tiga tahun karena ikut serta dalam protes massal yang mengguncang Myanmar menyusul kudeta militer, Februari lalu.

Pengacaranya, Khin Maung Myint, mengatakan pada AFP bahwa ia telah dijatuhi hukuman kerja paksa. Ia juga menambahkan bahwa keluarga Takhon sedang mempertimbangkan apakah akan mengajukan banding.

Ia sebelumnya terlihat berpartisipasi dalam beberapa demonstrasi. Juga, kedapatan mengunggah gambar pemimpin sipil dan ikon pro-demokrasi Aung San Suu Kyi, yang telah dijatuhi hukuman empat tahun penjara karena menghasut perbedaan pendapat dan melanggar aturan COVID-19, salah dua dari serangkaian vonis yang bisa membuatnya dipenjara seumur hidup.

Seorang kenalan dekat, yang tidak ingin disebutkan namanya, sebelumnya mengatakan pada BBC bahwa Takhon menderita Depresi dan kondisi fisik ketika ditangkap. Ia mengatakan, "Ia bahkan tidak bisa 'berdiri dengan benar.'" Namun, ia menambahkan, Takhon "sadar akan konsekuensi" yang menunggunya, dan mengungkap bahwa sang aktor "tidak takut sama sekali."

3 dari 4 halaman

Daftar 10 Besar Pria Tertampan 2021 Versi TC Candler

10. Jason Momoa

9. Felix Kjellberg

8. Dean Schneider

7. Lucien Laviscount

6. Henry Cavill

5. Jungkook

4. Timothee Chalamet

3. V

2. Chris Hemsworth

1. Paing Takhon

4 dari 4 halaman

Infografis Penangkapan Aung San Suu Kyi dan Kudeta Militer Myanmar