Sukses

Sederet Buah yang Bisa Turunkan dan Tingkatkan GERD

Terdapat sejumlah buah yang dapat menurunkan dan meningkatkan GERD atau asam lambung.

Liputan6.com, Jakarta - Penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau yang dikenal juga sebagai asam lambung tak bisa dianggap enteng. Sebab jika kronis, maka akan membahayakan bagi penderitanya.

Jika Anda memiliki gejala asam lambung lebih dari dua kali seminggu, Anda mungkin memiliki kondisi yang dikenal sebagai penyakit GERD, seperti dilansir dari Healthline, Kamis (16/12/2021). Jika dokter Anda mencurigai Anda mungkin menderita GERD, mereka akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan gejala apa pun yang Anda alami.

Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK), GERD mempengaruhi sekitar 20 persen orang di Amerika Serikat. Jika tidak diobati segera, terkadang dapat menyebabkan komplikasi serius.

Penyakit GERD bisa dikenali gejalanya, yaitu nyeri ulu hati atau sensasi perih dan panas di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Gejala lain di antaranya mual, muntah, perut kembung, sulit menelan, dan batuk.

Sejumlah buah disebut bisa menangkal GERD. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa buah yang berguna untuk menurunkan asam lambung dan ada juga yang bisa meningkatkan  asam lambung.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menurunkan Asam Lambung

Buah non-jeruk merupakan buah cenderung tidak memicu gejala asam lambung, beberapa di antaranya:

1. melon

2. pisang

3. apel

4. pir 

3 dari 4 halaman

Meningkatkan

Ada sejumlah buah yang dapat menyebabkan atau memperburuk gejala GERD, terutama buah-buahan yang sangat asam. Jika Anda sering mengalami asam lambung, Anda harus mengurangi atau menghilangkan asupan makanan berikut:

1. jeruk

2. jeruk bali

3. jeruk lemon

4. jeruk nipis

5. nanas

6. tomat

7. saus tomat.

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.