Sukses

Warna Cerah dan Segar Diprediksi Bakal Jadi Tren Warna Cat Rumah 2022

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang akhir tahun, mulai banyak bermunculan prediksi tren di tahun depan, termasuk dalam hal desain interior maupun dekorasi rumah. Menurut arsitek Mande Austriono sekaligus Managing Director & Founder DFORM Studi, warna-warna yang segar dan lembut seperti biru langit akan banyak dipilih untuk berbagai kebutuhan rumah maupun dekorasi pada 2022.

Menurut Mande, hal tersebut sebagai dampak tren bekerja dari rumah yang membuat pemilik rumah semakin memikirkan kenyamanan dalam ruangan. Sebelum pandemi, mungkin banyak orang kurang memperhatikan dekorasi rumahnya karena lebih sering berada di kantor maupun bepergian daripada berada di rumah.

Namun selama pandemi ini, karena harus lebih banyak berada di rumah jadi lebih memperhatikan keadaan rumahnya. "Tahun depan, kemungkinan working from home atau WFH bakal lebih banyak diminati, bahkan setelah pandemi lewat. Setiap orang udah punya acara untuk menyiasati kehidupan mereka nanti," ucap Mande saat diskusi daring pada Kamis, 9 Desember 2021.

"Warna-warna yang segar bisa membantu para pemilik rumah untuk semakin maksimal dalam beraktivitas sehingga bisa menimbulkan ide-ide kreatif," tambahnya.

Senada dengan Mande, praktisi kesehatan holistik dan self-healing Reza Gunawan mengatakan, warna biru identik dengan ketenangan dan memicu respons relaksasi sehingga dapat menghadirkan inspirasi serta meningkatkan fokus dan produktivitas. Ia menambahkan, menghadapi situasi yang tidak menentu selama berbulan-bulan membuat keadaan dalam diri manusia menjadi terombang-ambing.

Self-healing menjadi salah satu metode untuk memelihara keselarasan lahir batin, memperkuat resiliensi dalam ketidakpastian, dan menjaga semangat hidup yang sehat. Bukan hanya kesadaran dari dalam, faktor luar yang mengelilingi kita juga dapat turut membantu dalam penyembuhan diri, salah satunya warna.

"Saat kita dikelilingi oleh warna yang tepat, pikiran dan suasana hati kita akan turut terpengaruh menjadi lebih rileks, tenang, dan damai," ungkap Reza.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Tercipta Ide Kreatif

Melihat hal tersebut, AkzoNobel melalui merek pelapis dekoratif, Dulux, menghadirkan Colour of the Year. Mereka mengangkat tema "Bright Skies - A Breath of Fresh Air" untuk memberikan inspirasi melalui nuansa cerah dan lembut dalam menyambut tahun 2022 dengan penuh optimisme.

"Tema warna 2022 mewakili apa yang kami yakini, kenyamanan dalam melakukan berbagai aktivitas di dalam rumah, terkoneksi dengan alam, berkontemplasi hingga tercipta ide-ide kreatif, dan terbuka terhadap inspirasi yang lebih segar," jelas Creative Director of AkzoNobel’s Global Aesthetic Center Heleen van Gent.

Produk ini terdiri dari empat palet warna yakni Workshop, Greenhouse, Studio dan Salon. Bright Skies dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan desainer untuk menghidupkan kembali inspirasi sesuai fungsi pada setiap ruangan.

Dulux Colour of The Year dihadirkan setiap tahun untuk meyakinkan konsumen dalam menentukan warna dan desain melalui penyajian berbagai elemen yang dapat dipakai seperti inspirasi, visualisasi, pilihan produk dan aplikasi.  

3 dari 4 halaman

Beradaptasi Kembali

Konsumen dapat menggunakan sejumlah fitur dari Dulux untuk menentukan pilihan warna mereka, termasuk solusi digital inovatif Dulux Visualizer serta konsultasi gratis dengan ahlinya melalui Dulux Preview Service.

Menurut Indra Laban, President Director, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), selama lebih dari 18 bulan kita dihadapkan dengan situasi yang tidak menentu akibat pandemi, yang memengaruhi cara kita melakukan kegiatan sehari-hari termasuk bekerja dan berkarya. Keadaan ini membuat kita lebih merefleksikan diri dan beradaptasi kembali.

"Sebuah dorongan sangat diperlukan untuk bertransformasi dalam mewujudkan kembali kepercayaan diri. Selain itu juga untuk meraih segala potensi dalam diri sehingga mendapatkan ide-ide kreatif dan segar saat keluar dari tahun refleksi pasca-pandemi," terang Indra.

"Saya berharap Bright Skies sebagai Colour of the Year 2022, dapat terus menginspirasi banyak orang untuk bertransformasi diri, mewujudkan mimpi menjadi kenyataan, dan siap menghadapi 2022 dengan semangat. Mari asah kembali ide-ide segar dan kreatif, serta temukan kembali kenyamanan hidup. Tetap sehat dan semangat!," harap Indra.

4 dari 4 halaman

Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan