Sukses

Anak Gajah Seberat 84 Kg Lahir di Tesso Nilo Pelalawan, Didoakan Jadi Pejantan Tangguh

Liputan6.com, Jakarta - Taman Nasional Tesso Nilo di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, kehadiran penghuni baru. Seekor anak gajah telah lahir dengan selamat.

"Bayi gajah tersebut telah lahir di camp elephants flying squad SPTN Wilayah I Lubung Kembang Bunga, Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) @btn_tessonilo , Desa Lubuk Kembang Bungo, Kecamatan Ukui, Kab. Pelalawan, pada hari Kamis, 2 Desember 2021, sekitar jam 02:00 WIB," tulis akun @kementerianlhk, 6 Desember 2021.

Disebutkan, bayi gajah ini merupakan anak keempat dari gajah "Ria" sebagai hasil dari breeding dengan gajah liar. Sebelumnya, gajah "Ria" telah melahirkan tiga ekor anak gajah yang bernama Tesso, Tino, dan Harmoni Rimbo.

"Saat ini "Ria" berumur 45 tahun loh sob," imbuh akun tersebut. Anak gajah yang baru lahir itu berjenis kelamin jantan.

"berdasar hasil pengukuran morfometri anak Gajah tersebut lahir dengan tinggi badan 86 cm, panjang badan 102 cm, lingkar badan 103 cm dan berat badan 84 kg," terang akun tersebut.

Proses kelahiran gajah berlangsung secara normal. Saat ini induk dan anaknya dalam keadaan sehat. "Sehat terus dan jadilah pejantan yang tangguh ya🥰🥰🥰," harapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Usulan Nama

Kehadiran anak gajah itu menarik perhatian warganet. Utamanya karena si anak gajah belum bernama.

Mereka ramai mengusulkan nama, termasuk mantan menteri perhubungan Ignasius Jonan. Lelaki yang kini gemar berkebun itu mengusulkan nama Iklim untuk bayi tersebut.

"👏👏👏 namanya Iklim," tulis Ignasius Jonan. "Hellooo, cuttieeee baby 😍 namanya Teo Tan ajaa Min 😂 TeO TaN = TEso nilO TAman Nasional 😂😂😂," komentar akun yang lain.

3 dari 4 halaman

Nama Lisa

Taman Nasional Tesso Nilo juga sempat mendapatkan penghuni baru seekor anak gajah jantan yang lahir dari induknya yang bernama Lisa. Anak gajah itu lahir pada 11 Desember 2020.

"Sobat Tesso, pada hari Jum'at tanggal 11 Desember 2020, Taman Nasional Tesso Nilo Mendapatkan Kabar Gembira dari Camp Elephant Flying Squad," tulis akun taman nasional tersebut.

Warganet juga ramai bertanya-tanya tentang nama anak gajah tersebut saat itu. Ada juga yang bergurau agar Lisa menggunakan skincare agar tidak terjadi penuaan dini.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Akhir Tragis Anak Gajah Usai Belalai Nyaris Putus Terkena Jerat