Sukses

Cerita Kakek 99 Tahun Masih Berjualan Makanan Ditemani Istrinya, Bikin Terenyuh

Kakek itu berjualan ditemani istrinya yang terlihat duduk di pinggir trotoar.

Liputan6.com, Jakarta - Hari tua harusnya jadi momen untuk beristirahat. Tapi, sepasang kakek nenek yang jadi viral di media sosial ini menunjukkan hal sebaiknya.

Hal itu diketahui dari akun TikTok @saraaaaahss. Unggahan pada 29 November itu memperlihatkan seorang kakek tengah berjualan lumpia di sebuah gerobak.

Dari keterangan yang ada di video, diketahui kakek tersebut telah berusia 99 tahun. Meski telah berusia senja, namun kakek tersebut tetap semangat berjualan.

Untuk tetap mendapatkan rezeki, kakek tersebut lebih memilih bekerja. "Umur 99 tahun masih mau berusaha cari uang dengan ga minta-minta," tulis pengunggah video dalam keterangannya.

Dalam video terlihat kakek itu berjualan ditemani istrinya. Nenek tersebut terlihat duduk di pinggir trotoar.  Sementara itu, sang kakek tampak begitu luwes melayani pembelinya. 

Hal ini ternyata karena pendengaran sang kakek sudah berkurang. "Kenapa ditemenin, katanya pendengaran suaminya udah ga bagus," sebut pengunggah video.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi Berjualan

Bukan itu saja, ternyata kakek tersebut juga mengidap gangguan pernafasan. Terkadang si kakek itu mengalami sesak nafas. 

Banyak yang menanyakan tempat kakek dan nenek itu berjualan. Dari keterangan salah satu warganet yang meningalkan komentar pada unggahan itu diketahui kakek dan nenek itu berjualan di sekitar Jalan Guntur Sari Wetan, Buah Batu, Bandung, Jawa Barat.

Unggahan itu ramai dikomentari warganet. Mereka mendoakan yang terbaik untuk pasangan kakek nenek tersebut. "Sehat2 kakek sama nenek semoga rezekinya lancar," komentar seorang warganet. "Ya allah umur 99 masih kuat, ya allah sehatkanlah bapak ini."

Ada juga yang mengusulkan untuk melakukan donasi dan hasilnya diberikan pada kakek penjua lumpia itu. Usulan tersebut didukung pemilik akun.

Sampai berita ini ditulis, pemilik akun mengumumkan sudah terkumpul biaya sebesar Rp1,8 juta dan kemungkinan masih akan bertambah sebelum nanti diserahkan langsung pada yang bersangkutan. Unggahan itu sudah dilihat lebih dari 1 juta kali dan disukai lebih dari 210 ribu pengguna.

3 dari 4 halaman

Cerita Serupa

Cerita hampir serupa juga pernah viral Oktober lalu. Warganet dibuat terenyuh melihat video kakek penjual es kelapa yang diunggah akun TikTok @kita_berbagi2.

Meski sudah berusia 89 tahun, ia masih tetap berjualan setiap hari untuk menyambung hidup. Dalam salah satu unggahan, akun itu menyebutkan bahwa kakek penjual es tadi dengan sigap membuatkan pesanan pelanggan dari balik gerobak yang jadi sumber penghasilannya.

"Sedikit cerita tentang kakek penjual es kelapa 89 tahun. Beliau tinggal di kontrakan bersama sang istri. Beliau jualan dari jam 9 pagi sampai 4 sore. Ketika ditanya mengenai anak, beliau langsung menangis," tulis keterangan dalam video itu.

Anaknya ternyata sudah tiga tahun tidak pulang ke rumah. Pengunggah video menjelaskan bahwa kakek itu berjualan di sekitar Jalan Rawasari, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Ribuan warganet turut memberikan komentar sekaligus doa, serta semangat kepada sang kakek. Tak sedikit warganet yang ingin datang langsung untuk membantu kakek tersebut.

4 dari 4 halaman

3 Cara Jadi Pahlawan Pelindung Keluarga dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.