Sukses

Penampakan Toilet Umum Viral di Pom Bensin, Dilengkapi AC, TV, dan Air Hangat

Semua fasilitas toilet umum di pom bensin ini bisa dinikmati secara gratis, tapi...

Liputan6.com, Jakarta - Sekilas, tidak ada yang istimewa dari toilet umum di sebuah pom bensin di Kelantan, Malaysia ini. Namun, saat memasukinya, baru Anda akan paham mengapa fasilitas ini jadi viral di TikTok, baru-baru ini.

Di atas toilet, ada tanda yang menyatakan bahwa tempat itu "seperti surga di Bumi." Dijelaskan di klip singkat itu bahwa toilet umum yang dimaksud dilengkapi dengan televisi, pemanas air, dan AC.

Sementara gambar trofi Piala FA menghiasi bagian depan, dalamnya memperlihatkan desain berbeda. Ada keramik di dinding dan lantai dengan motif lain. Ruangan ini juga dilengkapi hiasan lain seperti bingkai dan bunga palsu.

Satu hal yang paling menonjol di toilet umum ini adalah meja rias emasnya. Ada juga sekotak obat tradisional di toilet, di samping banyak barang lain seperti telepon rumah, pengering rambut, dan radio.

Fasilitas tidak biasa di toilet umum ini disebutkan bisa dinikmati secara gratis. Namun, ada tanda  yang mengingatkan orang untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di dalam sehingga orang lain juga memiliki kesempatan untuk menggunakannya.

Saat artikel ini ditulis, rekaman toilet umum "premium" ini telah mencatatkan lebih dari 668 juta kali penayangan. "Dekorasinya mungkin tidak sesuai dengan selera semua orang, tapi ini terlihat bersih dan cukup nyaman," komentar seorang pengguna, sementara yang lain menyambung, "Kalau ada WiFi lebih enak lagi."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Transformasi Toilet Umum Jadi Kafe

Masih tentang toilet umum, fasilitas itu justru ditransformasikan jadi kafe modern di Woodland Road, Bristol, Inggris, lapor Mirror. Bernama Cloakroom Cafe, visualnya merupakan contoh perpaduan arsitektur bersejarah dengan desain modern.

Seorang penulis, Nia Dalton, mengunjungi kafe tersebut dan menyamakannya dengan perpaduan toilet Hogwarts dan Central Perk. Hogwarts merupakan nama sekolah sihir fiksi di serial cerita Harry Potter, sementara Central Perk merujuk pada kafe yang jadi salah satu latar tempat serial komedi laris Friends.

Toilet tersebut awalnya dibangun pada 1904. Kemudian pada 2017, Alfred Fitzgerald jatuh cinta dengan bangunan itu dan membelinya seharga 215 ribu pound sterling (Rp4,2 miliar). Kehadirannya merupakan bukti renovasi yang mempertimbangkan kecerdikan komersial modern.

Pasalnya, banyak fitur yang menentukan pada zamannya tetap dipertahankan untuk dibawa ke era modern. Ini jelas menentang anggapan ruang bersejarah yang tidak layak secara komersial untuk zaman modern.

3 dari 4 halaman

Toilet Umum Transparan yang Bikin Penasaran

Sebelum itu, toilet umum transparan, yang merupakan proyek Tokyo Toilet, Jepang, sudah sukses mencuri perhatian. Sesuai namanya, desain dinding transparan fasilitas umum itu jadi alasan di balik banyak atensi. Saat tak dipakai, publik bisa melihat jelas bagian dalam toilet umum tersebut.

Namun, saat pintu dikunci, kaca transparan yang jadi materialnya langsung buram. Dengan begitu, desainernya yang arsitek dari Shigeru Ban mengatakan, publik bisa melihat dulu apakah toilet benar bersih sebelum menggunakannya, catat SCMP.

Menurut Lonely Planet, bilik toilet umum transparan ini telah ditempatkan di Yoyogi Fukamachi Mini Park dan Haru-no-Ogawa Community Park di kawasan Shibuya, Tokyo. Dengan sentuhan kaca transparan berwarna oranye, merah, hijau, biru, dan ungu, toilet-toilet ini menambah kesan vibrant di area taman.

Karena pemilihan warna itu pula, saat malam, bilik toilet umum transparan ini punya manfaat lain. Warna yang dihasilkan karena pemilihan material menambah semarak suasana taman setelah matahari tenggelam.

4 dari 4 halaman

Infografis Ayo Skrining Pribadi Sebelum Keluar Rumah Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.