Sukses

Cegah Bekas Jerawat di Kulit dengan Pertolongan Pertama

Banyak orang merasa bingung, apa langkah pertama yang harus dilakukan ketika jerawat muncul.

Liputan6.com, Jakarta - Jerawat kerap muncul di kulit wajah pada waktu yang tidak terduga. Penyebabnya juga bermacam-macam, misalnya karena kebersihan kulit wajah yang kurang terjaga, pengaruh hormonal, atau dari faktor makanan yang menyebabkan peradangan kulit.

Peradangan ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit.  Jerawat biasanya tumbuh di kulit yang memiliki kelenjar minyak terbanyak, seperti wajah, leher, dada, dan punggung.

Pada dasarnya, jerawat bukan suatu penyakit yang berbahaya. Namun, jerawat harus segara ditangani agar tidak semakin meradang. Tidak jarang banyak orang yang merasa bingung, apa langkah pertama yang harus dilakukan ketika jerawat muncul.

"Jerawat merupakan kondisi umum yang bisa terjadi kepada siapapun. Pada usia remaja, jerawat lebih sering terjadi pada pria. Namun ketika dewasa, justru jerawat lebih banyak terjadi pada perempuan," jelas dr. Listya Paramita, Sp.KK dalam peluncuran virtual ElsheSkin "The Perfect Acne Duo", Kamis (11/11/2021)

"Bahkan berdasarkan riset, 86 persen perempuan mengalami jerawat setiap bulannya dan 32 persen perempuan mengalami jerawat setiap minggu. Jerawat itu seperti permasalahan rutin yang sering datang dan pergi, namun bukan berarti jerawat bisa disepelekan," lanjutnya.

Listya menambahkan, jerawat harus segera diatasi karena jerawat dapat meninggalkan bekas-bekas luka (acne scar), yaitu jaringan parut akibat penyembuhan jerawat yang tidak segera ditangani. Ada beberapa bahan yang dapat mempercepat penyembuhan jerawat, seperti tea tree, Galactosyl Salicylate, dan Centella Asiatica.

"Jadi kalau membeli produk untuk mengatasi jerawat, sebaiknya cari yang di dalamnya mengandung tiga bahan tersebut," terangnya. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jerawat Bisa Disembuhkan

Menurut Putri Pariwisata 2017 dan beauty enthusiast Karina Nadila, jerawat bukan sebuah kelemahan yang harus ditutupi dari kulit kita. "Bisa dibilang ini sebagai tanda bahwa kita harus merawat kulit lebih baik, karena jerawat bisa disembuhkan," ucap Karina

Jika saat ini kulit belum mengalami jerawat, ada baiknya tetap menjaga kebersihannya supaya jerawat tidak muncul. Namun untuk para pejuang jerawat, ElsheSkin memiliki dua pertolongan pertama pada masalah jerawat.

Pertama adalah ElsheSkin Blemish Relief Spot Care, yang membantu meredakan kemerahan jerawat yang sedang meradang dan beruntusan dengan cepat. Caranya, hanya dengan mengoleskannya pada area berjerawat.

Formulanya lembut di kulit, sehingga tidak menyebabkan kulit kering atau mengelupas. Produk ini juga aman bagi ibu hamil.

3 dari 4 halaman

Perhatikan Pola Hidup

Kedua adalah ElsheSkin Acne Care Serum yang berfungsi untuk mencegah jerawat muncul, mengurangi jumlah jerawat yang sudah ada, membantu memudarkan bekas jerawat, mengurangi rasa gatal serta kemerahan akibat jerawat. Serum ini juga bisa melembapkan kulit karena terdapat Galactosyl Salicylate, dan dapat digunakan oleh pemilik kulit sensitif.

Kedua produk tersebut sudah mendapat sertifikasi Halal serta diakui BPOM sehingga aman bagi kulit. Produk ini efektif bagi pria maupun perempuan. 

"Yang namanya jerawat kan tidak mengenal gender. Siapa saja bisa terkena jerawat dan untuk mengatasinya bisa dengan memakai produk yang cocok bagi pria dan wanita," jelas Listya.

Selain menggunakan Acne Spot dan Acne Serum untuk mengatasi jerawat, perlu diperhatikan juga pola makan dan gaya hidup. Penting pula menjaga kebersihan kulit supaya kulit terbebas dari jerawat membandel.

4 dari 4 halaman

5 Tips Cegah Jerawat Saat Pakai Masker Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.