Sukses

Selebgram Dihujani Kritik Akibat Berpose di Depan Peti Mati Ayahnya

Jayne Riverra, selebgram dibanjiri kritikan karena pamer foto dirinya di depan peti mati orangtuanya

Liputan6.com, Jakarta - Seorang influencer media sosial membela dirinya setelah dia dihujani kritik karena berbagi foto dirinya berpose di depan peti mati ayahnya yang terbuka. Dalam foto-foto tersebut, Jayne Rivera yang berusia 20 tahun mengenakan gaun blazer satu lengan hitam yang pas saat dia berdiri di dekat peti mati ayahnya, yang dihiasi dengan bendera Amerika. Dia berpose dengan tangan berdoa dalam satu foto.

Rivera, dari Florida, mengatakan kepada NBC News dalam sebuah wawancara bahwa dia "memahami penerimaan negatif," tetapi mengklarifikasi bahwa foto-foto itu diambil "dengan niat terbaik dengan cara yang akan disetujui ayah saya seandainya dia masih hidup."

"Setiap orang menangani kehilangan orang yang dicintai dengan cara mereka sendiri; beberapa lebih tradisional sementara yang lain mungkin dianggap tabu," kata pembuat konten dalam sebuah pernyataan, baru-baru ini. "Bagi saya, saya memperlakukan perayaan itu seolah-olah ayah saya berada tepat di sebelah saya, berpose di depan kamera seperti yang telah dia lakukan pada banyak kesempatan sebelumnya."

Rivera mengatakan dia mengunggah foto-foto itu di Instagram pada hari yang sama ketika mereka diambil, pada Minggu, lebih dari seminggu setelah ayahnya meninggal pada 11 Oktober 2021. "Kupu-kupu terbang jauh. Rip Papi kamu adalah sahabat terbaikku. Kehidupan yang dijalani dengan baik,” Rivera mengkonfirmasi dia menulis di pos.

Foto-foto itu menimbulkan reaksi cepat di media sosial. "Sudahkah saya menyebutkan masalah budaya narsis dan performatif," tulis seorang pengguna Twitter.

Orang lain berkicau, "Apakah memiliki anak benar-benar berharga?" Rivera membela keputusannya untuk mengunggah foto, dengan mengatakan, "Tidak ada yang salah dengan apa yang saya unggah, dan saya mendukungnya."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Celaan

Sementara banyak yang mencela keputusannya untuk membagikan foto-foto itu di media sosial, beberapa mencatat bahwa protes itu sama tidak sensitifnya dengan postingan itu sendiri.

"Bukan apa yang akan saya lakukan, meskipun kesedihan adalah hal yang aneh," tulis seorang pengguna Twitter. "Mungkin membuat gadis ini bersemangat pada hari pemakaman ayahnya adalah hal yang bisa Anda pilih untuk tidak dilakukan."

Karena dia adalah "influencer penuh waktu," Rivera menjelaskan ayahnya secara teratur ditampilkan dalam cerita Instagram-nya dan merasa pantas bagi pengikutnya untuk mengetahui bahwa dia telah pergi.

"Saya telah bekerja sangat keras selama delapan tahun untuk membangun audiens saya," katanya. "Orang-orang dari luar menilai sebuah buku dari sampulnya tanpa henti untuk memahami maksud atau makna yang mendasari buku tersebut."

3 dari 4 halaman

Dinonaktifkan Instagram

Dia juga mengklaim bahwa Instagram telah menonaktifkan akunnya "tanpa alasan yang diberikan," menambahkan dia menjangkau aplikasi berbagi foto untuk kejelasan karena dia mengatakan "tidak ada pedoman komunitas yang dilanggar ketika foto-foto itu diterbitkan."

Instagram tidak segera menanggapi permintaan komentar. Akun Instagram-nya tidak tersedia pada Rabu  sore  lalu, tetapi akun TikTok-nya, yang telah mengumpulkan lebih dari 300.000 pengikut, masih aktif.

"Orang-orang akan tidak setuju, bagaimanapun juga, dan saya sudah terbiasa dengan itu. Saya seorang Rivera, dan saya tahu ayah saya bangga dengan saya dan bagaimana hasilnya," katanya. "Dia tidak akan dilupakan."  Ayah Riverra, Jose Antonio Rivera, meninggal pada 11 Oktober — dua hari setelah ulang tahunnya yang ke-56.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Jerawat Saat Pakai Masker Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.