Sukses

6 Kesalahan Diet yang Bisa Anda Lakukan, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Menurut teori, berolahraga dan mengurangi makanan Anda seharusnya mengarah pada penurunan berat badan. Tetapi, seorang ahli memperingatkan bahwa ini tidak selalu terjadi.

Ahli gizi dari Instant Knockout Inggris, David Stache, mengatakan ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin tidak mendapatkan penurunan berat badan yang diinginkan. Ia mengungkapkan ada enam hal yang perlu Anda perhatikan dan bagaimana cara kembali ke jalur dengan penurunan berat badan Anda, seperti dilansir dari laman The Sun, Sabtu, 16 Oktober 2021.

 

1. Pilihan Makanan yang Buruk

David mengingatkan tentang pentingnya tujuan Anda. Apakah tujuannya menurunkan berat badan, menambah massa otot atau memperbaiki kondisi kesehatan tertentu, maka diet Anda harus mengikutinya.

"Anda bisa bekerja tanpa lelah di gym, tetapi jika Anda tidak mengisi tubuh Anda dengan semua nutrisi dan kalori yang tepat, Anda tidak akan melihat hasilnya," kata David.

Latihan rutin adalah salah satu bagian dari teka-teki untuk membantu penurunan berat badan. Diet sehat adalah aspek besar lainnya untuk mendukung tujuan Anda dan akan memainkan peran besar dalam membantu Anda mendapatkan hasil yang ingin Anda capai.

Jika Anda kesulitan membuat pilihan kesehatan, David menyarankan untuk mencari suplemen. Ia menyarankan suplemen yang menggabungkan bahan pembakar lemak esensial dan peningkatan kinerja untuk mempercepat metabolisme, mengurangi rasa lapar dan meningkatkan tingkat energi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Latihan Berat

Media sosial saat ini penuh dengan orang-orang yang memamerkan rutinitas olahraga mereka, jadi tidak heran kita merasa seolah-olah kita harus berolahraga seperti atlet untuk tetap bugar. Tetapi, David mengatakan bahwa Anda mungkin benar-benar bekerja terlalu keras di gym.

Dia berkata, "Berlatih keras di lantai gym adalah pertanda bagus bahwa Anda memberikan semua yang Anda bisa untuk rezim baru Anda, tetapi jika Anda dibiarkan terpaku pada kursi Anda setelah sesi latihan membuat tak berdaya, Anda mungkin berlatih terlalu keras."  

"Ingat, hasil tidak terjadi dalam semalam, dan pelatihan cerdas jauh lebih penting daripada harus merangkak keluar dari gym," imbuhnya.

3. Kurang Tidur

David mengatakan bahwa kurang tidur dapat secara drastis menyabotase hasil latihan Anda. Alasannya adalah karena kurang tidur membuat Anda lebih sulit untuk memiliki energi yang cukup untuk berlatih dan dapat memaksa Anda untuk mulai melewatkan sesi.

"Kurang tidur juga dapat memengaruhi hormon yang mengendalikan nafsu makan, membuat Anda lebih cenderung makan camilan tidak sehat dan manis yang akan membatalkan semua upaya yang telah Anda lakukan di gym. Anda harus meluangkan waktu sekitar 7--9 jam setiap malam untuk hasil yang optimal," ujar dia.

Untuk mempromosikan tidur yang lebih dalam dan lebih damai, Anda dapat mencoba mandi air panas sebelum tidur, dan hindari menggunakan perangkat elektronik apa pun dalam waktu satu jam sebelum Anda mencoba untuk tidur.

3 dari 4 halaman

4. Terpatok pada Timbangan Badan

David menyoroti bahwa meskipun Anda harus memantau kemajuan latihan, tetapi tidak semuanya didasarkan pada hasil timbangan. Dia mengatakan Anda tidak boleh menerima begitu saja manfaat kesehatan lain yang datang dengan diet yang baik dan olahraga teratur.

Dia berkata, "Olahraga dapat sangat meningkatkan tingkat energi, kesehatan mental, mobilitas, dan bahkan tidur - tidak ada yang harus diterima begitu saja. Terlalu memaksakan diri dan membatasi kalori Anda untuk mengurangi timbangan bisa lebih merugikan. Memaksa diri Anda hingga kelelahan dapat berdampak negatif pada hasil Anda."

"Ingat, tubuh Anda perlu istirahat untuk memulihkan dan memperbaiki dirinya sendiri, jadi jangan pernah melewatkan hari istirahat. Anda akan merasa lebih berenergi dan siap untuk pergi lagi untuk sesi berikutnya, yang akan menghasilkan lebih banyak daripada jika Anda berlebihan," katanya.

5. Hanya Andalkan Diri Sendiri

David mengatakan kesalahan penurunan berat badan utama yang sering dilakukan orang adalah mereka berpikir bahwa mereka harus dan dapat melakukan semuanya sendiri dan menjadi sukses dalam jangka panjang. Kenyataannya, katanya, adalah ketika mencoba mencapai tujuan penurunan berat badan, Anda memerlukan dukungan dari orang-orang di sekitar untuk membantu Anda tetap di jalur.

"Tidak ada yang lebih buruk daripada menyeret diri Anda ke gym sendiri ketika Anda tidak ingin dan pergi makan dengan teman-teman yang semuanya menikmati makanan mereka sementara Anda sedang diet. Jika Anda benar-benar ingin mencapai tujuan Anda, Anda harus melakukannya dengan orang lain yang akan memotivasi Anda untuk sukses," imbuh dia.

6. Tak Pantau Kemajuan

Dalam hal melihat hasil dan kemajuan, konsistensi adalah salah satu hal utama, kata David. Namun jika tidak memantau kemajuan, Anda tidak akan pernah tahu di mana ada celah untuk ditingkatkan atau apa yang Anda lakukan dengan baik.

 "Aturan yang baik di sini adalah meninjau latihan Anda sebelumnya saat Anda merencanakan sesi berikutnya, dengan cara ini Anda menetapkan harapan tentang apa yang seharusnya Anda capai," kata dia.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar