Sukses

Ridwan Kamil Bagikan Tips Hilangkan Bau Mulut Usai Makan Petai dan Jengkol

Ridwan Kamil membagikan tips mengatasi bau jengkol pada Erick Thohir saat mereka makan bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil suka membagikan berbagai tips dan informasi ringan dan menarik di media sosial. Yang terbaru, ia membagikan infornasi seputar jengkol dan petai yang ternyata termasuk makanan favoritnya.

Meski rasanya nikmat, petai dan jengkol juga punya bau khas yang bisa menganggu. Karena menyukai keduanya, pria yang akrab disapa Kang Emil ini punya trik jitu untuk mengatasinya.

Ia pun membagikan tips mengatasi bau mulut usai menyantap jengkol dan petai. Kang Emil membagikannya unggahan reels di akun Instagramnya pada 10 Oktober 2021.

Hal itu bermula saat dirinya dan Menteri BUMN Erick Thohir menyantap jengkol yang disediakan saat jamuan bersama. Kang Emil menyediakan jengkol sebagai menu spesial saat Erick berkunjung ke rumah dinasnya di Bandung, Jawa Barat.

Dalam momen yang juga diunggah ke Instagram tersebut, mereka terlihat menikmati jengkol bersama-sama, dan terlihat pula ekspresi aneh saat Erick harus menyantap jengkol bulat-bulat. Setelah itu, Kang Emil pun membagikan tips pada Erick untuk mengatasi bau jengkol dan petai.

"2 sendok kecap manis, itulah cara jenius hilangkan aroma jengkol dan petai," tulis Kang Emil dalam keterangan video. Ia mengatakan, aroma jengkol dan petai bisa hilang dalam hitungan menit jika setelahnya ditutup dengan mengonsumsi dua sendok kecap manis.

"Aman sampai negeri toilet. Rahasia itulah yang saya sampaikan ke pak Erick Thohir saat jamuan makan siang di gedung Pakuan. Pak Erick begitu lahap, jengkol habis setengah piring," tulisnya lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tradisi Keluarga

Tips menghilangkan aroma jengkol dan petai ini ternyata berasal dari tradisi keluarga istrinya, Atalia Praratya, yang katanya sudah dilakukan selama puluhan tahun. "Tips rahasia ini datang dari tradisi keluarga Bu cinta @ataliapr selama puluhan tahun dalam menikmati masakan Sunda juara dunia ini," lanjut Kang Emil.

Unggahan itu berhasil menarik banyak perhatian warganet dan memberikan beragam komentar.  "ketika maaf buang angin apa menghilang juga baunya pak?" tanya seorang warganet.

"Kalo ditutup dengan semangkok bakso dan mie ayam apakah ilang pak?? Mohon pencerahannya," tanya warganet lainnya. Unggahan Kang Emil tersebut, sampai berita ini ditulis sudah ditonton lebih dari 1,4 juta kali dan disukai lebih dari 55 ribu kali.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jengkol dan Petai

Di balik aromanya yang tajam, manfaat jengkol bagi kesehatan ternyata cukup menakjubkan. Manfaat didapat dari kandungan nutrisinya seperti protein, zat besi, kalsium, dan sejumlah vitamin. Jengkol termasuk suku polong-polongan yang dimanfaatkan buahnya.

Meski telah banyak klaim tentang manfaat jengkol, ada baiknya jika mengonsumsi olahan ini dalam jumlah sedang. Ini karena terlalu banyak mengonsumsi jengkol akan menyebabkan keracunan. Manfaat jengkol ini dapat berupa pencegahan dan pemulihan penyakit.  Jengkol biasanya diolah menjadi berbagai hidangan seperti semur, balado atau direbus.

Begitu juga dengan petai. Sebuah penelitian menyarankan untuk makan petai agar tetap sehat. Tidak hanya enak diolah pada hidangan tertentu, ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan kaya akan nutrisi dan antioksidan.

Dilansir dari laman klfoodie.com, ada sejumlah manfaat petai bagi kesehatan. Salah satunya adalah membantu meringankan depresi.Petai merupakan salah satu kacang-kacangan yang termasuk trytophan, sejenis protein yang akan diubah menjadi bahan kimia bahagia yang disebut serotonin.

Ini akan meningkatkan mood dan membantu Anda untuk lebih rileks. Mengonsumsi petai juga akan menurunkan kadar glukosa darah dalam tubuh Anda. Hal ini pun sering digunakan sebagai pengobatan diabetes alami.

 

Kalau enggak sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.