Sukses

Ini Cara Merawat Pisau Biar Tidak Mudah Berkarat

Pisau merupakan alat memasak yang sering digunakan. Dengan menggunakan pisau, urusan untuk memotong dan mengiris semakin mudah.

Liputan6.com, Jakarta Pisau merupakan alat memasak yang sering digunakan. Dengan menggunakan pisau, urusan untuk memotong dan mengiris semakin mudah.

Namun, jika tidak dirawat, pisau akan mudah berkarat. Alhasil, pisau tidak bisa digunakan lagi. Agar terhindar dari berkarat, berikut tips merawat pisau yang benar.

Selalu bersihkan usai digunakan

Banyak orang yang sembarang menaruh pisau setelah digunakan. Padahal, hal itu bisa membuat pisau berkarat karena masih menempelnya noda-noda bahan makanan.

Agar terhindar dari pisau berkarat, setidaknya selalu cuci pisau dengan air mengalir. Agar lebih maksimal, kamu bisa juga mencuci pisau dengan air hangat agar noda pada pisau hilang dengan cepat.

Taruh secara terpisah

Banyak yang masih menaruh pisau digabung dengan alat makan lainnya, seperti sendok dan garpu. Padahal, hal itu bisa menyebabkan pisau berkarat karena sering bergesekan dengan alat lainnya.

Rutin mengasah pisau

Biar lebih tajam dan tidak tumpul setidaknya kamu perlu mengasah pisau. Sebelum mengasah pisau ada baiknya dicuci terlebih dahulu agar kotorannya hilang. Kamu bisa mengasah pisau setiap kali pakai atau 2 hari sekali biar pisau tetap tajam.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.