Sukses

Beatrice Luigi Gomez, Finalis Biseksual yang Bawa Pulang Mahkota Miss Universe Filipina 2021

Liputan6.com, Jakarta - Kontes kecantikan Miss Universe Filipina 2021 yang digelar pada 30 September 2021 di Bohol, Filipina dimenangkan wakil Kota Cebu, Beatrice Luigi Gomez. Melansir Rappler, Selasa (5/10/2021), kemenangan dara 26 tahun tersebut disebut membawa gebrakan baru bagi komunitas LGBTQ+.

Pasalnya, perempuan yang akrab disapa Bea ini merupakan finalis biseksual pertama yang berhasil memenangkan mahkota kompetisi kecantikan bergengsi itu. Bea tidak menyembunyikan hubungan dengan pacarnya, Kate Jagdon, dan orientasi seksualnya selama kontes berlangsung.

Itu bahkan sudah dilakukannya sejak berpartisipasi dalam Binbining Cebu 2020. Pada ajang tersebut, Bea memukau para juri ketika ditanya bagaimana ia dapat terus menginspirasi orang lain, sementara dirinya juga sedang merasa sedih dan tidak bersemangat.

"Sangat jelas bahwa kita semua mengalami kesulitan selama pandemi, tapi itu bukti bahwa kita mampu untuk bangkit, dan jika terjadi sesuatu pada saya selama masa periode ini, saya tidak akan menyerah dan tetap menginspirasi orang lain dengan mengatasi masalah yang sedang saya hadapi, serta menginspirasi mereka bahwa apa pun yang Anda alami, Anda pasti dapat mengatasinya," katanya.

Sebelum bersinar di dunia kecantikan, Bea merupakan seorang atlet voli di universitasnya dan terjun ke dunia modeling pada 2010 untuk membantu keuangan keluarganya. Perjalanan karier Bea di ajang kontes kecantikan juga sudah mencatat beberapa langkah.

Pada 2015, ia keluar sebagai runner-up kedua kontes Miss Mandaue. Kemudian pada Januari 2020, Bea dinobatkan sebagai pemenang Binibining Cebu 2020.

Ratu Binibining Cebu saat itu, Steffi Rose Aberasturi, memberikan mahkotanya pada Bea. Keduanya kemudian bersaing di kontes Miss Universe Filipina 2021, yang merupakan kontes kecantikan ketiga untuk Bea.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Terlibat dalam Aksi Sosial

Bea mengaku tidak menyangka bisa bergabung dengan kontes kecantikan nasional secepat ini. "Tuhan memiliki keterampilan untuk menuntun Anda ke jalan yang tidak terduga ketika tidak mengharapkannya," tuturnya.

Pada babak awal, Bea memenangkan tantangan perkenalan dan memperoleh ranking enam pada babak wawancara. Pada malam penghargaan, Bea juga memenangi beberapa penghargaan, termasuk Best in Evening Gown dan Best in Swimsuit.

Bea turut mendirikan organisasi BEYouthfulPH. Melansir The Smart Local, itu merupakan organisasi yang memberi kesempatan kedua pada anak-anak dan remaja pelanggar hukum untuk berubah jadi warga negara yang baik.

Dalam organisasi ini, ia membantu mengorganisir penggalangan donasi dan mengadakan klinik olahraga guna mempromosikan gaya hidup sehat, menanamkan disiplin, dan pembentukan karakter. Di samping, Bea juga merupakan anggota cadangan marinir angkatan laut.

 

3 dari 4 halaman

Pecandu Adrenalin

Jika tentara sedang menghadapi konflik atau bencana, ia dapat dipanggil untuk bertugas. Bea mulai bergabung dengan Latihan Dasar Militer bagi Warga pada Januari 2021 di bawah Batalyon Marinir ke-82 Pusat Cadangan Angkatan Laut Visayas Timur. Latihan dasar ini melibatkan latihan daya tahan diri, pelatihan pertolongan pertama, dan latihan menembak.

Dalam video perkenalannya di Miss Universe Filipina 2021, Bea bercerita bahwa dirinya merupakan seorang pecandu adrenalin, dengan tinju dan scuba diving sebagai olahraga favoritnya. Selain itu, ia juga pernah mencoba latihan menembak menggunakan airsoft gun dan wakeboarding.

Baru-baru ini, Bea telah menyelesaikan lari maraton pertamanya sejauh 42 kilometer (km) yang diadakan untuk mendukung anak-anak terdampak konflik bersenjata di Negros, Filipina. Dalam videonya, ia menyebutkan pula bahwa seni bela diri campuran sebagai kegemarannya. (Gabriella Ajeng Larasati)

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan COVID-19