Sukses

Usia Muda Tapi Tumbuh Uban? Cek, Ini Penyebabnya!

Ternyata ketika kamu terbebani oleh banyak pekerjaan atau masalah, hingga menyebabkan stres juga berpotensi menyebabkan rambutmu lebih cepat mengalami perubahan warna.

Liputan6.com, Jakarta Umumnya ketika memasuki usia 40 tahunan, rambut putih alias uban mulai muncul. Kemunculan uban di usia tersebut terjari karena rambut kehilangan melanosit atau sel pigmen di folikel rambut.

Tapi apa penyebabnya, jika uban lebih dulu muncul sebelum usia 40-an? Kamu mengalaminya juga? Mengutip laman Healthline, Asisten Profesor Dermatologi di Columbia University of Medical Center di New York, Lindsey A Bordone menjelaskan bahwa uban yang muncul di usia disebabkan karena beberapa hal.

Pertama disebabkan karena genetik. Coba tanyakan ke kedua orangtuamu apakah mereka pernah mengalami rambut beruban di usia muda. Jika salah satu pernah mengalaminya, bisa jadi kamu mengikuti genetik dari orangtuamu.

Selain itu, faktor lain karena kebiasaan yang nggak sehat, seperti merokok. Yup, ternyata merokok dapat mempercepat perubahan warna dan membuat rambut jadi lebih cepat beruban. Hal itu diungkapkan dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2013 dan dipublikasikan di Indian Dermatology Online Journal.

Dalam studi itu, ada 207 peserta dan perokok yang merokok 1-70 batang per tahun, berusia 18-65 tahun. Setelah melewati beberapa rangkaian proses studi diketahui paling banyak uban muncul pada usia 31 tahun dan seperempatnya beruban di usia 25 tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Lain Uban Muncul di Usia Muda

Nggak cuma itu aja lho. Ternyata ketika kamu terbebani oleh banyak pekerjaan atau masalah, hingga menyebabkan stres juga berpotensi menyebabkan rambutmu lebih cepat mengalami perubahan warna. Itu terjadi karena ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh.

Alhasil, jaringan dan protein dalam tubuh rusak. Pakar Kesehatan dari Arizona, Kasey Nichols menjelaskan bahwa peningkatan orang beruban, 10 persennya adalah mereka yang berusia 30 tahunan.

Faktor penyebab lainnya adalah kurang vitamin, seperti asam lemak Omega-3, vitamin B12, dan vitamin B6. Kekurangan protein, tembaga, dan zink juga berkontribusi terhadap munculnya uban lebih cepat. 

Nah meski uban nggak bisa dicegah pertumbuhan atau perubahan warnanya, namun kamu tetap bisa memberikan yang terbaik untuk kesehatan rambutmu kok!

Kamu bisa memulainya sekarang, untuk menjaga rambut tetap hitam dan sehat terawat. Caranya dengan rutin membersihkan rambut dengan shampo dan kondisioner yang terbaik vitamin E, Pro-V, dan antioksidan di dalamnya dapat membantu menjaga hitam alami rambut dan merawat rambut dari kerusakan UV.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.