Sukses

BTS Resmi Jadi Pemegang Paspor Diplomatik Korea Selatan, Apa Saja Kelebihannya?

Liputan6.com, Jakarta - Belum jua reda euforia pengumuman kolaborasi BTS dan Coldplay melalui lagu My Universe, RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook sudah kembali "menggoda" penggemar dengan tonggak pencapaian lain. Pemegang Group of the Year MTV Video Music Awards (VMA) 2021 ini memastikan diri sebagai pemegang paspor diplomatik Korea Selatan.

Melansir allkpop, Selasa (14/9/2021), ketujuh member BTS menemani Presiden Korea Selatan Moon Jae In menghadiri upacara pemberian sertifikat di Blue House, Seoul, pagi ini. Juli lalu, Presiden Moon mengumumkan keputusannya menunjuk BTS sebagai Special Presidential Envoys for Future Generation and Culture.

Selain paspor diplomatik, pada kesempatan itu, masing-masing anggota grup yang debut lewat lagu No More Dream ini juga menerima sertifikat peran baru mereka, serta pulpen Blue House. Mengutip Travel Freedom, paspor diplomatik Korea Selatan memungkinkan pemegangnya, termasuk BTS, bepergian ke 199 negara/wilayah tanpa visa.

Paspor tersebut menempati peringkat ke-3 dunia. Visa umumnya diperlukan pemegang paspor diplomatik Korea Selatan hanya untuk pergi ke negara-negara seperti Ghana, Sudan, Libya, Yaman. Afghanistan, Bhutan, Kuba, dan Nigeria. 

CNBC melaporkan, paspor diplomatik dikeluarkan hanya untuk individu tertentu yang ingin bepergian ke luar negeri dalam urusan resmi pemerintah. Biasanya, paspor ini dikeluarkan untuk diplomat dan pekerja konsul yang ditempatkan di luar negeri, serta individu yang dipekerjakan pemerintah yurisdiksi tertentu.

Keuntungan bagi pemegang paspor diplomatik sebenarnya bervariasi dari satu negara ke negara lain. Namun secara umum, ada beberapa benefit yang bisa dinikmati. Pertama, pemegang paspor dapat menggunakan jalur diplomatik bandara dan tidak akan dikenakan penundaan waktu dan pemeriksaan pelanggan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Nikmati Pembatasan Visa dengan Lebih Mudah

Kemudian, di bawah hukum internasional, pemegang paspor menikmati kekebalan diplomatik. Mereka juga dibebaskan dari pajak yang mungkin timbul dari perjalanan, baik di darat maupun udara. Pemegang paspor ini juga menikmati gerakan dan aktivitas lebih luwes secara internasional, dengan persyaratan imigrasi di bandara berkurang secara signifikan.

Diplomatic Consulting mencatat bahwa pemegang paspor ini juga menikmati pembatasan visa yang lebih mudah. Juga, memungkinkan mereka menikmati upgrade perjalanan pada maskapai penerbangan dan hotel.

Pemegang paspor diplomatik bebas dari kewajiban pajak atas penghasilan dari luar negara tuan rumah. Seorang diplomat yang tidak hanya menegaskan penerimaan penunjukan diplomatik, tapi juga memperoleh paspor diplomatik, tidak perlu membayar pajak atas penghasilan yang berasal dari negara atau negara lain, selain negara tuan rumah.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Diplomatik ke Amerika

Dalam kasus BTS, mereka dijadwalkan menemani Presiden Moon sebagai utusan diplomatik dalam perjalanan ke Amerika Serikat pada 19--23 September 2021. Selama perjalanan ini, BTS akan menghadiri Sidang Umum PBB ke-76 sebagai honorary speakers, menyampaikan pesan harapan pada kaum muda di seluruh dunia.

Ini sudah disinggung leader grup itu, RM, dalam siaran langsung perayaan ulang tahunnya, Senin, 13 September 2021. "Ya, ketika kami mengunjungi AS, kami akan melakukan sesuatu yang menyenangkan," kata idol yang genap berusia 27 tahun pada 12 September 2021 itu.

Ini sebenarnya bukan kesempatan perdana bagi BTS. Pada 2018, mereka telah menghadiri acara serupa untuk pertama kalinya sebagai tamu khusus UNICEF. Di sini, RM membacakan pidato yang sekarang terkenal sebagai bagian dari kampanye Love Myself BTS, catat Koreaboo.

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Kelola Masker COVID-19 Bekas Pakai