Sukses

Segenggam Rambut Elvis Presley Terlelang Rp1 Miliar

Segenggam rambut Elvis Presley ini dijelaskan sebagai spesimen berukuran besar yang belum pernah dijual selama hampir 20 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Segenggam rambut penyanyi legendaris Elvis Presley dilaporkan terjual dalam sebuah lelang. Berukuran sebesar bola baseball dan disimpan dalam stoples, rambut ini terjual senilai 72,5 ribu dolar Amerika Serikat (AS) (Rp1 miliar), lapor CNN, Kamis (9/9/2021).

Rambut ini katanya dikumpulkan seorang tukang cukur langganan pelantun lagu Burning Love tersebut. "Koleksi rambut ini diselamatkan dari potongan rambut Presley oleh tukang cukur pribadinya Homer Gilleland selama bertahun-tahun," kata perusahaan lelang Kruse GWS.

Keberadaannya disebut "mewakili koleksi rambut Elvis terbesar dan terdokumentasi dengan baik di dunia." "Ini bukan seikat rambut yang biasanya Anda temukan, tapi spesimen berukuran besar yang belum pernah dijual selama hampir 20 tahun," tambahnya.

Barang tersebut disertai sertifikat asal, serta surat dan sertifikat keaslian yang semuanya dikeluarkan Regents Gallery, kata juru lelang. Sorotan lelang lainnya juga termasuk jumpsuit Presley yang dikenakan untuk penampilannya di Madison Square Garden pada 1972, catat Manila Bulletin.

Potongan mode ini terjual dengan rekor 1.012.500 dolar AS (Rp14 miliar). Ada pula helm balap yang dikenakan Parsley dalam film Viva Las Vegas seharga 23.750 dolar AS (Rp339 juta), serta jas tuksedo Frankie & Johnny-nya seharga 75 ribu dolar AS (Rp1,070 miliar).

Dalam daftar itu juga ada sepatu bot pribadi yang dikenakan Elvis Presley di panggung seharga 28.750 dolar AS (Rp410 juta), serta lembaran musik dari Comeback Special 1968-nya seharga 15ribu dolar AS (Rp214 juta). Terakhir, sabuk elang kustom Presley juga terlelang seharga 25ribu dolar AS (Rp357 juta).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Hanya Elvis Presley

Tidak hanya Elvis Presley, lelang "benda-benda ganjil" milik para musisi terkenal sebenarnya cukup sering berlangsung. Salah satunya "coretan aneh" mendiang pentolan The Beatles, John Lennon, beberapa bulan lalu.

The Sun melaporkan, coretan karya suami Yoko Ono ini jadi hit karena koleksi memorabilia The Beatles rusak parah. Itu adalah salah satu dari dua "coretan aneh" Lennon yang bersama-sama menghasilkan 9.563 pound sterling (Rp189 juta) dalam sebuah lelang.

Item dari tahun-tahun band pelantun lagu Please Please Me ini menjejak di Hamburg, Jerman termasuk surat untuk fotografer Astrid Kirchherr. Izin kerja Lennon untuk kunjungan ke kota bernilai 137.750 pound sterling (Rp2,7 miliar).

Sebuah surat dari Lennon dijual seharga 50.250 pound sterling (Rp992 juta), sedangkan foto-foto The Beatles yang tiba di bandara Hamburg pada Juni 1962 dijual seharga 12.750 pound sterling (Rp252 juta). Koleksi tersebut terjual dengan total 383.823 pound sterling (Rp7,6 miliar) oleh juru lelang Bonhams di London pada Rabu, 5 Mei 2021.

3 dari 4 halaman

Helaian Rambut Kurt Cobain

Sebelumnya, melansir Hypebeast, enam helai rambut Kurt Cobain juga terjual dalam sebuah lelang. Pemenang tawaran itu membayar total 14.145 dolar AS (Rp203 juta) untuk benda tersebut.

Iconic Auctions, rumah lelang yang menjualnya, menyatakan bahwa bagian terpanjang helaian rambut tersebut hanya sekitar enam sentimeter. Helaian rambut tersebut didapat saat Cobain dan anggota lain band Nirvana berada di tur Bleach pada Oktober 1989.

Helaian rambut tersebut dilengkapi gambar potongan rambut yang menunjukkan Cobain bersama temannya, Tess Osbourne. Ia merupakan orang yang memotong rambut Cobain dan menyimpannya di dalam tas.

Potongan rambut tersebut kemudian diberikan pada artis Seattle Nicole DePolo setelah kematian Cobain. Dari sana, rambut tersebut kemudian jatuh ke tangan John Reznikoff, pemegang rekor Guinness untuk koleksi rambut bersejarah.

4 dari 4 halaman

Infografis Pakai Tali Strap di Masker, Apa Risikonya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.