Sukses

7 Faktor Ini Bisa Jadi Penyebab Rambut Berminyak Setelah Keramas

Selain produksi sebum berlebihan, ada beberapa hal lagi yang bisa jadi penyebab rambut berminyak setelah keramas.

Liputan6.com, Jakarta Merasakan rambut masih berminyak setelah keramas bisa menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan. Bukannya merasa segar dan nyaman, malah rambut masih terasa lepek dan mengganggu. Padahal harus segera berangkat kerja atau melakukan aktivitas di luar rumah.

Sebenarnya, apakah yang menyebabkan rambut masih berminyak setelah keramas?

Melansir Medical News Today, rambut yang terlalu berminyak bisa disebabkan oleh seborrhea. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar sebaceous memproduksi minyak (sebum) berlebih. Hal ini membuat kulit kepala lebih berminyak. Selain kondisi seborrhea, masih ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya minyak berlebih setelah keramas.

Dikutip dari KlikDokter, dr. Arina Heidyana mengatakan ada banyak kemungkinan penyebab rambut berminyak setelah keramas. “Bisa jadi karena kurang bersih saat keramas, terlalu banyak menggunakan kondisioner, terlalu sering keramas, atau memang gampang berminyak akibat hormon,” tuturnya.

Berikut ini adalah beberapa penyebab lain rambut berminyak setelah keramas.

1. Jenis Rambut

Penyebab rambut berminyak pertama bisa dilihat dari jenis rambutnya. Rambut lurus cenderung terlihat berminyak daripada rambut keriting atau tebal. Hal ini karena sebum dari kulit kepala dapat lebih mudah menutupi seluruh helai rambut yang lurus atau tipis.

2. Produk Rambut Berminyak

Rambut berminyak berasal dari produk rambut berminyak tentu tak bisa terbantahkan. Oleh karena itu, saat menggunakan produk rambut berminyak pastikan dibilas dengan sempurna. Sehingga produk tersebut tidak menyebabkan penumpukan minyak, sel-sel kulit, dan keringat di rambut.

3. Pemakaian Kondisioner

Selain sampo, pemakaian kondisioner juga perlu diperhatikan agar produksi minyak di rambut cukup sehingga terjaga kelembabannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Barang-barang yang dipakai

Rambut berminyak juga bisa berasal dari barang-barang yang sering kamu gunakan untuk rambut. Misalnya handuk, sisir, topi dan penutup kepala lainnya.

5. Salah saat menata rambut

Penyebab rambut berminyak selanjutnya adalah kebiasaan yang salah saat menata dan memperlakukan rambut. Seperti, tidak mengeringkan rambut dengan tepat hingga mendiamkan rambut  Rambut basah yang dibiarkan dalam waktu lama akan membuat akar rambut menjadi tidak maksimal sehingga menyebabkan rambut berminyak.

3 dari 3 halaman

6. Faktor lingkungan

Lingkungan bisa mempengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala. Salah satunya adalah polusi udara. Polusi udara menyebabkan kulit kepala berminyak, selain itu juga bisa menjadi akar masalah kulit lainnya seperti gatal dan ketombe.

7. Pola Makan

Makanan dengan nutrisi yang kurang baik juga bisa berpengaruh pada seluruh bagian tubuh, termasuk kulit kepala dan menyebabkan rambut berminyak.

Produk susu dan diet tinggi glikemik dapat mempengaruhi hormon androgen. Hormon tersebut rupanya dapat mempengaruhi seberapa banyak sebum yang dihasilkan oleh kulit. 

Selain itu, makanan cepat saji, karbohidrat sederhana dari makanan olahan hingga daging berlemak juga bisa menjadi sumber masalah rambut berminyak.

Itulah beberapa penyebab rambut berminyak setelah keramas yang perlu diketahui. Perawatan untuk rambut berminyak tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Ubah kebiasaan perawatan rambut yang masih keliru, misalnya bersihkan rambut dan kulit kepala dengan benar usai keramas dan menggunakan kondisioner dengan tepat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini