Sukses

Cicipi Rendang Malaysia, Katy Perry Terbatuk-batuk

Liputan6.com, Jakarta - Apa reaksi Katy Perry setelah mencicipi rendang? Sayangnya bukan rendang buatan Indonesia, penyanyi asal Amerika Serikat (AS) itu mencoba rendang dari Malaysia.

Tak bisa dipungkiri jika paduan bumbu yang kaya di dalam rendang menciptakan sensasi rasa yang sulit untuk dilupakan. Katy Perry pun berkesempatan untuk mencicipi rendang khas Malaysia saat ia tampil di Master Chef Australia Season 12.

Saat itu, Katy Perry yang sedang hamil datang sebagai juri tamu, seperti dilansir dari laman Hype.my, 21 Juli 2021. Video lengkapnya juga bisa dilihat di kanal Youtube 'Lifetime Asia'.

Di episode tersebut, tema yang diangkat adalah "Hot n Cold" yang sesuai dengan lagu populer Katy Perry di 2008. Para peserta harus membuat hidangan dengan rasa pedas atau sensasi dingin yang unik.

Salah seorang peserta, Poh Ling Yeow yang berasal dari Malaysia membuat rendang dan nasi ketan kuning atau pulut kuning. Saat pertama kali disajikan kepada juri, Katy Perry mengatakan bahwa sajian itu mirip dengan makanan tradisional dari Meksiko, Burrito.

Momen itu adalah pertama kalinya mencoba rendang. Begitu mencoba, ia terbatuk-batuk karena rempah yang terkandung pada rendang. Meski begitu, Katty Perry mengungkapkan ia tetap bisa merasakannya. Ia kemudian bercanda pada pembawa acara, Melissa Leong.

"Poh mencoba membunuhku," ucapnya dengan nada bergurau.

2 dari 5 halaman

Suka Makanan Pedas

Wanita berusia 36 tahun itu ternyata mengaku sangat menyukai masakan buatan Poh. Ketiga juri lainnya juga memberi komentar positif tentang masakan itu.

Para juri memuji rasa dan tekstur makanan yang disajikan Poh. Selain itu, mereka juga kagum dengan kombinasi rendang dan pulut kuning yang dibuat Poh. Kabarnya, setelah syuting acara tersebut, Katy Perry mulai mencoba berbagai makanan pedas karena sangat terkesan dengan rasa rendang yang khas.

Rendang termasuk menu kuliner favorit di Indonesia, bahkan pernah dinobatkan sebagai menu terenak di dunia versi CNN Travel. Chef terkenal dari Inggris, Gordon Ramsay bahkan sampai datang langsung ke Sumatra Barat untuk belajar memasak rendang sekaligus mempelajari kebudayaan setempat terutama dalam hal kuliner.

3 dari 5 halaman

Filosofi Rendang

Di sana, ia belajar masak rendang bersama pakar kuliner Indonesia, William Wongso. Saat itu, tak ada publikasi besar-besaran tentang kedatangan Ramsay pada awal 2020.

Ramsay juga mempelajari filosofi rendang. Salah satunya adalah kebiasaan masyarakat setempat yang banyak membuat makanan dari bahan cabai dan rempah-rempah yang bertujuan untuk mengawetkan daging.

Itu karena banyak dari mereka yang dulunya belum punya lemari pendingin. Proses memasaknya yang panjang membuat rendang mampu bertahan untuk disimpan selama berhari-hari bahkan sampai hitungan bulan. Kegiatan Gordon Ramsay di Sumatra Barat merupakan bagian dari program Gordon Ramsay: Uncharted' Season 2 yang ditayangkan di National Geographic Channel.

4 dari 5 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: