Sukses

Baru Berusia 14 Tahun, Zhang Ziyu Memiliki Tinggi Badan 2,26 Meter

Nama Zhang Ziyu jadi perbincangan di jagat maya karena tinggi badannya yang di atas rata-rata remaja putri.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok remaja di China menyita perhatian dunia. Baru berusia 14 tahun, remaja putri bernama Zhang Ziyu itu tampil menonjol dibandingkan dengan teman-teman seusianya.

Remaja asal Shandong itu memiliki tinggi badan 2,26 meter, melansir dari Oddity Central, Rabu, 22 Juli 2021. Fitur tingginya itu menunjang kipraahnya sebagai pebasket muda.

Tinggi badan Zhang hampir melampau legenda pebasket China, Yao Ming, yang memiliki tinggi 2,29 meter. Nama Zhang pun menjadi perbincangan di dunia maya seminggu belakangan ini.

Dalam foto dan video yang beredar di internet selama seminggu terakhir, Zhang terlihat menjulang di atas rekan setimnya dan lawannya selama turnamen U-15 di Jingzhou. Saat itu, ia mencetak 42 poin dalam sebuah pertandingan.

Kedua orangtua Zhang adalah pebasket profesional, tetapi tetap saja, perawakannya mengejutkan, terutama mengingat usianya. Dia sudah lebih tinggi dari ayahnya 2,13 meter dan ibunya 1,98 meter.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keluarga Pebasket

Saat Zhang duduk di bangku kelas 1 SD, tingginya sudah mencapai 1,6 meter. Sementara saat ia kelas 6 SD, tinggi Zhang sudah 2,1 meter, seperti melansir dari laman Global Times.

“Intinya dia baru berusia 14 tahun, dia memiliki masa depan yang menjanjikan jika dia meningkatkan keterampilan dan kemampuan konfrontasinya,” komentar seorang penggemar di Weibo, Twitter versi China. "Masa depan bola basket wanita Tiongkok bergantung pada Anda," tulis orang lain.

Zhang lahir dari keluarga pebasket. Ia sudah bermain basket sejak berusia lima tahun dan berlatih di bawah pengawasan ibunya, mantan anggota tim basket nasional China.

 

3 dari 4 halaman

Masa Depan

Pakar olahraga setuju bahwa jikaterus berlatih, Zhang memiliki masa depan yang cerah dalam basket. Namun, psikolog telah memperingatkan bahwa perbedaan tinggi antara ia dan anak-anak lain seusianya dapat menyebabkan masalah sosial, dan meminta gadis itu dilindungi dari intimidasi.

Zhang Ziyu bukan satu-satunya remaja yang memiliki tinggi di atas dua meter. Sebelumnya, ada nama Reny Keyu yang berusia 11 tahun dengan tinggi 2,06 meter.

Yang jelas, tinggi Zhang melampau pebasket idolanya, LeBron James, yang tingginya hanya 2,03 meter. Kehadiran Zhang bisa jadi salah satu kekuatan basket China di masa depan.

4 dari 4 halaman

Infografis Kejahatan Vaksin Covid-19 Palsu di China

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.