Sukses

Berusia 14 Tahun, Pebasket Putri Ini Tingginya 2,26 Meter

Seorang pebasket putri asal China, Zhang Ziyu, mendadak viral karena tinggi tubuhnya mencapai 2,26 meter.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pemain basket wanita asal China, Zhang Ziyu, menjadi viral karena tinggi badannya yang tak biasa untuk remaja yang masih berusia 14 tahun.

Zhang Ziyu menjadi viral setelah videonya tersebar di media sosial China, yakni Weibo. Dalam videonya, ia sedang menjalani sebuah pertandingan basket. Dengan postur tubuhnya yang jauh lebih tinggi daripada rekan dan lawannya, Zhang Ziyu tampak mendominasi pertandingan.

 

Dalam turnamen kelompok umur U-15 di Jingzhou tersebut, Zhang Ziyu berhasil mencetak 42 poin dan mengemas 25 rebound serta melakukan enam blok. Sebagai pebasket muda, catatan tersebut termasuk fantastis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disebut sebagai

Dilansir dari Global Times, Zhang Ziyu memiliki tinggi badan mencapai 2,26 meter. Angka tersebut hanya selisih 0,03 meter dengan mantan pemain NBA yang berasal dari Negeri Tirai Bambu, Yao Ming. Oleh karena itu, tak jarang ia disebut sebagai “Yao Ming wanita”.

Dengan kelebihan postur tubuhnya itu, Zhang Ziyu diperkirakan mampu menjadi pebasket putri China di masa depan. Namun, hal tersebut juga perlu dibantu dengan usaha dan dilihat dari perkembangan fisiknya.

Zhang Ziyu sendiri tinggal di sebuah provinsi di pesisir timur China, Shandong. Ia mewarisi tubuh tingginya dari sang ibu, Yu Ming. Ibunya juga sempat menjadi anggota timnas basket putri China dengan tinggi 1,98 meter. Sementara ayahnya memiliki tinggi 2,13 meter.

Sejak kanak-kanak, Zhang Ziyu sudah memiliki postur yang tinggi. Ketika masuk Sekolah Dasar, tinggi Zhang Ziyu bahkan sudah mencapai 1,6 meter. Pertumbuhan postur tubuhnya yang cepat membuat Zhang Ziyu mencapai 2,1 meter ketika duduk di bangku kelas 6 SD.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Warganet

Kini, tak sedikit warganet yang memberikan komentar terkait tinggi Zhang Ziyu setelah videonya viral di media sosial. Beberapa di antaranya memuji dan menganggap Zhang Ziyu adalah masa depan bagi tim bola basket Tiongkok di masa depan.

“Masa depan bola basket putri Tiongkok bergantung pada Anda,” tulis seorang warganet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.