Sukses

Cara Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan dari Rumah ala Agni Pratistha

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan berbagai kegiatan maupun kebiasaan yang berkaitan dengan ramah lingkungan merupakan langkah yang positif, karena kita bisa ikut menjaga keberlangsungan bumi atau lingkungan sebagai tempat kehidupan. Aktris dan model Agni Pratistha termasuk orang yang sudah memulai menjalani gaya hidup ramah lingkungan.

Menurut ibu tiga anak ini, memulai gaya hidup ramah lingkungan penting dimulai dari diri sendiri. "Meski demikian, setelah menjalani beberapa tahun, saya semakin menyadari bahwa dibutuhkan partisipasi lebih banyak pihak, utamanya para produsen dalam mendukung penerapan gaya hidup berkelanjutan, untuk memberikan dampak yang lebih signifikan," ucap Agni dalam jumpa pers virtual kolaborasi Unilever dan Shopee bertajuk "Rumah Bersih, Indonesia Lestari", Kamis, 10 Juni 2021.

Terkadang, kita tidak tahu cara memulainya. Untuk itu, Agni pun membagikan tiga cara untuk memulai gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, dimulai dari rumah:

1. Saat berbelanja, perhatikan rekam jejak perusahaan dan kepedulian terhadap lingkungan. Di era digitalisasi seperti sekarang, cukup dengan mencari di Google, kita bisa melihat rekam jejak dari brand yang kita pilih, seperti apakah mereka memiliki manfaat sosial dan komitmen pada kelestarian lingkungan. Pastikan juga sumber bahan baku yang digunakan pada produk berasal daru sumber yang bertanggung jawab.

2. Yang kedua adalah upcycle. Perhatikan barang-barang di sekitar yang tidak terpakai, dan manfaatkan untuk kebutuhan lain. Anda bisa memanfaatkan kardus bekas untuk mainan anak, atau penggunaan kembali kertas pembungkus kado.

3. Libatkan orang sekitar. Ajak pasangan, anak, atau asisten rumah tangga untuk bijak memilih produk dan mengelola sampah. Dengan dimulai dari rumah, kebiasaan baik akan dapat berdampak pada lingkungan yang lebih berkelanjutan. 

2 dari 5 halaman

Kolaborasi Unilever-Shopee

Sebagai seorang pegiat Eco-Lifestyle, Agni pun mengapresiasi langkah kolaborasi yang dilakukan Unilever dan Shopee melalui inisiatif ‘Rumah Bersih, Indonesia Lestari’. Program itu dibuat untuk mengedukasi konsumen Indonesia agar semakin cerdas dan bijak dalam memilih produk yang akan digunakan di rumah.

Menurut Kevin Stefano, Head of Homecare Ecommerce Unilever Indonesia, kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kelestarian lingkungan meningkat. Namun, hal itu tidak dibarengi dengan pengetahuan yang cukup.

Mereka tidak tahu bagaimana aksi sederhana bisa mendorong perubahan positif untuk lingkungan. Untuk itu, semakin banyak ilmu disebarkan, semakin mudah mereka mendapatkan pengetahuan.

3 dari 5 halaman

Cara Memilih Produk

"Kami bermitra dengan Shopee melalui inisiatif ‘Rumah Bersih, Indonesia Lestari’. Kami melihat ada empat langkah utama dalam memilih produk. Yang pertama adalah sumber bahan baku, apakah bahan baku yang digunakan dalam produk tersebut berasal dari sumber yang bertanggung jawab," jelas Kevin.

Kevin menambahkan, yang kedua adalah apakah produknya memberikan manfaat sosial atau masyarakat. Yeng ketiga adalah lingkungan lestari, yaitu apakah produknya memiliki upaya pelestarian lingkungan.

"Keempat adalah purpose, apakah produknya memiliki tujuan mulia. Inisiatif ini sejalan dengan komitmen besar Unilever untuk ‘Menciptakan Masa Depan yang Bersih dan Lestari atau Clean Future," lanjut Kevin.

Sejumlah program pun sudah disusun oleh Shopee dan Unilever Indonesia. Contohnya, Unilever akan memfasilitasi konsumen dengan menyediakan produk pembersih yang lebih ramah lingkungan. Ke depan, Unilever juga akan menghadirkan inovasi produk berkelanjutan yang akan diluncurkan secara eksklusif di Shopee.

4 dari 5 halaman

4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: