Sukses

Gucci Disemprot Warganet Gara-Gara Jual Kaftan Seharga Rp50 Juta

Item yang disebut Gucci sebagai kaftan itu mirip dengan busana tradisional India dan Pakistan bernama kurta.

Liputan6.com, Jakarta - Bagian koleksi ready-to-wear rumah mode, Gucci, tengah jadi topik hangat perbincangan warga media sosial. Tidak sedikit warganet menyebut bahwa "kaftan" itu sangat mirip pakaian tradisional India, kurta, dengan harga yang jauh lebih mahal.

Kemunculannya, melansir laman Indian Express, Jumat (4/6/2021), membuat kurta bergabung dengan barang bernuansa India, seperti latte kunyit, desi khatiya dan pranayam, yang telah "diapropriasi oleh Barat." Kehebohan ini bermula dari kicauan salah satu pengguna Twitter.

Tampak di sana bahwa ia mengunggah tangkapan layar yang memperlihatkan fashion item tersebut dari situs web Gucci. Ia menuliskan, "Gucci menjual kurta India seharga 2,5 lakh? Saya akan mendapatkan hal yang sama seharga 500 dolar (AS)."

Di laman resmi rumah mode tersebut, busana yang dimaksud adalah "floral embroidery organic linen kaftan." Itu dideskripsikan "dibuat dari linen organik, kaftan ini diperkaya dengan bordir bunga dan rumbai self-tile."

Busana dalam pilihan warna ivory itu dibanderol 3,5 ribu dolar Amerika Serikat (AS) (sekitar Rp50 juta). Saat unggahan tersebut viral, pengguna media sosial, terutama asal India, berbagi pendapat mereka tentang kurta berharga selangit itu.

"Saya bahkan tidak akan memberikan 1 rupee ekstra dari (harga) 150 (rupee) untuk ini," kata seorang pengguna. Yang lain berkomentar, "Saya tidak menemukan banyak perbedaan dengan kurta di pasar, ya kecuali ini keluaran Gucci."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Kali Pertama

Ini sebenarnya bukan pertama kali sebuah merek internasional mencoba menjual pakaian sehari-hari Asia Selatan dengan harga tinggi. Pada 2018 lalu, Zara membuat gebrakan besar secara online setelah mulai menjual rok wanita yang mengingatkan warga India pada lungi.

Soal penetapan harga, tidak sedikit item Gucci dinilai terlalu mahal. Yang belum lama jadi sasaran buah bibir warganet adalah koleksi kapsul rumah mode berbasis di Florence, Italia ini dengan member boy group Korea Selatan, Kai EXO.

Beberapa produk yang masuk dalam koleksi itu antara lain dompet, sepatu, tas, hoodie, kaus, sweater, dan celana. Menjauh dari kesan formal, visualnya menyertakan aksen hewan favorit pelantun lagu Mmmh tersebut, yakni beruang.

Produk-produk ini dibanderol mulai dari 250 ribu won (Rp2,9 juta) sampai Rp3,3 juta won (Rp42 juta). Sebelumnya, Gucci juga pernah bikin heran publik setelah merilis kotak makan plastik bergaya vintage seharga 3,1 ribu dolar AS (Rp45,6 juta).

3 dari 3 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.