Sukses

Dongkrak Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lewat Transformasi Penjualan Produk Online

Promosi pariwisata secara online jadi salah satu hal yang telah diterapkan Kemenparekraf.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 memberi hantaman luar biasa pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Dalam upaya pemulihannya, kolaborasi mendongkrak pariwisata Indonesia terus digiatkan, baik oleh pemerintah maupun para pelaku usaha.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyampaikan, guna membangkitkan bidang parekraf, pihaknya berupaya mengimplementasikan tiga strategi utama, yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

"Strategi inovasi dan adaptasi telah kita terapkan dengan mentransformasikan penjualan produk dari konvensional atau offline jadi online," kata Sandi dalam diskusi daring Blibli Travel dan UMKM Fest, Kamis (22/4/2021).

Sandi melanjutkan, pihaknya juga harus berkolaborasi dengan berbagai stakeholders. Hal ini dilakukan guna membangun sistem yang terintegrasi, mulai dari promosi, pemasaran, hingga penjualan dan pembayaran yang lebih baik.

"Saya menyambut baik dilaksanakannya acara Blibli Travel dan UMKM Fest 2021 karena memudahkan para traveler memilih dan membeli produk, serta paket wisata yang diinginkan, tentunya yang telah menerapkan protokol kesehatan CHSE secara ketat," tambahnya. Dikatakan Sandi, acara ini turut memfasilitasi konsumen mendapatkan produk UMKM secara online, baik melalui marketplace atau e-commerce.

EVP Digital Product & Automotive Category Blibli, Lay Ridwan, menyebut, pihaknya menggandeng UMKM di daerah wisata agar dapat berpartisipasi. Maka itu, gelaran tahun ini mengusung tajuk Blibli Travel dan UMKM Fest.

"Kami bangga bisa berkolaborasi dengan berbagai asosiasi di industri pariwisata yang tentunya bisa membantu kami mengurasi, mengakuisisi, juga mengedukasi seller dan produk wisata yang bisa berpartisipasi kali ini," kata Lay.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Utamakan Protokol Kesehatan

Pilihan produk wisata di Blibli diklaim telah terkurasi. Pihaknya memastikan jasa atau produk yang ditawarkan sesuai berbagai komitmen, termasuk menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan agar pelanggan.

"Ini juga dapat jadi cara bagi para pemain di sektor pariwisata untuk meningkatkan daya saing, yaitu menghadirkan produk wisata yang memastikan security dan safety pada pelanggan dengan mengimplementasikan protokol kesehatan dan kebersihan," lanjutnya.

Blibli Travel dan UMKM Fest tahun ini tidak hanya menyuguhkan produk wisata, seperti pemesanan tiket dan hotel. "Tapi juga ada paket wisata yang penyedianya adalah UMKM lokal daerah itu," ungkap Lay.

"Blibli Travel dan UMKM Fest berlangsung 16--30 April. Kami merupakan one stop shopping entertainment, di mana akan ada promo menarik, diskon, serta mendapat kemeriahan acara," tambahnya.

 
3 dari 3 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.