Sukses

Mengatur Keuangan di Bulan Ramadhan, Bisa Buat Menu Sahur dan Buka Puasa

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki Bulan Ramadhan, pengelolaan keuangan jadi salah satu hal penting yang wajib diperhatikan dalam setiap rumah tangga. Maka dari itu, ada beberapa kiat yang dapat dilancarkan guna dapat menjalankan pengaturan keuangan dengan baik.

Perencana Keuangan Lolita Setyawati, menyampaikan di Bulan Ramadhan ini adalah momen untuk memperkuat kemampuan menahan napsu dan bersyukur atas apa yang dimiliki. Bulan Suci ini juga jadi saat yang tepat untuk dapat mengubah pola pikir di masa depan.

"Berusaha berpikir cukup bahwa kita mengeluarkan dana itu sesuai dengan kemampuan, jangan dengan berhutang," kata Lolita dalam Konferensi Pers Virtual OVO #RaihIkhlas, Selasa, 13 April 2021.

Lolita menjelaskan, kunci penting dari kiat mengatur keuangan adalah prioritas. "Prioritas ini paling penting, kita harus bisa membuat skala prioritas, mana pengeluaran yang penting dan kurang penting," tambahnya.

Kemudian, langkah selanjutnya dengan menyiapkan dana ekstra. Aksi tersebut dikatakan Lolita, seharusnya dapat dilakukan dari bulan-bulan sebelumnya.

"Jadi, di anggaran setiap bulan itu seharusnya ada porsi alokasi anggaran untuk Bulan Ramadhan dan Lebaran, berapapun itu semampunya kita. Sebaiknya harus ada, jadi nanti saat kita tidak terima THR kita enggak kaget," ungkap Lolita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belanja di Awal hingga Cek Kulkas

Kiat lainnya adalah dengan belanja di awal. Mendekati Lebaran, biasanya harga-harga kebutuhan pokok akan naik. Maka, Lolita menyebut, ada beberapa kebutuhan pokok yang telah bisa dicicil dari sebelum Bulan Ramadhan.

"Lalu, membuat menu sahur dan buka. Tujuannya adalah untuk mengendalikan pengeluaran khususnya untuk makanan supaya kita tidak belanja impulsif," jelasnya.

Setelah itu, Lolita juga menyarankan untuk rajin-rajin mengecek isi kulkas. Hal ini dilakukan tidak lain untuk mencegah persediaan makanan terlalu banyak hingga tanggal kedaluwarsa terlewat dan makanan justru terbuang percuma.

 
3 dari 3 halaman

Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.