Sukses

Julukan Negara Paling Bahagia di Dunia Sukses Dongkrak Pariwisata Finlandia

Finlandia memanfaatkan sebutan negara paling bahagia di dunia untuk bisnis, pariwisata, serta kuliner.

Liputan6.com, Jakarta - Finlandia baru-baru ini dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia untuk keempat kalinya. Sebutan tersebut rupanya telah membantu mengubah reputasi global negara itu, terutama meningkatkan pariwisata dan bisnis.

Laporan Kebahagiaan Dunia yang disponsori Perserikatan Bangsa-Bangsa menimbulkan kekisruhan ketika pertama kali menempatkan Finlandia di urutan teratas daftar pada 2018. Lebih dari 5,5 juta orang di Negeri Nordik itu dengan bebas menggambarkan diri mereka sebagai pendiam dan cenderung melankolis, dan seperti tak percaya dengan pencapaian itu.

"Ketika saya pertama kali mendengar - dan saya tidak sendiri, saya akan mengatakan - saya tertawa terbahak-bahak," kata produser televisi Tony Ilmoni, ketika Finlandia dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia untuk tahun keempat berturut-turut, seperti dilansir dari laman South China Morning Post, Selasa, 30 Maret 2021.

Survei di seluruh dunia berupaya untuk mengukur kebebasan dan kepuasan pribadi individu dengan kehidupan mereka, menggunakan data survei dari 149 negara bersamaan dengan pengukuran seperti PDB, dukungan sosial, dan persepsi korupsi. Finlandia unggul dengan layanan publik kelas dunia, tingkat kejahatan yang rendah, dan ketidaksetaraan, dan tingkat kepercayaan yang tinggi pada otoritas.

"Dasar-dasarnya sangat bagus di sini: kami tidak memiliki siapa pun yang tinggal di jalanan, kami memang memiliki pengangguran tetapi layanan kesehatan berfungsi, hal-hal besar seperti itu," kata penjual bunga Riitta Matilainen. 

Musim dingin yang panjang dan gelap di negara bagian utara itu pernah dianggap sebagai penyebab tingginya tingkat alkoholik dan bunuh diri.Tetapi, dorongan kesehatan masyarakat telah membantu menurunkan angka bunuh diri hingga lebih dari setengahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Sebutan Negara Paling Bahagia

Untuk pariwisata dan pencitraan brand negara, gelar "paling bahagia di dunia" telah menjadi berkah yang dengan cepat mereka manfaatkan. Gelar tersebut juga dinilai sangat kuat, emosional, dan bersifat menggugah.

"Adakah orang yang tidak ingin tinggal di negara paling bahagia di dunia?" kata Joel Willans, pemasar digital Inggris, yang telah tinggal di Finlandia sejak awal 2000-an. "Kesadaran akan Finlandia telah tumbuh selama beberapa tahun terakhir," timpal Paavo Virkkunen, kepala Layanan Promosi Finlandia di Business Finland.

Setelah empat tahun,  sebutan kebahagiaan telah digunakan oleh banyak bisnis Finlandia untuk memasarkan produk gaya hidup dan mencoba menarik pekerja untuk pindah dan bergabung dengan sektor teknologi negara. Masakan Finlandia juga menjadi mencolok yang sebenarnya sempat diejek.

Pemilik restoran dan produsen produk sekarang memuji kesederhanaan dan bahan-bahan alami dari masakan Finlandia, mengklaimnya sebagai kunci untuk pendekatan negara yang sungguh-sungguh untuk kesejahteraan. Kunci dari brand kebahagiaan Finlandia adalah hutan negara yang luas dan ribuan danau, dan pemandian uap tradisional Finlandia, sauna.

Pada awal 2020, pariwisata ke Lapland di Finlandia utara telah mencapai rekor tertinggi dan negara itu menarik lebih banyak proyek investasi asing langsung daripada di tempat lain di Nordik. Kantor pariwisata Finlandia menunjuk "duta kebahagiaan" yang bertugas memperkenalkan rahasia kesejahteraan Finlandia kepada pengunjung.

Tapi, manfaat gelar kebahagiaan dunia akan bertahan lama yang dipercayai Virkkunen. "Saya pikir kita telah tumbuh sebagai bangsa, memahami dasar-dasar kebahagiaan sedikit lebih baik dari yang kita pahami sebelumnya."

3 dari 3 halaman

Indeks Kebahagiaan Indonesia 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.