Sukses

7 Kebiasaan Orang Finlandia Ini Tidak Biasa Bagi Orang Lain, Unik Banget

Kebiasaan orang Finlandia berbeda dari kebanyakan kebiasaan orang.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasan-kebiasaan unik masyarakat dari negara lain memang selalu menarik untuk ditelaah. Selain menambah pengetahuan, kebiasaan-kebiasaan unik yang memungkinkan untuk diikuti, bisa diterpakan dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap negara tentunya memiliki sisi uniknya masing-masing, salah satunya sisi unik dari masyarakatnya. Salah satu negara yang kebiasaan masyarakatnya sangat unik dan tampak tidak biasa bagi orang lain adalah negara Finlandia.

Finlandia adalah sebuah negara Nordik yang terletak di Eropa Utara, serta anggota dari Uni Eropa. Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia di barat, Norwegia di utara, dan Rusia di timur sedangkan batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat.

Selain itu, Finlandia adalah salah satu negara yang sistem pendidikannya sangat baik. Bahkan Finlandia menjadi kiblat untuk negara yang ingin memperbaiki atau mengubah sistem pendidikannya menjadi lebih baik. Kebiasaan-kebiasaan unik orang Finlandia menarik untuk ditelaah lebih jauh.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside tentang kebiasaan-kebiasaan unik orang Finlandia yang tampak tidak biasa bagi orang lain, Jumat (26/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Membersihkan Karpet di Tepi Sungai

Membersihkan karpet di tepi sungai adalah salah satu tradisi keluarga kuno di Finlandia. Tradisi keluarga kuno satu ini masih dipertahankan hingga kini oleh masyarakat Finlandia. Terbukti saat musim panas teman, keluarga, dan tetangga pergi ke pantai atau tepi sungai dan mencuci karpet mereka.

Kebiasaan unik tersebut bukan hanya sebuah tradisi keluarga kuno. Namun ada makna di balik kebiasaan tersebut, dimana pembersihan karpet di tepi sungai ataupun danau ini juga merupakan cara pembersihan moral. Masyarakat Finlandia tentu punya penyedot debu untuk karpet, tetapi tradisi keluarga kuno masyarakat Finlandia masih dipertahankan hingga kini.

3 dari 8 halaman

2. Tidak Menggunakan Spons untuk Cuci Piring

Kebiasaan unik orang Finlandia selanjutnya yang tampak tidak biasa dengan orang lain yakni adalah orang Finlandia tidak mencuci piring dengan spons melainkan dengan menggunakan sikat dengan gagang yang panjang. Melansir dari Brightside bahwa orang Finlandia sangat sering menggunakan sikat dengan gagang yang panjang untuk mencuci piring, cangkir, wajan, toples, dan lain sebagainya.

Kebiasaan unik satu ini tentunya jarang terlihat. Pasalnya banyak masyarakat yang lebih sering menggunakan spons mencuci piring. Kebiasaan unik orang Finlandia satu ini sepertinya menarik untuk dicoba.

4 dari 8 halaman

3. Mandi Tanpa Tirai

Kebiasaan unik orang Finlandian yang tampak tidak biasa bagi orang lain selanjutnya adalah mandi tanpa tirai. Orang Finlandia tidak malu dengan tubuh mereka. Tempat-tempat umum di Finlandia kebanyakan tidak ada biliknya. Orang tidak merasa tidak nyaman mandi di depan orang lain.

Melansir dari Brightside, orang menerima tubuh manusia, dan telanjang bukanlah sesuatu yang harus disembunyikan. Hal yang sama berlaku untuk fasilitas medis - tidak ada ruang terpisah untuk berganti pakaian.

 

5 dari 8 halaman

4. Finlandia Memiliki Hari Kegagalan Nasional.

Kebiasaan unik orang Finlandia yang tampak tidak biasa bagi orang lain yakni Finlandia memiliki Hari Kegagalan Nasional. Hari Kegagalan Nasional ini diarayakan setiap tahun tanggal 13 Oktober. Negara ini memiliki sekte kesuksesan dan kegagalan tidak ditanggapi dengan baik.

Tujuan dari liburan ini adalah untuk menjelaskan kepada publik bahwa kegagalan itu normal dan tidak mungkin bisa maju tanpa kegagalan. Setiap tahun, pada hari ini, bintang TV, musisi, atlet, dan orang terkenal lainnya membicarakan kegagalan mereka di depan umum.

6 dari 8 halaman

5. Trik Melawan Dingin Bagi Pengemudi Mobil

Kebiasaan unik orang Finlandia selanjutnya adalah orang Finlandia mempunyai trik untuk melawan dingin bagi pengemudi mobil. Untuk menyelamatkan mobilnya dari hawa dingin, mereka hanya perlu mencolokkan mobilnya ke stopkontak. Ada outlet di pilar khusus di tempat parkir. Biasanya listrik disediakan selama 2 jam dan bila perlu bisa diperpanjang. 

Harga listrik sudah termasuk dalam harga parkir. Ada peralatan khusus di mesin yang menghangatkan udara. Beberapa mobil bahkan memiliki mekanisme yang menghangatkan bagian dalam mobil.

7 dari 8 halaman

6. Orang Finlandia Suka Susu dan Produk Susu

Kebiasaan unik oran Finlandia selanjutnya yakni orang Finlandia suka minum susu. Orang Finlandia minum lebih banyak susu daripada orang lain: rata-rata, setiap orang di negara itu minum sekitar 130 liter per tahun. Anak-anak Finlandia diberi susu sejak usia dini. Selain itu, ada produk susu unik di Finlandia. Setiap makan siang, orang minum segelas susu.

Minuman populer lainnya adalah viili - ini seperti yogurt. Bahkan ada yang disebut Leipäjuusto (keju roti). Ini adalah keju manis lembut yang cocok dengan selai, dalam salad, bukan keju feta, atau beberapa orang bahkan menambahkannya ke kopi mereka.

8 dari 8 halaman

7. Bersaing dalam Menentukan Jumlah Nyamuk yang Dibunuh

Kebiasaan unik orang Finlandia selanjutnya sukses bikin geleng kepala. Pasalnya kebiasaan orang Finlandia yang bersaing dalam menentukan jumlah nyamuk yang dibunuh adalah kebiasaan unik yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Kebiasaan tersebut merupakan sebuah kompetisi yang diselenggarakan pada musim panas dan terkadang menjadi internasional - pada 2018, seorang pria dari Swedia membunuh 135 serangga dalam 15 menit dan menang dalam acara tersebut.

Kompetisi satu ini adalah kompetisi dimana seseorang harus membunuh paling banyak nyamuk. Aturan mainnya sederhana, peserta harus membunuh nyamuk paling banyak dalam jangka waktu tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.