Sukses

5 Jenis Perselingkuhan Menurut Pakar Kencan, dari Soal Fisik sampai Belanja

Ada banyak hal yang bisa dikatakan sebagai sebuah perselingkuhan

Liputan6.com, Jakarta - Apa saja yang termasuk perselingkuhan? Ini mungkin pertanyaan yang sangat kuno, dan punya banyak sekali jawaban, tergantung dari siapa yang menjawab. Dilansir dari laman Independent, Rabu, 24 Maret 2021, selingkuh tidak hanya tentang salah satu pasangan yang tidur atau pergi makan malam romantis dengan orang lain, ternyata ada banyak hal yang bisa dikatakan sebagai sebuah perselingkuhan.

"Bagi sebagian pasangan dengan mengirim pesan teks atau sekadar menyukai foto seseorang di media sosial sudah termasuk tindakan perselingkuhan. Karena setiap pasangan punya batasan berbeda, seseorang mungkin berpikir menggoda orang lain itu baik-baik saja sedangkan untuk orang lain dianggap sebuah perselingkuhan secara emosional," jelas seorang pakar kencan Madeleine Mason.

Meskipun ada banyak definisi tentang sebuah perselingkuhan, para ahli kencan mengatakan ada lima jenis perselingkuhan yang umum. Bahkan dua diantaranya tidak melibatkan pasangan Anda.

1. Perselingkuhan Fisik

Hal ini mungkin sedikit asing, namun ternyata punya kedekatan fisik secara intim dengan seseorang dapat dianggap sebagai sebuah perselingkuhan. Ketika pasangan Anda merangkul, menggandeng tangan atau meminjamkan bahunya pada lawan jenisnya untuk bersandar, dapat dikatakan sebagai sebuah perselingkuhan. Mengapa begitu?

Hal ini berarti seseorang tersebut telah memberikan perlakuan istimewa kepada lawan jenis yang bukan pasangannya, dan ketika sang pasangan mengetahui maka akan menyebabkan kekecewaan.

"Namun pada level ini Anda yang bisa memutuskan untuk menyebut hal itu sebagai sebuah perselingkuhan atau tidak," kata pelatih kencan Jo Barnett.

2. Memiliki Fantasi Seksual Tentang Orang Lain

"Sebenarnya hal normal ketika anda berfantasi tentang orang yang menurut Anda menarik, terlepas Anda sedang menjalin hubungan dengan seseorang atau tidak," kata terapis hubungan Max Lundquist.

Namun akan menjadi masalah jika Anda berfantasi tentang orang lain dan mengarah ke arah yang tidak senonoh. Hal ini akan menjadi lebih salah kalau Anda sudah memiliki pasangan namun memiliki fantasi untuk mencium atau tidur dengan orang yang bukan pasangan Anda. Hal tersebut dapat dikategorikan sebagai sebuah tindakan perselingkuhan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Memiliki Perasaan Romantis kepada Orang Lain

Dikenal juga sebagai "ketidaksetiaan emosional", tapi batasan untuk jenis perselingkuhan ini sedikit tidak jelas. Pada dasarnya yang termasuk ke dalam jenis persleingkuhan ini ketika seseorang yang sudah memiliki pasangan ternyata memendam perasaan lain untuk lawan jenisnya yang bukan pasangannya.

Meskipun bukan suatu kejahatan ketika seseorang memiliki hubungan cinta dengan lebih dari satu orang, tapi perselingkuhan yang sebenarnya muncul ketika seseorang memiliki perasaan lain terlebih ketika perasaan tersebut lebih besar dibandingkan perasaan untuk pasangan anda.

"Perasaan tersebut bisa dihitung sebagai sebuah perselingkuhan dan perlu ditindaklanjuti. Jika perasaan tersebut terus tertanam di hati dan pikiran seseorang maka dapat menyebabkan perasaan kepada pasangannya pudar bahkan menghilang," kata Mason.

4. Aktivitas Rahasia di Media Sosial

Menurut Dana Weiser, seorang profesor di Texas Tech University, perselingkuhan di media sosial juga menjadi hal biasa dalam suatu hubungan dan biasanya terjadi dalam dua bentuk. Yang pertama, secara implisif bersifat seksual yaitu ketika Anda menghabiskan waktu menyukai unaggahan mantan pasangan di Instagram misalnya, atau menggoda orang lain di aplikasi kencan.

Yang kedua, ketika Anda meghabiskan waktu lebih lama untuk berselancar di media sosial dibandingkan menghabiskan waktu bersama pasangan Anda, maka dapat disebut sebagai perselingkuhan. Namun ini hanya dianggap sebagai perselingkuhan jika ada motif tersembunyi yang mengarah pada aktivitas diluar hubungan dengan pasangan seperti percakapan online yang terlalu intim.

"Terobsesi pada orang yang Anda ikuti di Instagram bisa sangat mengganggu dan bisa membuat pasangan Anda merasa kurang aman," jelas Barnett.

5. Berbelanja Secara Rahasia

"Ya, menyembunyikan kebiasaan belanja dari pasangan dapat dianggap sebagai bentuk perselingkuhan," ucap Lundquist. Biasanya klasifikasi ini muncul ketika masalah pengeluaran mempengaruhi keharmonisan suatu pasangan, namun pasangan lain bersikeras untuk menyembunyikan pengeluaran mereka baik untuk alasan pribadi atau profesional.

"Ini bisa jadi masalah dan menurut saya tidak adil ketika Anda tidak mengungkap kebiasaan belanja Anda kepada pasangan, dan jika ketahuan maka akan menyebabkan masalah besar dalam hubungan Anda," ujar Barnett.  (Dinda Rizky Amalia Siregar)

3 dari 3 halaman

Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.