Sukses

Patahkan Stigma, Kate McCue Jadi Kapten Wanita Kapal Pesiar Pertama di Amerika

Kate McCue berhasil mematahkan stigma batasan gender dengan menjadi kapten wanita kapal pesiar.

Liputan6.com, Jakarta - Kate McCue berhasil mematahkan stigma batasan gender  setelah menjadi wanita pertama yang mengemudikan kapal pesiar Mega dari Amerika Serikat.  Mccue menceritakan perjalan kariernya dalam rangka peringatan Bulan Sejarah Wanita di podcast "Semua Orang Berbicara dengan Liz Claman."

McCue wanita yang berusia 43 tahun ini sekarang bekerja sebagai kapten dari Celebrity Edge, sebuah kapal Edge Class yang di tempatkan di Port Everglades di Fort Lauderdale, Florida, dilansir dari Foxnews, Sabtu (20/3/2021).

McCue mengatakan bahwa ia pertama kali membayangkan bekerja di sebuah kapal pesiar setelah ia dan keluarganya melakukan perjalanan 12 tahun lalu, saat ia tinggal di San Franciso. Ia merasa sangat bahagia saat berada di atas kapal pesiar dan mengatakan kepada ayahnya bahwa ia ingin bekerja sebagai direktur pelayaran.

Mendengar perkataan sang putri ayahnya menjawab, "Hei, kamu pasti bisa menjalankan hal ini." Mendengar sang ayah mendukung keinginannya membuat McCue mantap menentukan jalan untuk masa depannya.

McCue kuliah di California State University Maritime Academy di Vallejo. Ia sangat ingat pada hari pertamanya kuliah ia tidak mengatahui hal apapun dan termasuk arah kiri dan kanan saat di pelabuhan. "Semua hal bisa saya lakukan sekarang, saya pelajari saat saya masih bersekolah," kata McCue.

Saat pelatihan kapal di pesiar ke Marquesas dan Pulau Paskah, ia merasakan nafsu berkelana yang benar-benar ditanamkan dan berpikir bahwa inilah hal yang ia inginkan dan jalan hidup yang ia idamkan selama ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melamar di Royal Carribean

McCue pernah melamar ke Royal Caribbean International yang berada di Miami dengan harapan mendapat peluang untuk bisa bekerja di perusahaan yang lebih besar. Saat ia berada di Royal Caribbean, ia bekerja dengan Lisa Lutoff-Perlo yang kemudian menjadi CEO wanita pertama dari perusahaan pelayaran besar Celebrity Cruises.

McCue ingat Lutoff-Perlo mengatakan kepadanya bahwa ia tidak dapat mempromosikannya di Royal Caribbean, namun namanya masuk pada bagian atas daftar penilaian staf kapten. "Saya selalu ingin menjadi kapten wanita Amerika pertama," kata McCue.

Ia mengatakan bahwa media dan para penumpang kerap kali menanyakan peran barunya ini. Sepanjang kariernya McCue sering dianggap sebagai anggota kru dengan nilai rendah terutama saat ia bersama dengan para perwira pria.

Suatu ketika ia dan suaminya berada di kapal, keduanya mengenakan seragam mereka dan memakai empat batang emas di lengan baju mereka, sebuah pasangan mendekati mereka dan mengatakan "Kapten kau melakukan pekerjaan dengan baik."

"Tidak, dia kaptennya" sembari menujuk ke arahku," kenang McCue tentang penjelasan suaminya. Mendengar hal tersebut pasangan itu hanya tertawa, sedangkan suami McCue hanya terdiam. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

3 dari 3 halaman

Perempuan Arab Saudi Bebas dari Belenggu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.