Sukses

5 Cara Mudah Membersihkan Alat Makan Berbahan Plastik

Liputan6.com, Jakarta - Membersihkan alat makan berbahan plastik nyatanya tak selalu mudah. Di beberapa waktu, entah karena bahan makanan atau telah dibiarkan cukup lama, noda membandel bisa tetap tampak, bahkan masih berbau walau sudah dicuci.

Karenanya, membersihkan jenis alat makan satu ini terbilang gampang-gampang susah. Padahal, kebersihan alat makan, tak terkecuali yang berbahan plastik, juga berperan dalam menjaga kesehatan. Anda tentu tak mau bakteri yang tertinggal ikut masuk ke tubuh, bukan?

Selain sabun cuci piring pada umumnya, ada beberapa bahan lain yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan alat makan berbahan plastik. Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir dari Foodal, Sabtu, 27 Februari 2021.

1. Soda Kue

Campuran soda kue dan air dipercaya ampuh enyahkan noda dan bau pada alat makan berbahan plastik. Soda kue dapat digunakan untuk menghilankan bau dengan menaburkannya pada wadah dan didiamkan selama 30 menit atau seharian. Setelahnya, bilas bersih dan lap alat makan.

2. Air Hangat dan Garam

Merendam dengan larutan air hangat dan garam juga bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan noda pada peralatan makan plastik. Caranya, rendam lebih dulu wadah plastik dengan larutan air hangat dan garam, sebelum digosok perlahan dengan sikat gigi atau spons pencuci piring. 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

4. Lemon

Perasan air lemon dapat membantu menhilangkan noda, bakteri, dan bau. Caranya, gosok peralatan alat makan yang ingin dibersihkan dengan air lemon dan biarkan satu sampai dua hari di bawah sinar matahari.

Mencuci dengan perasan air lemon dan mengeringkannya di bawah sinar matahari dapat menghilangkaan noda membandel dan membunuh bakteri, serta bau yang menempel pada wadah plastik.

4. Cuka

Yang perlu Anda siapkan adalah cuka, lap, dan sabun cuci piring cair. Pertama, rendam wadah plastik di dalam larutan air hangat dan tuangkan cuka secukupnya. Rendam selama 15 menit, kemudian bersihkan secara merata dan bilas. Jangan lupa keringkan dengan lap bersih setelahnya.

5. Hand Sanitizer

Hand sanitizer mengandung alkohol yang dapat membersihkan noda membandel pada alat makan berbahan plastik. Caranya, cukup oleskan atau semprotkan hand sanitizer pada area yang ingin dibersihkan, lalu gosok perlahan dan bersihkan menggunakan sabun cair. Bilas sampai bersih dan keringkan wadah. (Melia Setiawati)

3 dari 4 halaman

Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: