Sukses

Objek Wisata Ketep Pass di Magelang Siap Buka Kembali

Liputan6.com, Jakarta - Magelang memiliki sejumlah objek wista menarik, salah satunya Ketep Pass. Setelah sempat tutup, destinasi wisata itu akan buka kembali mulai Jumat, 26 Februari 2021. Keputusan ini diambil karena erupsi Merapi dinilai berubah arah.

Merujuk pada hasil laporan aktivitas Gunung Merapi pada pertengahan Januari 2021, rekomendasi dan kesimpulan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan, ancaman bahaya erupsi Merapi ada perubahan, tidak lagi ke Sungai Pabelan.

"Saya selaku Direktur BPOW Ketep Pass mengajukan surat permohonan buka kembali," kata Direktur Badan Pengelola Objek Wisata (BPOW) Ketep Pass, Mul Budi Santoso, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Rabu, 24 Februari 2021.

Pada Senin, 22 Februari 2021 manajemen BPOW Ketep Pass bersama Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang yang diwakili Sekretaris Dinas berkonsultasi menghadap Kepala BPPTKG untuk meminta petunjuk terkait perkembangan situasi di wilayah Ketep Pass, dan dinyatakan aman.

"Pada Selasa 23 Februari 2021 kami mendapat surat balasan, yaitu surat rekomendasi tertanggal 23 Februari 2021 Nomor 125/45/BGV.KG/2021 Hal: Rekomendasi Teknis izin Buka Operasional DTW Ketep Pass, yang salah satu poinnya adalah untuk saat ini lokasi DTW Ketep Pass aman dikunjungi," ungkap Mul. 

2 dari 4 halaman

Terapkan Protokol Kesehatan

Berdasarkan hal tersebut, Kepala Disparpora Kabupaten Magelang menanggapi dengan dikeluarkannya Surat tertanggal 23 Februari 2021 Nomor : 556/114/19/2021 Hal: Pembukaan Kembali DTW Ketep Pass. Salah satu poinnya adalah menenrangkan bahwa DTW Ketep Pass aman dikunjungi sehingga bisa dibuka kembali dengan memerhatikan rekomendasi dari BPPTKG.

Pembukaan tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah diatur pemerintah, sementara jam buka operasional pukul 08.00--15.00 WIB.  "Jam buka ini kami sesuaikan dengan Surat Edaran Gubernur terkait perpanjangan PPKM di Jawa Tengah yang mengatur jam operasional daya tarik wisata hanya sampai dengan pukul 15.00 WIB," kata Mul.

Kepala Bagian Pemasaran dan Promosi Ketep Pass, Edward Alfian, mengatakan bahwa Ketep Pass buka dari Selasa sampai Minggu. Senin ditutup untuk pembersihan, sterilisasi, dan disinfektasi area. Untuk jam buka ke depan akan dievaluasi berdasarkan perkembangan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang dikeluarkan pemerintah.

"Harga tiket Senin hingga Sabtu Rp10,5 ribu per orang, sedangkan hari libur Rp12,5 ribu per orang. Tiket Volcano Theatre Rp9 ribu, tiket teropong Rp5 ribu. Sementara, tiket wisatawan mancanegara Rp50 ribu," ujar Edward.

 

3 dari 4 halaman

Rentetan Awan Panas dan Lava Pijar Gunung Merapi

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: